RPP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 8 KURTILAS 2024/2025

 


 

 

 

 

 

 

           

 

 

 

 

 

 

RPP

 

Mapel: SKI

 kelas 8

TP 2024/2025

 

 

oleh “Ema Suraya,S.Pd.I, S.Pd, Gr.

NPK.   0770470288021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Yasmine Depok

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Ganjil

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P1

 

Materi Pokok

:

DAULAH ABBASIYAH MEMBANGUN PERADABAN ISLAM

Sub-Materi

:

SEJARAH BERDIRINYA DAULAH ABBASIYAH

Kompetensi Dasar

:

3.1 ; 4.1

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.1.1 Mengidentifikas sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah

4.1.1Menyusun peristiwaperistiwa penting dari proses berdirinya Daulah Abbasiyah

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

2.        Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

3.        Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

4.        Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

5.       Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Yasmine Depok

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Ganjil

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P2

 

Materi Pokok

:

DAULAH ABBASIYAH MEMBANGUN PERADABAN ISLAM

Sub-Materi

:

KEMAJUAN PERADABAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM MASA DAULAH ABBASIYAH

Kompetensi Dasar

:

3.2 ; 4.2

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.2.1 Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbsiyah

4.2.1 Menganalisis perkembangan peradaban Islam masa Daulah Abbsiyah

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

2.        Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

3.        Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

4.        Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

5.       Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kemajuan Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kemajuan Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kemajuan Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Kemajuan Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

 

 

 

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             :  MTs Yasmine

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Ganjil

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P1

 

Materi Pokok

:

KEJAYAAN INTELEKTUAL ILMUAN DAN ULAMA MUSLIM DAULAH ABBASIYAH

Sub-Materi

:

ILMUAN MUSLIM MASA DAULAH ABBASIYAH

Kompetensi Dasar

:

3.3 ; 4.3

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.3.1 Menelaah tokoh ilmuan muslim dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah UJI PUBLIK SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MTs KELAS VIII

4.3.1Menampilkan informasi biografi dan karya ilmuan muslim pada masa Daulah Abbasiyah

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

6.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

7.        Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

8.        Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

9.        Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

10.   Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ilmuan Muslim Masa Daulah Abbasiyah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Ilmuan Muslim Masa Daulah Abbasiyah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Ilmuan Muslim Masa Daulah Abbasiyah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Ilmuan Muslim Masa Daulah Abbasiyah

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

 

 

 

 

.

 

 

 

 

................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             :   MTs Yasmine

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Ganjil

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P2

 

Materi Pokok

:

KEJAYAAN INTELEKTUAL ILMUAN DAN ULAMA MUSLIM DAULAH ABBASIYAH

Sub-Materi

:

PARA ULAMA DAULAH ABBASIYAH YANG MENDUNIA

Kompetensi Dasar

:

3.4 ; 4.4

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.4.1 Menelaah para ulama dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
4.4.1 Menyusun informasi tokoh ulama dan perannya pada masa Daulah Abbasiyah

TUJUAN PEMBELAJARAN

1.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

2.        Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

3.        Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

4.        Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

5.       Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Para Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Para Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Para Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Para Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Websiteedukasi.com

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Genap

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P1

 

Materi Pokok

:

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM MASA DAULAH AYYUBIYAH

Sub-Materi

:

PROSES BERDIRINYA DAULAH AYYUBIYAH

Kompetensi Dasar

:

3.5 ; 4.5

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.5.1 Menelaah sejarah dari peristiwa berdirinya Daulah Ayyubiyah

4.5.1 Menunjukan peristiwa penting sejarah berdirinya Daulah Ayyubiyah

TUJUAN PEMBELAJARAN

11.    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

12.     Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

13.     Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

14.     Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

15.   Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Proses Berdirinya Daulah Ayyubiyah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Proses Berdirinya Daulah Ayyubiyah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Proses Berdirinya Daulah Ayyubiyah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Proses Berdirinya Daulah Ayyubiyah

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Websiteedukasi.com

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Ganjil

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P2

 

Materi Pokok

:

KEMAJUAN PERADABAN ISLAM MASA DAULAH AYYUBIYAH

Sub-Materi

:

PERADABAN ISLAM MASA DAULAH AYYUBIYAH

Kompetensi Dasar

:

3.6 ; 4.6

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.2.1 Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbsiyah

