UKS MTS YASMINE MAMPANG DEPOK

 

PROGRAM

USAHA KESEHATAN

SEKOLAH

 

MTs. Yasmine

Mampang Pancoran Mas Depok

Tahun pelajaran 2022/2023

 

 

 

Description: E:\Logo UKS.jpg

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                               Disusun oleh: Ema Suraya, S.Pd.I

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.         LOGO UKS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


7.         RUANG LINGKUP UKS

            Kegiatan meliputi : (TRIAS UKS)

1.      Pendidikan Kesehatan

2.      Pelayanan Kesehatan

3.      Pembinaan lingkungan kehidupan sekolah yang sehat

 

8.         MATERI

            a. Pendidikan Kesehatan :

1.   Kebersihan dan Kesehatan Pribadi
Pemberian pengetahuan cara pemelihara kebersihan dan kesehatan pribadi diharapkan peserta didik dapat meningkatkan derajat kesehatannya ke tingkat yang lebih baik.
Tujuan pendidikan kesehatan pribadi :

a.    Meningkatkan pengetahuan siswa mengenai masalah kebersihan perorangan, kesehatan keluarga dan kesehatan masyarakat.

b.   Merubah sikap mental kearah positif mencintai kebersihan, berbuat dan berperilaku hidup bersih dan sehat.

c.    Contoh kegiatan mepraktikkan PHBS di lingkungan sekolah

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat. Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu :

 

1.      Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun

2.      Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah

3.      Menggunakan toilet yang bersih dan sehat

4.      Olahraga yang teratur dan terukur

5.      Memberantas jentik nyamuk

6.      Tidak merokok

 

 

 

 

 

4.      Memberikan akses (kesempatan untuk dilaksanakan pelayan kesehatan disekolah. Yaitu :

a.       Penjaringan, diagnosa dini, pemantauan perkembangan, imunisasi, atau vaksinasi  serta pengobatan sederhana yang didukung oleh PKM Mampang.

b.      Kerjasama dengan puskesmas setempat

c.       Adanya program-program vitamin, makanan bergizi dengan memperhatikan keamanan makanan

5.      Menerapkan kebijakan-kebijakan dan upaya-upaya disekolah untuk mempromosikan atau meningkatkan kesehatan yaitu:

a.       Kebijakan yang di dukung oleh seluruh staf sekolah termasuk mewujudkan proses belajar mengajar yang dapat menciptakan lingkungan psikososial yang sehat bagi seluruh masyarat sekolah.

b.      Kebijakan dalam memberikan pelayanan yang adil untuk seluruh siswa

c.       Kebijakan-kebijakan dalam penggunaan rokok, penyalahan narkoba termasuk alkohol serta pencegahan segala bentuk kekerasan.

6.      Bekerja keras untuk ikut atau berperan serta meningkatkan kesehatan masyarakat, dengan:

a.       Memperhatikan adanya masalah-masalah kesehatan masyarakat.

b.      Berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kesehatan masyarakat.

c.       Dapat dikatakan suatu sekolah dinyatakan sebagai “Health Promoting School” atau “Sekolah Promosi Kesehatan” adalah apabila seluruh program UKS dilaksanakan dengan baik pada sekolah tersebut.

 

 

 

Mengetahui                                                                 Depok, 12 Juli 2022
Kepala Sekolah                                                          
Pembina UKS

 

 

 

 

H. Muhamad Soheh, M.Pd.                                        Ema Suraya, S.Pd.I


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEDOMAN PELAKSANAAN UKS DI SEKOLAH

 

 

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

A.    LATAR BELAKANG

 

Keberhasilan pembinaan  dan  pengembangan Usaha Kesehatan  Sekolah/madrasah (UKS/M) pada akhirnya akan terlihat/tercermin pada perilaku hidup sehat   dan derajat kesehatan peserta didik, dan ini merupakan dampak yang diharapkan dari keseluruhan pola pembinaan dan pengembangan UKS/M. Hal ini dikarenakan UKS/M merupakan wadah dan program  untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan  derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, yang dilakukan secara terpadu oleh 4 Kementerian terkait beserta seluruh jajarannya baik di pusat maupun di daerah. Adapun landasannya, yaitu PB 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

 

Usaha membina, mengembangkan, dan meningkatkan   kemampuan   hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik   dilaksanakan melalui program pendidikan di sekolah/madrasah  dengan berbagai  kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikulernya, serta melalui usaha-usaha lain diluar   sekolah/madrasah   yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

 

Tujuan penyusunan pedoman ini adalah sebagai salah satu cara untuk mempermudah pemahaman tentang apa itu UKS/M dan pentingnya perilaku sehat dan bersih khususnya kepada peserta didik dilingkungan sekolah  demi menunjang aktifitas belajar yang baik

 

Hal ini dilakukan dengan dilandasi bahwa UKS/M merupakan milik dan tanggung jawab kita bersama, dan melaksanakan UKS/M adalah investasi untuk masa depan, yang  hasilnya  tidak  dapat  dilihat  sekarang,    yaitu  terwujudnya  sumber  daya manusia yang berkualitas di masa yang akan datang. Investasi ini akan terwujud apabila kita membiasakan pola hidup sehat jasmani dan rohani. Dengan sehat jasmani dan rohani insyaAllah masa depan akan sukses.

 

 

 

 

 

 

Dengan adanya pedoman ini  diharapkan dapat membantu Tim Pelaksana UKS/M dalam melaksanakan program UKS/M di MTs YASMINE Depok dan dapat melaksanakan kerjasama yang baik dengan mitra kerja di Madrasah.

 

 

 

B.     TUJUAN

 

Tujuan dari Pedoman Pelaksanaan UKS/M ini ialah agar UKS/M dapat dilaksanakan di MTs YASMINE Depok sesuai dengan panduan dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Tim Pembina UKS/M yaitu memupuk kebiasaan hidup sehat dan mempertinggi derajat kesehatan peserta didik. Secara rinci tujuan yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

a. Membantu Tim Pelaksana UKS/M dalam memahami berbagai informasi tentang

 

UKS/M dan dapat melaksanakan programnya di  MTs YASMINE Depok;

 

b. Membantu peserta didik memiliki pengetahuan, sikap dan ketrampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat, serta berpartisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di Madrasah, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.

c. Agar pengelolaan UKS/M di Sekolah/Madrasah dilaksanakan secara terpadu, terarah, intensif, berkesinambungan sehingga diperoleh hasil yang optimal.

 

 

C.  SASARAN

 

Sasaran pengembangan UKS/M meliputi :

 

a.

Sasaran primer

:   Peserta didik.

b.

Sasaran sekunder

:   Guru, Karyawan dan pengasuh ..

c.

Sasaran tertier

 

keliling.

:   Masyarakat   sekitar   sekolah   radius   500   meter

 

 

 

D.  RUANG LINGKUP

 

a. Ruang lingkup program UKS/M

 

Ruang lingkup UKS/M adalah ruang lingkup yang tercermin dalam tiga program pokok Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah ( TRIAS UKS/M).

 

 

 

 

 

 

b. Ruang lingkup pengembangan UKS/M

 

Ruang lingkup buku pengembangan UKS/M   adalah bagaimana melaksanakan UKS/M secara benar  yang  meliputi bagaimana  pembentukan Tim Pelaksana UKS/M, penyusunan rencana/program UKS/M bagi Tim   Pelaksana UKS/M,

 

dan cara melaksanakan program UKS/M serta bagaimana cara melaksanakan monitoring, evaluasi dan pelaporannya.

 

E.  LANDASAN HUKUM

1.   Undang-undang nomer 23 Tahun 1992, tentang kesehatan

2. SKB 4 Mentri No.1 /U/SKB/2003, Nomor 1067/MENKES/SKB/VII/2003, Nomor MA/230A/2003, Nomor 26 Tahun 2003, tentang pembinaan dan pengembangan usaha kesehatan sekolah

3.  SKB 4 Mentri nomor 2/P/SKB/2003,Nomor 1068,MENKES,SKB/VII/2003, Nomor  MA/230B/2003,Nomor  4415-404 Tahun  2003,tentang  TIM Pembina Usaha Kesehatan Sekolah Pusat

4.   Peraturan Bersama 4 Mentri nomer 6/X/PB/2014, nomer 73 tahun 2014, nomor

41  tahun  2014,  nomer  81  tahun  2014,  tanggal  17  Oktober  2014  tentang

Pembinaan UKS/M.

5.   Surat Keputusan (SK ) MTs YASMINE Depok

 

F.  VISI MISI UKS VISI :

“ Mewujudkan generasi muda yang sehat, mandiri dan berempati “

 

MISI :

 

  Menjalani hidup sehat dan bersih secara mandiri.

  Mampu   mencegah   dan   menghindari   pengaruh   negative   (Bahaya   rokok, kenakalan  remaja. Seks pranikah, HIV/AIDS, Narkoba,Kecacingan,Anemia dan Hepatitis B)

  Memiliki empati terhadap kebersihan diri dan lingkungan.

 

 

 

 

 

 

G.  ADMINISTRASI UKS/M

 

1.   Buku tamu

 

2.   Buku kunjung UKS/M

 

3.   Buku Register Penimbangan siswa

 

4.   Buku Register kunjungan

 

5.   Buku istirahat di UKS

 

6.   Buku catatan belanja obat

 

7.   Buku peminjaman barang

 

8.   Buku surat masuk

 

9.   Buku surat keluar

 

10. Buku konsultasi kesehatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


H. TIM PELAKSANA UKS/M Tahun pelajaran 2022-2023

 

 

NO

 

NAMA

JABATAN DALAM

 

UKS/M

JABATAN

 

DALAM DINAS

1

 

Pembina

Lurah

2

 

Ketua

Kepala Madrasah

3

 

Ketua 1

Guru UKS/M

4

 

Ketua 2

Ketua Komite

5

 

Sekretaris

Guru / Karyawan

6

 

Anggota

Ketua PKK

7

 

Anggota

Kepala Puskesmas

8

 

Anggota

PMI

9

 

Anggota

Kepala Mahad

10

 

Anggota

Ketua Duta Kelas

11

 

Anggota

Ketua OSIS

 

 

I.   STRUKTUR ORGANISASI UKS/M MTS YASMINE DEPOK

 

 

NO

 

NAMA

JABATAN DALAM

 

UKS/M

JABATAN

 

DALAM DINAS

1

 

Pelindung

Kepala Madrasah

2

 

Penanggung jawab

Waka Sarpras

3

 

Ketua UKS

Guru

4

 

Anggota

Ketua Duta Kelas

5

 

Anggota

Ketua OSIS



 

 

B.  JOB DISCRIPTION BIDANG UKS/M

 

Kepala Madrasah

 

·  Pelindung seluruh kegiatan UKS/M

 

·  Membina dan memberi pengarahan/nasehat kepada staf pelaksana UKS/M

 

·  Melaksanakan monitoring pelaksanaan program UKS/M

 

Waka Sarana Prasarana

 

·  Bertanggung jawab atas sarana prasarana UKS/M

 

·  Memantau kelancaran persiapan dan pelaksanaan UKS/M

 

·  Bertanggung jawab Kepada Kepala Madrasah

 

·  Berkoordinasi dengan Bidang lain demi kelanjaran kegiatan UKS/M

 

·  Melaksanakan monitoring pelaksanaan program UKS/M

 

Kepala UKS

 

·  Memimpin rapat koordinasi UKS/M

 

·  Membuat program kerja dan penyusunan anggaran UKS/M

 

·  Memimpin dan mengawasi pelaksanaan program kerja UKS/M

 

·  Membuat Laporan Pelaksanaan Kegiatan UKS/M

 

·  Bekerja sama dengan unit yang lain demi lancarnya pelaksanaan program UKS/M

 

·  Menjalin kerjasama dengan instansi lain yang terkait dengan UKS/M.

 

 

 

Admin

 

·  Bersama ketua memimpin rapat koordinasi

 

·  Membuat notula hasil rapat koordinasi

 

·  Menjalankan administrasi UKS/M ( kegiatan dan keuangan )


·  Menyiapkan/memperbanyak surat-surat yang diperlukan

 

·  Bersama ketua memantau keefektifan pelaksanaan program kerja UKS/M

 

·  Membuat laporan pertanggungjawaban kepada kepala Madrasah

 

·  Memasukkan data siswa baru ke Program Medisis

 

Dokter

 

·  Sebagai konsultan ahli kesehatan di Madrasah

 

·  Memberikan layanan kesehatan  siswa, karyawan dan guru MTs YASMINE Depoksesuai dengan program yang direncanakan

 

Paramedis

 

·  Membantu dokter dalam memberikan layanan kesehatan  siswa, karyawan dan guru MTs YASMINE sesuai dengan program yang direncanakan

·  Membuat jurnal dan laporan bulanan  layanan kesehatan siswa, karyawan dan guru

 

Anggota ( Ketua OSIS)

 

·     Ikut bertanggung jawab terlaksananya monitoring kelas

 

·     Ikut bertanggung jawab terlaksananya penyuluhan kesehatan di kelas

 

 

 

C.  MEKANISME LAYANAN DI RUANG UKS

 

Pasien umum

 

1.   Pasien datang ke UKS

 

2.   Mengisi buku register kunjungan

 

3.   Pasien mendapatkan pelayanan kesehatan dan pemeriksaan

 

4.   Hasil pemeriksaan ada tiga macam.

 

·    Pasien kembali ke kelas / tempat kerja.

 

·    Pasien istirahat di UKS.

 

·    Pasien dipulangkan

 

 

 

Pasien gawat darurat

 

1.   Pasien  langsung  mendapat  penanganan  tanpa  harus  mengisi  dulu  buku register, bila perlu dirujuk ke Rumah Sakit terdekat.

2.   Pasien dilaporkan ke orang tua atau pengasuh Mahad untuk penanganan

 

lebih lanjut.

 

 

 

D.  TATA TERTIB LAYANAN UKS/M

 

1.   Setiap siswa yang berobat ke UKS/M harus membawa buku kesehatan.

 

2.   Bapak ibu guru dan karyawan yang berobat harus dicatat di buku register secara lengkap.

3.   Pencatatan pemberian obat dilakukan secara detail dan ditulis rapi ( tdk disingkat).

4.   Waktu istirahat di UKS 2 jam pelajaran.

 

5.   Bila  kondisi  membaik  kembali  ke  kelas,  bila  tidak  membaik  siswa dipulangkan.

6.   Siswa yang pengobatannya dirujuk ke puskesmas harus membawa buku

 

rujukan.

 

 

 

 

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023


7.   Siswa  yang  rawat    jalan,  harus  melakukan  kontrol  pengobatan  sampai tuntas.

 

 

E.  PENYUSUNAN RENCANA KEGIATAN

 

1.   Rencana kegiatan UKS/M tahunan

 

Rencana Kegiatan UKS/M tahunan ialah rangkaian dan   tahap kegiatan UKS/M yang disusun oleh Tim Pelaksana UKS/M yang akan dilaksanakan selama satu tahun pelajaran oleh Tim Pelaksana UKS/M.

 

 

2.    Rencana Anggaran Belanja UKS merupakan bagian dari Rencana Kerja Madrasah

 

(RKM) dan Rencana Anggaran Belanja Madrasah (RABM).

 

 

 

3.    Langkah pelaksanaan:

 

a.   Menyusun Rencana Kegiatan UKS/M dan Rencana Anggaran Belanja UKS/M. b.   Mengajukan  Rencana  Kegiatan  UKS/M  dan  Rencana  Anggaran  Belanja

UKS/M tersebut pada rapat pengurus Komite Madrasah untuk dimasukkan pada

 

RKM dan RABM;

 

c.   Sekolah dan komite sekolah menetapkan dan mengalokasikan ke dalam RKM

 

dan RABM.

 

 

 

4.    Penyusunan Rencana Kegiatan UKS

 

Dalam  penyusunan  rencana  kegiatan  tahunan  melibatkan  semua  anggota  Tim

 

Pelaksana UKS/M.

 

 

 

5.    Dalam penyusunan Rencana Kegiatan UKS memperhatikan:

 

a.  Macam kegiatan

 

Kegiatan mengacu pada program UKS/M yaitu:

 

1) Program pendidikan kesehatan;

 

2) Program pelayanan kesehatan;

 

3) Program peningkatan mutu ketenagaan;

 

4) Program pengadaan sarana prasarana;

 

5) Program pembinaan lingkungan sekolah/madrasah sehat.

 

6) Program kerjasama dengan unit lain

 

 

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023


b.  Jenis Kegiatan

 

Kegiatan terdiri dari 2 jenis

 

1)  Kegiatan yang sudah baku dan rutin dilaksanakan dalam hal ini yang perlu direncanakan ialah:

a) Waktu pelaksanaan agar disesuaikan dengan kalender pendidikan;

 

b) Cara pelaksanaan agar tidak tumpang tindih  dan  perlu  dilaksanakan secara terpadu;

c) Dana pelaksanaan siap pakai.