4.2.1 Menganalisis perkembangan peradaban Islam masa Daulah Abbsiyah

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

6.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

7.        Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

8.        Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

9.        Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

10.   Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Peradaban Islam Masa Daulah Ayyubiyah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Peradaban Islam Masa Daulah Ayyubiyah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Peradaban Islam Masa Daulah Ayyubiyah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Peradaban Islam Masa Daulah Ayyubiyah

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Websiteedukasi.com

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Genap

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P1

 

Materi Pokok

:

PENGUASA BESAR DAN ILMUAN ISLAM MASA DAULAH AYYUBIYAH

Sub-Materi

:

PENGUASA BESAR DAULAH AYYUBIYAH

Kompetensi Dasar

:

3.7 ; 4.7

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.7.1 Menelaah semangat juang para pemimpin besar Daulah Ayyubiyah (Salahuddin AlAyyubi, Al-Adil dan Al-Kamil)

4.7.1 Merumuskan karakter tokoh pemimpin besar Daulah Ayyubiyah

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

16.    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

17.     Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

18.     Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

19.     Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

20.   Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Penguasa Besar Daulah Ayyubiyah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Penguasa Besar Daulah Ayyubiyah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Penguasa Besar Daulah Ayyubiyah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Penguasa Besar Daulah Ayyubiyah

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Websiteedukasi.com

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Genap

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P2

 

Materi Pokok

:

PENGUASA BESAR DAN ILMUAN ISLAM MASA DAULAH AYYUBIYAH

Sub-Materi

:

SUMBANGSIH BESAR ILMUAN MUSLIM DAULAH AYYUBIYAH

Kompetensi Dasar

:

3.8 ; 4.8

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.8.1 Menemukan peran ilmuan muslim pada masa Daulah Ayyubiyah dalam memajukan peradaban Islam

4.8.1 Menyusun peran ilmuan Islam memajukan pradaban dan kebudayaan Islam masa Daulah Ayyubiyah

TUJUAN PEMBELAJARAN

6.       Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

7.        Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

8.        Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

9.        Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

10.   Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Sumbangsih Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Websiteedukasi.com

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Genap

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P1

 

Materi Pokok

:

DAULAH MAMLUK

Sub-Materi

:

PROSES BERDIRINYA DAULAH MAMLUK

Kompetensi Dasar

:

3.9 ; 4.9

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.9.1 Menelaah Daulah Mamluk membangun peradaban Islam di Mesir.

4.9.1 Menyajikan informasi sejarah berdirinya Daulah Mamluk dan perannya membangun peradab Islam di Mesir.

TUJUAN PEMBELAJARAN

21.    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

22.     Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

23.     Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

24.     Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

25.   Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Proses Berdirinya Daulah Mamluk

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Proses Berdirinya Daulah Mamluk

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Proses Berdirinya Daulah Mamluk

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Proses Berdirinya Daulah Mamluk

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(Sesuai KMA 183 2019)

                                                                                                              

Sekolah             : MTs Websiteedukasi.com

Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas/Semester :  VIII ( Delapan )/Genap

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)

P2

 

Materi Pokok

:

DAULAH MAMLUK

Sub-Materi

:

KEMAJUAN PERADABAN DAN KEBUDYAAN ISLAM

Kompetensi Dasar

:

3.9 ; 4.9

 

Alat dan Media Pembelajaran

Alat

:

Laptop , lcd/proyektor,

Sumber

belajar

:

Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya

Media Pembelajran

:

Gambar , powerpoint,

 

Buku Guru & Siswa

 

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.9.1 Menelaah Daulah Mamluk membangun peradaban Islam di Mesir.

4.9.1 Menyajikan informasi sejarah berdirinya Daulah Mamluk dan perannya membangun peradab Islam di Mesir.

TUJUAN PEMBELAJARAN

11.    Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

12.     Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

13.     Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

14.     Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

15.   Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam  mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

PENDAHULUAN

v  Guru mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius)

v  Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin)

v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran

INTI

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kemajuan Peradaban Dan Kebudyaan Islam Daulah Mamluk

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kemajuan Peradaban Dan Kebudyaan Islam Daulah Mamluk

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kemajuan Peradaban Dan Kebudyaan Islam Daulah Mamluk

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Kemajuan Peradaban Dan Kebudyaan Islam Daulah Mamluk

PENUTUP

F Guru dan Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

F Guru mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama.

PENILAIAN

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian

 

 

Mengetahui

Kepala MTs Yasmine

.................., …... ....... 2024

 

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd

    NIP.  19760405 200604 1 013        

Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.

     NPK.   0770470288021

  

 

 

 

 


Postingan Populer