 

Contoh kegiatan ini adalah pemeriksaan rutin dan berkala

 

 

 

2)  Kegiatan yang perlu ditambahkan.

 

Kegiatan tambahan diusulkan berdasarkan hasil evaluasi/pengamatan agar sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan tambahan ini mengacu pada program UKS/M.

Contoh penyusunan kegiatan berdasarkan kebutuhan yang diketahui dari hasil evaluasi/pengamatan, yaitu:

a)    Bila banyak peserta didik yang menderita penyakit kulit, perlu dibuat kegiatan   pendidikan   kebersihan   pribadi   yang   ditekankan   pada kebersihan kulit dan upaya pengobatannya;

b)    Bila tingkat kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pendidikan kesehatan  masih  kurang,  maka perlu  diadakan  kegiatan peningkatan mutu (pengetahuan/kemampuan) guru umpamanya penataran (alih teknologi) oleh petugas Puskesmas;

c)    Bila  kegiatan  pendidikan  tidak  dapat  berjalan  dengan  baik  karena kurangnya alat  peraga,  maka perlu  diadakan alat  peraga pendidikan kesehatan (kegiatan pengadaan alat peraga);

d)   Untuk     melaksanakan     pemeliharaan     keberhasilan     lingkungan sekolah/madrasah diperlukan alat-alat kebersihan, maka perlu diperhitungkan macam dan jumlah alat/bahan yang dibutuhkan selama satu tahun ajaran;

e)    Bila  lingkungan    sekitar    sekolah/madrasah    dapat  menjadi  tempat berkembang  biaknya  nyamuk,  maka  perlu  diadakan  kegiatan  PSN

(pemberantasan Sarang Nyamuk).

 

 

 

 

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023


c.  Waktu Pelaksanaan Kegiatan

 

Waktu pelaksanaan kegiatan diatur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan.  Kegiatan  yang  melibatkan  peserta  didik  dan  guru  agar diatur sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar, serta tidak dilaksanakan pada masa ujian.

d.  Dana kegiatan

 

Kegiatan yang memerlukan dana perlu dipertimbangkan dan diatur sehingga dana yang diperlukan tidak memberatkan orang tua (disesuaikan dengan kemampuan). Sumber dana kegiatan pada sekolah/madrasah   diperoleh   dari   orang   tua   peserta   didik,   dan sumbangan lain yang tidak mengikat, serta dana yang diusahakan oleh

sekolah/madrasah melalui kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III PELAKSANAAN TRIAS UKS

 

A.  PENDIDIKAN KESEHATAN

 

Pendidikan  kesehatan adalah upaya  yang diberikan berupa bimbingan dan tuntunan kepada peserta didik tentang kesehatan yang  meliputi seluruh aspek kesehatan pribadi (fisik,   mental, sosial dan lingkungan) agar kepribadiannya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik melalui kegitan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

 

1.  Tujuan Pendidikan Kesehatan.

Tujuan pendidikan kesehatan ialah agar peserta didik:

a. Memiliki pengetahuan tentang kesehatan,termasuk cara hidup sehat dan teratur;

b. Memiliki nilai dan sikap yang positif terhadap prinsip hidup sehat;

c. Memiliki   keterampilan   dalam   melaksanakan   hal   yang   berkaitan   dengan pemeliharaan, pertolongan, dan perawatan kesehatan;

d. Memiliki perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS);

e. Memiliki kemampuan dan kecakapan (life skills) untuk berprilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

f.  Memiliki daya tangkal terhadap pengaruh buruk diluar (narkoba, arus informasi, dan gaya hidup yang tidak sehat).

g. Memiliki tingkat kesegaran jasmani yang memadahi dan derajat kesehatan yang optimal serta mempunyai daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit.

 

2.  Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan

 

Pelaksanaan pendidikan kesehatan diberikan melalui:

a.  Kegiatan Kurikuler

Pelaksanaan pendidikan kesehatan melalu kegiatan kurikuler adalah pelaksanaan pendidikan pada jam pelajaran. Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan sesuai dengan Kurikulum.   Pelaksanaannya dilakukan melalui

 

 

 peningkatan pengetahuan dan keterampilan terutama melalui peningkatan pemahaman   dan penafsiran konsep-konsep yang berkaitan dengan

 

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

prinsip hidup sehat sehingga mempunyai kemampuan untuk menularkan perilaku hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Materi pendidikan kesehatan mencakup:

a)  Kebiasaan pola hidup sehat

b)  Pengetahuan  tentang  kecacingan,  anemia  dan  hepatitis  B  dan  cara menghindarinya.

c)  Pengetahuan penyakit dan cara penanganannya d)  Bahaya rokok dan penyikapannya

e)  Bahaya penggunaan narkoba dan peraturan perundangan tentang narkoba. f)   Dampak seks bebas dan cara menghindarinya.

g)  Bahaya HIV / AIDS

h)  Efek positif menjalankan agama dengan baik i)   Membangun empatik kepekaan lingkungan

b.  Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran biasa (termasuk kegiatan pada waktu libur)  yang dilakukan di  sekolah/madrasah ataupun diluar sekolah/madrasah  dengan tujuan antara lain  untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan siswa serta melengkapi upaya pembinaan manusia Indonesia seutuhnya. Kegiatan ekstrakurikuler mencakup kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah/madrasah sehat.

Kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan pendidikan kesehatan antara lain;

a)  Wisata siswa;          e)  Bimbingan hidup sehat; i)  Majalah dinding;

b)  Kemah (Persami);   f)  Apotik hidup;                 j)  Pramuka;

c)  Ceramah, diskusi;   g)  Kebun sekolah;              k)  Piket sekolah. d)  Lomba-lomba;        h)  Kerja bakti;

 

 

 

 

 

 

 

OSIS mempunyai peranan yang besar dalam  pelaksanaan  program UKS/M yang dilakukan secara ekstrakurikuler   di MTs YASMINE Depok. Dalam pelaksanaan program  UKS/M,  OSIS  beserta  team  duta  kelas    dapat    mengamati  adanya masalah yang berkaitan dengan kesehatan, melaporkannya kepada guru pembina OSIS atau wali kelas, agar bersama-sama mencari cara penanggulangannya antara lain berupa kegiatan berdasarkan konsep 7K ( kemanan, kenyamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan)

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

 

3.  Pendekatan dan Metode

a.  Pendekatan

Beberapa pendekatan yang dapat dilakukan dalam rangka melaksanakan pendidikan kesehatan antara lain ialah:

1)  pendekatan individual

2)  pendekatan kelompok a) kelompok kelas;

b) kelompok bebas;

c) lingkungan keluarga.

 

Agar tujuan pendidikan kesehatan bagi para peserta didik dapat tercapai secara optimal, dalam pelaksanaannya hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1) Sesuai dengan tingkat kemampuan dan perbedaan individual peserta didik

2) Diupayakan sebanyak-banyaknya melibatkan peran aktif peserta didik

3) Sesuai dengan situasi dan kondisi setempat

4) Selalu    mengacu  pada  tujuan  pendidikan  kesehatan    termasuk  upaya  alih teknologi

5) Memperhatikan kebutuhan pembangunan nasional

6) Mengikuti/memperhatikan perkembangan pengetahuan dan teknologi

 

 

 

 

 

 

b.  Metode

Dalam proses belajar mengajar guru dan Pembina dapat menggunakan metode;

a)  Belajar kelompok; Kerja kelompok/penugasan;

b)  Diskusi/ceramah; Belajar perorangan;

c)  Pemberian tugas; Karya wisata;

d)  Bermain peran;  Tanya jawab;

e)  Simulasi;  Out bond; dan study banding. f). Pelatihan dan penyuluhan.

 

B.  PELAYANAN KESEHATAN

1.  Tujuan pelayanan kesehatan

Tujuan pelayanan kesehatan di sekolah/madrasah adalah untuk:

a. Meningkatkan  kemampuan  dan  keterampilan  melakukan  tindakan  hidup  sehat dalam rangka membentuk perilaku hidup sehat. Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

 

b. Meningkatkan daya tahan tubuh peserta didik terhadap Penyakit dan mencegah terjadinya penyakit, kelainan dan cacat.

c. Menghentikan  proses    penyakit  dan  pencegahan  komplikasi  akibat  penyakit, kelainan, pengembalian fungsi dan peningkatan kemampuan peserta didik yang cedera/cacat agar dapat berfungsi optimal.

 

2.  Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan di sekolah dilaksanakan oleh Tim Kesehatan dari Madrasah ( dokter) yang dibantu oleh perawat   bekerjasama dengan guru UKS/M  dan kader kesehatan sekolah. Bila di Madrasah masih memerlukan tindak lanjut maka pasien akan dirujuk ke Puskesmas atau Rumah Sakit yang ditunjuk.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelayanan  Kesehatan Madrasah dilaksanakan secara menyeluruh (komprehensif), dengan mengutamakan kegiatan promotif dan preventif serta didukung  kegiatan kuratif dan rehabilitatif untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal meliputi :

a.  Kegiatan Peningkatan (Promotif)

Kegiatan promotif (peningkatan) dilaksanakan melalui kegiatan penyuluhan kesehatan dan latihan keterampilan yang dilaksanakan secara ekstrakurikuler, yaitu:

1)    Latihan  keterampilan  teknis  dalam  rangka  pemeliharan  kesehatan,  dan pembentukan  peran  serta  aktif  peserta  didik  dalam  pelayanan  kesehatan, antara lain:

   Kader Kesehatan Remaja;

   Palang Merah Remaja;

2)   Pembinaan sarana keteladanan yang ada di lingkungan sekolah antara lain:

   Pembinaan Kantin Sekolah Sehat;

   Pembinaan lingkungan Madrasah yang terpelihara dan bebas dari faktor pembawa penyakit.

3)   Pembinaan keteladanan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

b.  Kegiatan Pencegahan (Preventif)

Kegiatan  pencegahan  dilaksanakan  melalui  kegiatan  peningkatan  daya  tahan tubuh, kegiatan pemutusan mata rantai penularan penyakit dan kegiatan penghentian proses penyakit pada tahap dini sebelum timbul penyakit, yaitu:

1) Pemeliharaan kesehatan  yang  bersifat  umum  maupun  yang  bersifat  khusus untuk penyakit-penyakit tertentu, antara lain demam berdarah, kecacingan, muntaber.

2) Penjaringan (screening) kesehatan bagi anak yang baru masuk sekolah.

3) Pemeriksaan berkala kesehatan tiap 6 bulan.

4) Mengikuti (memonitoring/memantau) pertumbuhan peserta didik.

 

 

 

 

 

 

5) Usaha  pencegahan  penularan  penyakit  dengan  jalan  memberantas  sumber infeksi dan pengawasan kebersihan lingkungan sekolah dan perguruan agama.

6) Konseling kesehatan remaja di sekolah  oleh kader kesehatan sekolah, guru BK

dan Puskesmas oleh Dokter Puskesmas atau tenaga kesehatan lain

c.  Kegiatan Penyembuhan dan Pemulihan (Kuratif dan Rehabilitatif)

Kegiatan penyembuhan dan pemulihan dilakukan melalui kegiatan mencegah komplikasi dan kecacatan akibat proses penyakit atau untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yang cedera atau cacat agar dapat berfungsi optimal, yaitu:

1) Diagnose dini;

2) Pengobatan ringan;

3) Pertolongan pertama pada kecelakaan dan pertolongan pertama pada penyakit;

dan

4) Rujukan medik.

3.  Tempat Pelayanan kesehatan

a. Pelayanan kesehatan terhadap peserta didik dilakukan  di sekolah/madrasah dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

b. Di Puskesmas dan instansi kesehatan jenjang berikutnya sesuai kebutuhan.

4.  Waktu pelayanan

a. Pelayanan  mengikuti jam sekolah.

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

5.  Metode pelayanan kesehatan

a.  Pelayanan Kesehatan di Madrasah

Pelayanan kesehatan di Madrasah dilakukan sebagai berikut:

1)      Pelayanan  kesehatan  dilakukan  oleh  Dokter  Madrasah  yang  didampingi perawat.

 

 

 

 

 

 

2) Sebagian kegiatan pelayanan kesehatan di   Madrasah di delegasikan kepada guru, setelah guru ditatar/dibimbing oleh petugas Puskesmas.

Kegiatan tersebut adalah kegiatan peningkatan (promotif), pencegahan (preventif)  dan dilakukan pengobatan  sederhana  pada waktu terjadi kecelakaan atau penyakit sehingga selain menjadi kegiatan pelayanan, juga menjadi kegiatan pendidikan.

3) Sebagian  lagi  pelayanan    kesehatan  hanya  boleh  dilakukan  oleh  petugas Puskesmas dan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah direncanakan secara terpadu (antara kepala sekolah/madrasah dan petugas Puskesmas)

 

b.  Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

Pelayanan kesehatan di Puskesmas adalah bagi peserta didik yang dirujuk dari Madrasah  (khusus untuk kasus yang tidak dapat diatasi oleh Madrasah). Untuk itu perlu diadakan kesepakatan dalam rapat perencanaan tentang pembiayaan peserta didik yang dirujuk ke Puskesmas. Tugas dan fungsi Puskesmas adalah melaksanakan kegiatan pembinaan kesehatan dalam rangka usaha kesehatan di sekolah dan perguruan agama yang mencakup:

1) Memberikan  pencegahan terhadap  sesuatu  penyakit  dengan  immuniasi  dan lainnya yang dianggap perlu;

2) Merencanakan pelaksanaan kegiatan dengan pihak yang berhubungan dengan peserta didik (kepala Madrasah, guru, orang tua peserta didik dan lain-lain);

3) Memberikan bimbingan teknis medik kepada kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah;

4) Memberikan penyuluhan tentang kesehatan pada umumnya dan UKS/M pada khususnya kepada kepala Madrasah, guru, dan pihak lain   dalam rangka meningkatkan peran serta dalam pelaksanaan UKS/M;

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

5) Memberikan pembinaan dan pelaksanaan konseling;

6) Menginformasikan  kepada  kepala  sekolah  tentang  derajat  kesehatan  dan tingkat kesegaran jasmani peserta didik dan cara peningkatannya;

 

 

 

 

 

 

7) Menginformasikan  secara  teratur  kepada  Tim  Pembina  UKS/M  setempat meliputi segala kegiatan pembinaan kesehatan dan permasalahan yang dialami.

 

c.  Peserta didik yang perlu dirujuk

Adapun peserta didik yang perlu dirujuk adalah:

 

1)         Peserta didik yang sakit sehingga tidak dapat mengikuti pelajaran, dan bila masih   memungkinkan   segera   disuruh   pulang   dengan   membawa   surat pengantar dan buku/kartu rujukan agar dibawa orang tuanya ke   sarana pelayanan kesehatan yang terdekat.

2)         Bila Peserta didik cedera/sakit yang tidak memungkinkan disuruh pulang dan segera membutuhkan pertolongan secepatnya agar dibawa ke    sarana pelayanan kesehatan yang terdekat untuk mendapatkan pengobatan. Setelah itu agar segera diberitahukan kepada orang tuanya untuk datang ke   sarana pelayanan kesehatan tersebut.

 

d.  Pendekatan

Pendekatan pelayanan kesehatan dikelompokan sebagai berikut:

1)         Intervensi  yang  ditujukan  untuk  menyelesaikan  atau  mengurangi  masalah perorangan, antara lain pencarian, pemeriksaan, dan pengobatan penderita.

2)         Intervensi  yang  ditujukan  untuk  menyelesaikan  atau  mengurangi  masalah lingkungan di sekolah, khususnya masalah lingkungan yang tidak mendukung tercapainya derajat kesehatan optimal.

3)         Intervensi yang ditujukan untuk membentuk perilaku hidup sehat masyarakat sekolah.

 

e.  Metode yang diperlukan ialah:

1)   Penataran dan pelatihan;

2)   Bimbingan kesehatan dan bimbingan khusus (konseling);

3)   Penyuluhan kesehatan;

4)   Pemeriksaan langsung; dan

5)   Pengamatan (observasi)             

 

 

 

 

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

 

C.  PEMBINAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEHAT

 

Pembinaan lingkungan sekolah bertujuan untuk mewujudkan lingkungan sehat di madrasah   yang memungkinkan setiap warga madrasah   mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya dalam rangka mendukung  tercapainya  proses belajar yang maksimal bagi setiap peserta didik.

Lingkungan Madrasah   dibedakan menjadi dua yaitu lingkungan fisik dan non fisik , lingkungan fisik meliputi;

   Konstruksi ruang dan bangunan;

   Sarana air bersih dan sanitasi;

   Halaman;

   Pencahayaan, ventilasi, kebisingan;

   Kepadatan kelas, jarak papan tulis, meja/kursi;

   Vektor penyakit;

   Kantin/Warung sekolah.

   Kelas bersih.

Sedangkan lingkungan non fisik meliput perilaku masyarakat madrasah, antara lain;

   Perilaku tidak merokok;

   Perilaku membuang  sampah pada tempatnya;

  Perilaku mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir;

   Perilaku memilih makanan jajanan yang sehat;

   Perilaku sadar melaksanakan piket kelas.

   Perilaku sadar ikut menjaga fasilitas sekolah.

 

Pelaksanaan  pembinaan  lingkungan  Madrasah  sehat    meliputi  kegiatan  identifikasi masalah, perencanaan, intervensi, pemantauan dan evaluasi serta pelaporan.

 

 

 

 

 

 

 

 

1.  Identifikasi faktor risiko lingkungan sekolah/madrasah

Identifikasi   faktor   risiko   dilakukan   dengan   cara   pengamatan   visual   dengan menggunakan instrument pengamatan dan bila perlu dilakukan pengukuran lapangan

dan laboratorium. Analisis faktor risiko dilakukan dengan cara membandingkan hasil

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

pengamatan dengan standar yang telah ditentukan. Penentuan prioritas masalah berdasarkan perkiraan potensi besarnya bahaya atau gangguan yang ditimbulkan, tingkat keparahan dan pertimbangan lain yang diperlukan sebagai dasar melakukan intervensi.

 

2.  Perencanaan

 

Yang dimaksud perencanaan adalah kegiatan yang akan dilaksanakan dalam upaya mengatasi masalah atau menurunkan/menghilangkan risiko kesehatan lingkungan yang disusun secara sistimatis dan terukur. Dalam perencanaan sudah dimassukkan rencana pemantauan dan evaluasi dan indikator keberhasilan. Perencanaan masing- masing kegiatan/upaya harus sudah terinci volume kegiatan, besarnya biaya, sumber biaya, waktu pelaksanaan, pelaksana dan penanggungjawab. Agar rencana kegiatan atau upaya mengatasi masalah atau menurunkan risiko menjadi tanggungjawab bersama maka dalam menyusun perencanaan hendaknya melibatkan masyarakat sekolah  (peserta  didik,  guru,  kepala  madrasah,  orang  tua  peserta  didik/  komite sekolah, penjaja makanan di kantin sekolah, instansi terkait, Tim Pembina UKS).

 

 

3.  Intervensi

 

Intervensi  terhadap faktor risiko lingkungan dan perilaku pada prinsipnya meliputi tiga kegiatan yaitu penyuluhan, perbaikan sarana dan pengendalian.

 

 

 

 

 

 

 

 

a. Penyuluhan

 

Kegiatan penyuluhan bisa dilakukan oleh pihak sekolah sendiri atau dari pihak luar yang diperlukan

b. Perbaikan sarana

 

Bila dari hasil identifikasi dan penilaian faktor risiko lingkungan ditemukan kondisi yang tidak sesuai dengan standar teknis maka segera dilakukan perbaikan.

c. Pengendalian

 

Untuk menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan lingkungan di sekolah/madrasah, upaya pengendalian faktor risiko  disesuaikan dengan kondisi yang ada, antara lain sebagai berikut;

1)   Pemeliharaan ruang dan bangunan

 

a) Atap dan talang dibersihkan secara berkala   sekali dalam sebulan dari kotoran/sampah yang dapat menimbulkan genangan air;

b) Pembersihan ruang Madrasah dan halaman minimal sekali dalam sehari;

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

c) Pembersihan ruang Madrasah harus menggunakan kain pel basah untuk menghilangkan debu atau menggunakan alat penghisap debu;

d) Membersihkan lantai dengan menggunakan larutan desinfektan;

 

e) Lantai harus disapu terlebih dahulu sebelum di pel;

f)  Dinding yang kotor atau yang catnya sudah pudar harus dicat ulang;

g) Bila ditemukan kerusakan pada tangga segera diperbaiki.

 

2)   Pencahayaan dan kesilauan

a) Pencahayaan ruang sekolah harus mempunyai intensitas yang cukup sesuai dengan fungsi ruang;

 

 

 

 

 

 

 

b) Pencahayaan ruang sekolah harus dilengkapi dengan penerangan buatan;

c) Untuk menghindari kesilauan maka harus disesuaikan tata letak papan tulis dan posisi bangku peserta didik;

d) Gunakan papan tulis yang menyerap cahaya.

 

3)   Ventilasi

a) Ventilasi ruang sekolah harus menggunakan sistim silang agar udara segar dapat menjangkau setiap sudut ruangan;

b) Pada  ruang  yang  menggunakan  AC  (Air  Conditioner)harus  disediakan jendela yang bisa dibuka dan ditutup;

c) Agar terjadi penyegaran pada ruang ber-AC, jendela harus dibuka terlebih dahulu minimal satu jam sebelum ruangan tersebut dimanfaatkan;

d) Filter AC harus dicuci minimal 3 bulan sekali.

 

4)   Kepadatan ruang kelas

Kepadatan ruang kelas dengan perbandingan minimal setiap peserta didik mendapat tempat seluas  1,75 M. Rotasi tempat duduk perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga keseimbangan otot mata.

 

 

5)   Jarak papan tulis

 

a) Jarak papan tulis dengan peserta didik paling depan minimal 2,5 M;

b) Jarak papan tulis dengan peserta paling belakang maksimal 9 M;

c) Petugas menghapus papan tulis sebaiknya cuci tangan selesai menghapus papan.

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

 

6)   Sarana cuci tangan

a) Tersedia air  bersih yang mengalir dan sabun;

b) Tersedia saluran pembuangan air bekas cuci tangan;

c) Bila menggunakan tempat penampungan air bersih maka harus dibersihkan minimal seminggu sekali.

 

7)   Kebisingan

Untuk menghindari kebisingan agar tercapai ketenangan dalam proses belajar, maka dapat dilakukan dengan cara;

a) Lokasi jauh dari keramaian, misalnya; pasar, terminal, pusat hiburan,  jalan protokol, rel kereta api;

b) Penghijauan dengan pohon berdaun lebat dan lebar;

c) Pembuatan pagar tembok yang tinggi.

 

8)   Air Bersih

 

a) Sarana  air    bersih  harus  jauh  dari  sumber  pencemaran  (tangki  septic, tempat pembuangan sampah, sarana pembuangan air limbah, dll);

b) Bila terjadi keretakan pada dinding sumur atau lantai sumur agar segera diperbaiki;

c) Tempat penampungan air harus dibersihkan/dikuras secara berkala.

 

 

 

9)   Toilet

a) Toilet harus selalu dalam keadaan bersih dan tidak berbau;

b) Bak air harus dibersihkan minimal sekali dalam seminggu, dan bila tidak digunankan dalam waktu lama (libur panjang) maka bak   air harus dikosongkan agar tidak menjadi tempat perindukan nyamuk;

c) Menggunakan desinfektan untuk membersihkan lantai, closet serta urinoar;

d) Tersedia sarana cuci tangan dan sabun untuk cuci tangan.

e) Membungkus sampah pembalut sebelum dibuang ke tempat sampah.

 

10) Sampah

 

a) Tersedia tempat sampah di setiap ruangan;

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

b) Pengumpulan sampah dari seluruh ruang dilakukan setiap hari dan dibuang ke tempat pembuangan sampah sementara;

c) Pembuangan  sampah  dari  tempat  pembuangan  sampah  sementara  ke tempat pembuangan sampah akhir  dilakukan maksimal 3 hari sekali.

 

 

 

11) Sarana pembuangan air limbah

Membersihkan saluran pembuangan limbah terbuka minimal seminggu sekali agar tidak terjadi perindukan nyamuk dan tidak menimbulkan bau

12) Vektor (pembawa penyakit)

Agar lingkungan sekolah bebas dari nyamuk demam berdarah maka harus dilakukan kegiatan;

a) Kerja  bakti rutin  sekali  dalam  seminggu  dalam  rangka  pemberantasan sarang nyamuk;

b) Menguras bak penampungan air secara rutin minimal seminggu sekali dan bila libur panjang dikosongkan;

c) Bila ada kolam ikan dirawat agar tidak ada jentik nyamuk;

d) Pengamatan  terhadap    jentik  nyamuk  di  setiap  penampungan  air  atau wadah yang berpontensi adanya jentik nyamuk. Hasil pengamatan dicatat untuk menghitung container indeks.

 

13) Kantin/Warung sekolah

 

a) Makanan jajanan harus dibungkus dan atau tertutup sehingga terlindung dari lalat, binatang lain dan debu;

b) Makanan tidak kadaluarsa;

c) Tempat  penyimpanan  makanan dalam keadaan  bersih,  terlindung    dari debu, terhindar dari baham berbahaya, serangga dan hewan lainnya;

d) Tempat pengolahan atau penyiapan makan harus bersih dan memenuhi syarat kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku;

e) Peralatan  yang  digunakan untuk  mengolah,  menyajikan    dan peralatan makan   harus   bersih   dan   disimpan   pada   tempat   yang   bebas   dari pencemaran;

f)  Peralatan digunakan sesuai dengan peruntukkannya;

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

g) Dilarang  menggunakan  kembali  peralatan  yang  dirancang  untuk  sekali pakai;

h) Penyaji  makanan  harus  selalu  menjaga  kebersihan,   mencuci  tangan sebelum memasak dan setelah dari toilet;

 

 

 

 

 

 

i)  Bila tidak tersedia kantin di sekolah maka harus dilakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penjaja makanan disekitar sekolah. Pembinaan dan pengawasan meliputi jenis makanan/minuman yang dijual, penyajian, kemasan, bahan tambahan (pengawet, pewarna, penyedap rasa).

 

14) Halaman

a) Melakukan penghijauan;

b) Melakukan kebersihan halaman sekolah secara berkala seminggu sekali;

c) Menghilangkan genangan air di halaman dengan menutup/mengurug atau mengalirkan ke saluran umum;

d) Melakukan pengaturan dan pemeliharaan tanaman;

e) Memasang pagar keliling yang kuat dan kokoh tetapi tetap memperhatikan aspek keindahan.

 

15) Meja dan kursi peserta didik

 

Desain meja dan kursi harus memperhatikan aspek ergonomis, permukaan meja/bangku memiliki kemiringan ke arah pengguna sebesar 15% atau sudut

10o

16) Perilaku

a) Mendorong peserta didik untuk berperilaku hidup bersih dan sehat dengan memberikan kateladanan, misalnya tidak merokok di sekolah;

b) Membiasakan membuang  sampah pada tempatnya;

c) Membiasakan  mencuci  tangan  dengan  sabun  dan  air  mengalir  setelah buang air besar, sebelum menyentuh makanan, setelah beramain atau setelah beraktifitas lainnya;

d) Membiasakan memilih makanan jajanan yang sehat.

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

 

 

 

 

 

 

 

 

A.   PELAYANAN KESEHATAN MENTAL ( konselor sebaya )

Program ini bekerja sama dengan BK guna memenuhi bimbingan kesehatan mental siswa MTs YASMINE Depok. Program ini dilaksanakan  secara kondisional,  artinya  bila diperlukan,  atau  bila ditemukan sebuah kasus baru dilaksanakan konselor sebaya. Mekanisme dan teknis pelayanan diatur secara tersendiri. Dengan adanya program ini diharapkan ketahanan mental terhadap system belajar di Madrasah bisa diikuti dengan baik oleh seluruh siswa MTs YASMINE Depok.

 

BAB IV PENGENDALIAN PELAKSANAAN

 

Agar usaha kesehatan berjalan sesuai dengan rencana, dapat berhasil guna dan berdaya guna maka perlu dilakukan pengendalian dan pengawasan. Upaya tersebut dapat dilakukan melalui monitoring, evaluasi dan pelaporan yang dilakukan oleh Tim Pelaksana UKS/M.

 

A.  MONITORING

Monitoring adalah suatu kegiatan yang dilakukan    dalam rangka pengawasan, pengontrolan atau pengendalian terhadap suatu objek kegiatan yang akan, sedang atau yang sudah dilaksanakan. Agar program UKS/M senantiasa sesuai dengan tuntutan/kebutuhan setiap waktu, maka umpan balik dari lapangan sangat  diperlukan. Untuk  itu perlu diadakan monitoring secara terus menerus, baik terhadap   persiapan   maupun proses   pelaksanaan sebagai penyempurnaan lebih lanjut. Monitoring dilakukan oleh Tim Pelaksana UKS/M pada setiap jenjang dan jenis pendidikan dan pelaksanaan monitoring ini dilakukan dengan frekuensi sebagai berikut:

• Kepala Madrasah   selaku Ketua Tim Pelaksana UKS/M melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Trias Program UKS secara terus menerus.

   Penjaringan data dan informasi dilakukan dengan wawancara dan pengamatan yang selanjutnya dicatat pada instrumen monitoring dan dilakukan oleh Guru Pembina UKS/M.

 

1.  Tujuan

 

Tujuan monitoring, evaluasi dan pelaporan dalam pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan UKS/M adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana manfaat maupun keberhasilan dari program yang telah dilaksanakan, serta untuk mengetahui kendala-kendala dan hambatan-hambatan, sekaligus untuk mengetahui penyimpangan-penyimpangan yang  mungkin terjadi baik pada tahap perencanaan

pelaksanaan program dan pencapaian dari kegiatan yang dilaksanakan

2.  Hasil Yang Diharapkan

Apabila  ada  program kegiatan  yang  kurang  sesuai/menyimpang  dapat  dilakukan koreksi baik pada perencanaan maupun pada saat proses pelaksanaan kegiatan, sehingga pelaksnaan program dapat sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

3.  Ruang Lingkup

Ruang lingkup monitoring, evaluasi dan pelaporan meliputi semua aspek di dalam perencanaan program, dilaksanakan di Madrasah.

4. Jenis monitoring

Ada dua jenis monitoring yang dilakukan

a. Monitoring    yang   dilakukan   oleh   Kepala   Madrasah   untuk   memonitor keseluruhan program UKS/M yang ada.

b. Monitoring yang dilakukan oleh wali kelas untuk memonitor kondisi kelas agar selalu bersih.

5.  Sasaran

Sasaran monitoring adalah manajemen/organisasi serta berbagai Program Pembinaan dan Pengembangan UKS/M yang dilakukan oleh Tim Pelaksana UKS/M termasuk Guru, Kamad, Peserta didik dan seluruh warga Madrasah serta sarana prasarana yang mencakup  pelaksanaan  program UK/M.  Monitoring  hendaknya  dilakukan  secara berkala untuk mengetahui apakah tujuan program sudah tercapai. Hal ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan strategi bagi pelaksana program tahap berikutnya. Sasaran berikutnya adalah keadaan kelas yang akan dimonitoring oleh wali kelas.

 

5.  Instrumen Monitoring

Untuk memudahkan pelaksanaan monitoring oleh kepala Madrasah maka sebaiknya digunakan instrumen monitoring sebagaimana terlampir.

 

B.  EVALUASI

Evaluasi adalah salah satu kegiatan pembinaan melalui proses pengukuran hasil yang dicapai dibandingkan dengan sasaran yang telah ditentukan sebagai bahan penyempurnaan perencanaan dan pelaksanaan UKS/M.

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

1.  Tujuan

Evaluasi ini bertujuan untuk:

a. Memberikan umpan balik sebagai dasar penyempurnaan program pembinaan dan pengembangan;

b. Mengukur keberhasilan seluruh program yang dilaksanakan pada akhir kegiatan.

2.  Sasaran

Sasaran Evaluasi adalah

 a. Peserta didik;

b. Lingkungan Madrasah;

c. Dampak pembinaan terhadap perilaku peserta didik;

d. Pengelolaan program pada setiap jenjang;

e. Manajemen/pengelola program pada setiap jenjang.

 

3.  Ruang Lingkup

Ruang  lingkup  evaluasi  meliputi  seluruh  komponen  program  UKS/M,  proses maupun hasil pelaksanaannya.

4.  Unsur-unsur yang dievaluasi

a. Perubahan  tingkat  pengetahuan  pada  umumnya  yang  berhubungan  dengan kesehatan khususnya;

b. Perubahan sikap dan penghayatan terhadap prinsip   dan pola hidup bersih dan sehat;

c. Perubahan  tingkah  laku  kebiasaan  hidup  sehari-hari  dan  keterampilan  dalam melaksanakan prinsip pola hidup bersih dan sehat  termasuk peningkatan daya tangkal terhadap pengaruh buruk dari kebiasaan merokok, penyalahgunaan narkoba, serta kepekaan terhadap kebersihan lingkungan;

d. Kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan yang telah terjadi pada peserta didik karena adanya pelayanan kesehatan di Madrasah;

e. Perubahan keadaan lingkungan khususnya lingkungan   sekolah/madrasah   dan lingkungan tempat tinggal yang meliputi, tingkat kebersihan, sanitasi, keindahan, keamanan, ketertiban dan sebagainya;

f.  Tingkat   keberhasilan      maupun   ketidakberhasilan   kegiatan   pembinaan   dan pengelolaan program UKS.

 

5.  Prinsip-prinsip Evaluasi

a. Menyeluruh  (meliputi  seluruh  komponen  program  UKS/M,  proses  serta  hasil pelaksanaan), yang merupakan satu kesatuan.

b. Berkesinambungan yaitu secara bertahap sesuai dengan kebutuhan, fungsi dan tanggung jawab.

c. Objektif yaitu berdasarkan kriteria yang jelas dan baku.

 

d. Pedagogis  yaitu  hasil  penilaian  dapat  digunakan  sebagai  penghargaan  yang berhasil, dan merupakan pendorong bagi yang belum berhasil.

 

6. Cara dan Teknik Evaluasi

a. Cara evaluasi

Penilaian  dapat  dilakukan  degan  bentuk  kualitatif  dan  atau  kuantitatif  sesuai dengan keperluan

b. Teknik evaluasi penilaian dapat dilakukan dengan mempergunakan:

1)         Tes;      5)         Pemeriksaan;

2)         Pengamatan;    6)         Analisis data;

3)         Skala sikap;     7)         Penelitian dampak UKS/M

4)         Wawancara/tatap muka;                     

 

PELAPORAN

Pelaporan  dalam  pelaksanaan  UKS/M  adalah  suatu  kegiatan melaporkan/menyampaikan secara tertulis segala kegiatan yang telah dilakukan, mencakup program pelaksanaan UKS yang dilakukan Tim Pelaksana UKS/M.

1.  Tujuan

Tujuan pelaporan dalam pelaksanaan UKS/M adalah untuk mengetahui daya guna, hasil  guna,  dan  tepat  guna  program  serta  penyimpangan-penyimpangan  yang mungkin terjadi pada waktu pelaksanaan program. Selain hal diatas pelaporan itu untuk   mengetahui   perkembangan   UKS/M   selama   satu   tahun   berjalan   dan

pemantauan perkembangan ekstra kurikuler.

 

2.  Sasaran

Yang  menjadi  sasaran  pelaporan  (apa  yang  perlu  dilaporkan)  ini pada  dasarnya adalah sama dengan sasaran pada evaluasi. Namun secara spesifik sasaran pelaporan ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

a) Manajemen/pengelolan kegiatan.

b) Jenis keberhasilan  dan ketidak berhasilan kegiatan (termasuk masalah/hambatan yang ditemui).

c) Upaya-upaya  pengembangan  yang  dilaksanakan  (termasuk  upaya  mengatasi masalah/hambatan yang ditemui).

d) Pelaksanaan perkembangan ekstra kurikuler.

 

3.  Waktu

Laporan hasil pelaksanaan UKS/M di sekolah/madrasah disusun dan disampaikan dua kali dalam setahun, yaitu berupa ;

a) Laporan Tengah Tahunan yang disampaikan pada bulan Januari (paling lambat tgl

10).

b) Laporan Tahunan di sampaikan pada bulan Oktober (paling lambat tanggal 10).

 

4.  Hal-hal yang perlu dilaporkan

 

Pada dasarnya hal-hal yang dilaporkan Tim Pelaksana UKS/M kepada Tim Pembina UKS Kecamatan adalah segala  bentuk kegiatan Pembinaan dan Pelaksanaan UKS di Madrasah terutama yang telah di programkan. Namun, secara umum hal-hal yang perlu dilaporkan adalah sebagai berikut :

 

 

A.  Kegiatan Trias UKS

 

1.  Pendidikan Kesehatan a)  Kurikuler:

Mata pelajaran  Pendidikan  Jasmani,  Olahraga  dan Kesehatan

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

2.  Pelayanan Kesehatan

a) Penjaringan termasuk pemeriksaan kesehatan.

b) Imunisasi/vaksinasi  dan upaya pencegahan lain.

c) Pengobatan peserta didik yang dirujuk  (kalau ada). d) Pemberantasan sumber infeksi.

e) Alih teknologi pengetahuan kesehatan/pelayanan kesehatan kepada guru dan peserta didik.

3.  Pembinaan Lingkungan Sekolah/madrasah Sehat a) Ruang UKS/M.

b) Kantin Madrasah. c) Sumber air bersih.

d) Lomba Madrasah sehat, dan lain-lain.

 

B. Dampak Pelaksanaan UKS/M terhadap Peserta Didik

 

Secara  sederhana  dampak  pelaksanaan  UKS/M  terhadap  peserta  didik  dapat dilihat, melalui:

1.   Persentase rata-rata peserta didik yang sakit.

2.   Keadaan berat badan/tinggi badan (keadaan gizi).

3.   Kesehatan/kebersihan peserta didik secara umum.

 

C. Pengelolaan UKS/M

Kegiatan pengelolaan UKS/M yang harus dilaporkan meliputi:

1.   Rapat-rapat rutin/rapat kerja;

2.   Organisasi Tim Pelaksana UKS/M;

3.   Bimbingan dan pengarahan terhadap guru serta penataran yang telah diikuti, dan lain-lain.

4.   Berbagai macam kegiatan OSIS dan ekskul di Madrasah.

5.   Jumlah tenaga pendidik dan non pendidikan.

6.   Kondisi sarana dan prasarana di Madrasah.

 

D. Jalur pelaporan

Laporan kegiatan pelaksanaan UKS/M di sekolah disampaikan ke TP  UKS/M Kecamatan secara berjenjang sampai ke TP UKS/M Pusat.

Pedoman Manajemen UKS MTs Yasmine Tahun Pelajaran 2022/2023

 

 

BAB V PENUTUP

 

 

Pedoman Pelaksanaan UKS/M di   madrasah   ini   disusun dengan tujuan untuk mempermudah pelaksanaan program UKS/M. Buku ini merupakan penjabaran dari pedoman pembinaan dan Pengembangan UKS/M. Dengan adanya Pedoman Pelaksanaan UKS/M di Madrasah diharapkan kegiatan UKS/M dapat dilaksanakan dengan tertib, baik dan benar sehingga upaya meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik dapat tercapai. Untuk menuju perkembangan UKS/M yang lebih baik, bila ada yang kurang sempurna dalam pelaporan, maka akan diperbaiki di program UKS/M mendatang.

  DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

1.   Dit. Dikmenum, Ditjen Dikdasmen;   Pedoman Pembinaan dan Pengembangan

 

Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah, Jakarta, 2003.

 

2.   Kementerian       Kesehatan;       Keputusan       Menteri       Kesehatan       Nomor

 

1429/menkes/SK/XII/2006    tentang    Pedoman    Penyelenggaraan    Kesehatan

 

Lingkungan Sekolah, Jakarta, 2006.

 

3.   Kementerian   Kesehatan;   Pedoman   Penyelenggaraan   Kesehatan   Lingkungan

 

Sekolah, Jakarta.

 

4.   Kementerian Kesehatan; Pedoman Untuk Tenaga Kesehatan UKS ditingkat SD, Sekolah Menengah, dan Pondok Pesantren, Jakarta, 2011.

5.   Pusat    Pengembangan    Kualitas   Jasmani,    Depdiknas;    Pedoman   Pelatihan

 

Pembinaan dan Pelaksanaan UKS di TK, Jakarta 2006.

 

6.   Pusat   Pengembangan   Kualitas   Jasmani,   Depdiknas;   Petunjuk   Pelaksanaan

 

Monitoring, valuasi dan Pelaporan Usaha Kesehatan Sekolah/madrasah, Jakarta,

 

2006.

 

7.   Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani, Depdiknas; SKB 4 Menteri (Mendiknas, Menkes, Kemenag dan Mendagri tahun 2003 tentang Pembina dan Pengembangan UKS, Jakarta, 2003.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN LAMPIRAN

 

 

 

1.   Program UKS tahun 2022-2023

 

2.   Struktur Tim Pelaksana UKS/M MTs YASMINE Depok

 

3.   Struktur Organisasi UKS/M MTs YASMINE Depok

 

4.   Instrumen monitoring Ketua Pelaksana UKS/M dan Waka Sarpras

 

5.   Format Laporan TIM Pelaksana UKS/M tengan tahunan

 

6.   Instrumen Monitoring Kelas Bersih

 

7.   Data ekstra kurikuler

 

8.   Format laporan kegiatan Kader.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI UNIT KESEHATAN SISWA (UKS) MTS YASMINE DEPOK

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

 

 

 

J


 

 

                         INSTRUMEN MONITORING

 

KETUA PELAKSANA UKS MTS YASMINE DEPOK

 

 

 

A.  Data Organisasi UKS/M

 

1.   Kepala Madrasah UKS/M         :  …………………………………

 

2.   Alamat Madrasah                      :  …………………………………

 

3.   Kode pos                                      :  …………………………………

 

4.   Nomor telepon                            :  …………………………………

 

B.  Pengelolaan program UKS

 

 

 

 

No

 

 

 

Uraian

Pelaksanaan

Hambatan

yang dialami

Sudah/

jumlah

Belum

1

Pembentukan organisasi UKS/M

 

 

 

2

Unsur-unsur   yang    menjadi   anggota

organisasi UKS/M.

Unsur guru Unsur karyawan Unsur siswa / kader

 

 

 

3

Penyusunan   program   kerja   kegiatan

UKS/M

 

 

 

4

Rapat   koordinasi   dalam   pelaksanaan

program kerja

 

 

 

5

Rapat rutin koordinasi dalam

pelaksanaan program kerja

 

 

 

6

Melaksanakan bimbingan/ penyuluhan

 

 

 

7

Penataran tentang UKS/M terhadap

guru/murid/penjaga sekolah/penjual makanan di kantin

 

 

 

8

Pengadaan sarana pelayanan

kesehatan/kebersihan ligkungan/sarana

 

 

 

9

Membuat laporan tengah tahunan /

laporan tahunan kepada Tim Pembina

UKS/M

 

 

 

10

Menerima  pembinaan  yang  dilakukan oleh Puskesmas.

 

 

 

 

 

*)      Coret yang tidak perlu

 

** )  Tidak diisi bila tidak sesuai


 

 

 

C.    Pelaksanaan UKS/M

 

 

 

 

No

 

 

Uraian

Pelaksanaan

Hambatan

yang dialami

Baik

Kurang

baik

1

Keadaan ruang belajar/kelas

 

 

 

2

Keadaan ruang UKS/M

 

 

 

3

Keadaan kantin sekolah

 

 

 

4

Keadaan kamar mandi / WC guru

 

 

 

5

Keadaan kamar mandi / WC Siswa

 

 

 

6

Sarana air bersih

 

 

 

7

Urinoir / peturasan

 

 

 

8

Tempat pembuangan sampah

 

 

 

9

Keadaan halaman sekolah

 

 

 

10

Kebersihan siswa secara umum

Sehat    /    kurang

sehat

 

11

Tinggi badan siswa secara umum

Diatas normal :

%

Normal           :

%

 

12

Persentase absensi murid yang sakit

pertiga bulan

:

%

 

13

Prestasi belajar siswa di sekolah secara

umum

: baik / sedang /

kurang

 

 

 

 

 


 

 

 


 

 

 

 

 

 

Lampiran 5

 

 

 

                                              FORMAT LAPORAN

 

                        TIM PELAKSANA UKS/M TENGAH TAHUNAN

 

 

 

I.         UMUM

 

Tim Pelaksana UKS/M MTs YASMINE Depok

 

Alamat                              : …………………………………………………

Nomor tilpon                    : ……………………………………………….

Kode pos                          : ……………………………………………….

1.  Jumlah siswa kelas X   : .siswa. Putra : ……siswa, Putri : ……siswa

 

2.  Jumlah siswa kelas XI  : .siswa. Putra : ……siswa, Putri : ……siswa

 

3.  Jumlah siswa kelas XII : .siswa. Putra : ……siswa, Putri : ……siswa

 

 

 

II.       KEGIATAN UKS/M

 

A.  Pendidikan Kesehatan

 

1.   Pemeriksaan berkala                                : ………………………kali

 

2.   Pemeriksaan rutin                                     : ………………………kali

 

3.   Pengukuran tinggi dan berat siswa          : ………………………kali

 

4.   Anggota Kader Kesehatan Remaja          : ………………………Orang

 

5.   Anggota Pramuka                                     : ………………………Orang

 

6.   Anggota Paskibraka                                 : ………………………Orang

 

7.   Anggota Palang Merah Remaja               : ………………………Orang

 

8.  Anggota Basket                                        : ………………………Orang

 

9.  Anggota Voli                                            : ………………………Orang

 

10. Anggota Badminton                                 : ………………………Orang

 

 


 

 

 

 

 

 

11. Anggota Paduan suara                  : ………………………Orang

 

12. Anggota MTQ                              : ………………………Orang

 

13. Lomba kebersihan kelas               : ………………………kali

 

14. Kerja bakti kebersihan sekolah    : ………………………kali

 

15. Alat peraga UKS                          : ada/tidak ada/lengkap/tdk lengkap.

 

 

 

B.  Pelayanan Kesehatan

 

1.

Pemberantasan sumber infeksi

: ………………………kali

2.

Penjaringan (screening)

: ya / tidak

 

Jumlah siswa

: ………………………Siswa

3.

Pemeriksaan kesehatan/deteksi dini

: ………………………kali

4.

Pengobatan siswa yang di rujuk

: ………………………kali

5.

Jumlah siswa mendapat konseling

: ………………………kali

 

 

C.  Lingkungan Sekolah / Madrasah

 

1.   Sudut UKS/M                               :  ada / tidak ada *)

 

2.   Pembinaan kantin sekolah            :  ada / tidak ada *)

 

3.   Sumber air bersih yang berfungsi :  ada / tidak ada *)

 

4.   Tempat pembuangan sampah       :  ada / tidak ada *)

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                 Depok, 12 Juli 2022
Kepala Sekolah                                                          
Pembina UKS

 

 

 

 

H. Muhamad Soheh, M.Pd.                                        Ema Suraya, S.Pd.I


 

 

 

III.      DAMPAK PELAKSANAAN  UKS/M TERHADAP SISWA

 

1.

Kebersihan siswa secara umum

: baik/sedang/kurang *)

2.

Kesehatan siswa secara umum

: sehat / kurang sehat *)

3.

Perbandingan tinggi berat sesuai umur

: dibawah normal ..%

4.

Prosentase rata-rata absensi sakit murid

: ………………%

 

 

IV.      PENGELOLAAN UKS/M

1. Tim Pelaksana UKS/M                                    : terbentuk / belum terbentuk.

2. Unsur-unsur yang menjadi anggota Tim Pelaksana UKS/M

a. Unsur guru                                         : ………………..orang b. Unsur pegawai                                  : ………………..orang c. Unsur siswa                                       : ………………..orang

3. Rapat rutin koordinasi kegiatan                       : ………………..kali

4. Rapat kerja penyusunan program                     : ………………..kal

5. Bimbingan dan pengarahan program               : ………………..kali

6. Menerima kunjungan/supervise Tim Pembina : ………………..kali

7. Mengikuti rapat koordinasi                              : ………………..kali

8. Pemeriksaan kebersihan Sekolah/Madrasah    : ………………..kali

 

 

 

 

 

                                                                                                   Depok,  ………………2022

                                                                                                        Ketua Tim Pelaksana UKS/M

 

 

 

 


 

 

 

Catatan :

 

*) Coret yang tidak perlu


(…………………………)


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN MONITORING KELAS BERSIH

 

 

 

A.  Data Kelas

 

1.

Wali kelas

: ………………………………………….

2.

Ketua kelas

: ………………………………………….

3.

Jumlah siswa

: ………..  orang, PA = .. orang, PI = ....

 

orang

 

 

 

B.  Keadaan kelas

 

NO

URAIAN

KEADAAN

KET.

1

Kebersihan kolong meja

 

 

2

Pemilahan sampah

 

 

3

Kebersihan lantai

 

 

4

Kerapian meja guru dan siswa

 

 

5

Kelengkapan data kelas

 

 

 

a. Daftar pelajaran

 

 

 

b. Daftar piket

 

 

 

c. Daftar pengurus kelas

 

 

 

d. Daftar inventaris kelas

 

 

6

Ketersediaan galon air minum

 

 

 

 

 

Mengetahui                                                                 Depok, 12 Juli 2022
Kepala Sekolah                                                          
Pembina UKS

 

 

 

 

H. Muhamad Soheh, M.Pd.                                        Ema Suraya, S.Pd.I

NIP. NIP. 197604052006041013                               NPK.0770470288021

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

Komentar