RPP SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 8 KURTILAS 2024/2025
RPP
Mapel: SKI
kelas 8
TP
2024/2025
oleh “Ema Suraya,S.Pd.I, S.Pd, Gr.
NPK. 0770470288021
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Yasmine Depok Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Ganjil Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
P1 |
||
Materi Pokok |
: |
DAULAH ABBASIYAH MEMBANGUN PERADABAN
ISLAM |
||
Sub-Materi |
: |
SEJARAH BERDIRINYA DAULAH ABBASIYAH |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.1 ; 4.1 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.1.1 Mengidentifikas sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah 4.1.1Menyusun peristiwaperistiwa penting dari proses berdirinya
Daulah Abbasiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
1.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 2.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 3.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
4.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 5. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Sejarah Berdirinya
Daulah Abbasiyah |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Sejarah Berdirinya
Daulah Abbasiyah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Sejarah Berdirinya
Daulah Abbasiyah |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Sejarah
Berdirinya Daulah Abbasiyah |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs Yasmine |
.................., …... ....... 2024 Guru Mata Pelajaran |
H.
Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema
Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Yasmine Depok Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Ganjil Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
P2 |
||
Materi Pokok |
: |
DAULAH ABBASIYAH MEMBANGUN PERADABAN
ISLAM |
||
Sub-Materi |
: |
KEMAJUAN
PERADABAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM MASA DAULAH ABBASIYAH |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.2 ; 4.2 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.2.1
Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbsiyah 4.2.1 Menganalisis
perkembangan peradaban Islam masa Daulah Abbsiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
1.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 2.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 3.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
4.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 5. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain
untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru
mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan
ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga
Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kemajuan
Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Kemajuan
Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Kemajuan
Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang
berkaitan: Kemajuan
Peradaban Dan Kebudayaan Islam Masa Daulah Abbasiyah |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru
mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan
pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
.................., …...
....... 2024 Guru Mata Pelajaran |
H.
Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema
Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Yasmine Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Ganjil Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
P1 |
||
Materi Pokok |
: |
KEJAYAAN INTELEKTUAL ILMUAN DAN ULAMA
MUSLIM DAULAH ABBASIYAH |
||
Sub-Materi |
: |
ILMUAN
MUSLIM MASA DAULAH ABBASIYAH |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.3 ; 4.3 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.3.1 Menelaah tokoh ilmuan muslim dan perannya dalam kemajuan
peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah UJI PUBLIK SEJARAH KEBUDAYAAN
ISLAM MTs KELAS VIII 4.3.1Menampilkan informasi biografi dan karya
ilmuan muslim pada masa Daulah Abbasiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
6.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 7.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 8.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
9.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 10. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Ilmuan Muslim Masa Daulah
Abbasiyah |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Ilmuan Muslim Masa Daulah
Abbasiyah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Ilmuan Muslim Masa Daulah
Abbasiyah |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Ilmuan
Muslim Masa Daulah Abbasiyah |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
. .................,
…... ....... 2024 Guru Mata
Pelajaran |
H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Yasmine Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Ganjil Alokasi Waktu : 2 x
40 menit (1 x Pertemuan) |
P2 |
||
Materi Pokok |
: |
KEJAYAAN INTELEKTUAL ILMUAN DAN ULAMA
MUSLIM DAULAH ABBASIYAH |
||
Sub-Materi |
: |
PARA
ULAMA DAULAH ABBASIYAH YANG
MENDUNIA |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.4 ; 4.4 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.4.1
Menelaah para ulama dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa
Daulah Abbasiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
1. Membangun kesadaran
peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma
Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka mengembangkan
kebudayaan dan peradaban Islam. 2. Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 3. Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
4. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 5. Mengembangkan kemampuan
peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Para Ulama Daulah
Abbasiyah Yang Mendunia |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Para Ulama Daulah
Abbasiyah Yang Mendunia |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Para Ulama Daulah
Abbasiyah Yang Mendunia |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Para
Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs Yasmine |
.................., …... .......
2024 Guru Mata Pelajaran |
H.
Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema
Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Websiteedukasi.com Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Genap Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
P1 |
||
Materi Pokok |
: |
KEMAJUAN PERADABAN ISLAM MASA DAULAH
AYYUBIYAH |
||
Sub-Materi |
: |
PROSES
BERDIRINYA DAULAH AYYUBIYAH |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.5 ; 4.5 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.5.1 Menelaah sejarah dari
peristiwa berdirinya Daulah Ayyubiyah 4.5.1 Menunjukan
peristiwa penting sejarah berdirinya Daulah Ayyubiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
11.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 12.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 13.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
14.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 15. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Proses Berdirinya
Daulah Ayyubiyah |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Proses Berdirinya Daulah Ayyubiyah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Proses Berdirinya
Daulah Ayyubiyah |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Proses
Berdirinya Daulah Ayyubiyah |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
..................,
…... ....... 2024 Guru Mata
Pelajaran |
H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Websiteedukasi.com Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Ganjil Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
P2 |
||
Materi Pokok |
: |
KEMAJUAN PERADABAN ISLAM MASA DAULAH
AYYUBIYAH |
||
Sub-Materi |
: |
PERADABAN
ISLAM MASA DAULAH AYYUBIYAH |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.6 ; 4.6 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.2.1
Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbsiyah 4.2.1 Menganalisis
perkembangan peradaban Islam masa Daulah Abbsiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
6.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 7.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 8.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
9.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 10. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain
untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru
mengawali proses pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan
ilmu yang dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga
Nabi Muhammad Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN INTI |
Kegiatan Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Peradaban
Islam Masa Daulah Ayyubiyah |
Critical Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Peradaban
Islam Masa Daulah Ayyubiyah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Peradaban
Islam Masa Daulah Ayyubiyah |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang
berkaitan: Peradaban
Islam Masa Daulah Ayyubiyah |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru
mengakhiri proses pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan
pross pembelajaran dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
..................,
…... ....... 2024 Guru Mata
Pelajaran |
H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Websiteedukasi.com
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Genap Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
P1 |
||
Materi Pokok |
: |
PENGUASA BESAR DAN ILMUAN ISLAM MASA
DAULAH AYYUBIYAH |
||
Sub-Materi |
: |
PENGUASA
BESAR DAULAH AYYUBIYAH |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.7 ; 4.7 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.7.1 Menelaah semangat juang para pemimpin besar
Daulah Ayyubiyah (Salahuddin AlAyyubi, Al-Adil dan Al-Kamil) 4.7.1 Merumuskan karakter tokoh pemimpin
besar Daulah Ayyubiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
16.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 17.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 18.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
19.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 20. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Penguasa Besar Daulah Ayyubiyah |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Penguasa Besar Daulah Ayyubiyah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Penguasa Besar Daulah Ayyubiyah |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Penguasa
Besar Daulah Ayyubiyah |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
..................,
…... ....... 2024 Guru Mata
Pelajaran |
H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Websiteedukasi.com Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Genap Alokasi Waktu : 2 x
40 menit (1 x Pertemuan) |
P2 |
||
Materi Pokok |
: |
PENGUASA BESAR DAN ILMUAN ISLAM MASA
DAULAH AYYUBIYAH |
||
Sub-Materi |
: |
SUMBANGSIH
BESAR ILMUAN MUSLIM DAULAH AYYUBIYAH |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.8 ; 4.8 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.8.1
Menemukan peran ilmuan muslim pada masa Daulah Ayyubiyah dalam memajukan
peradaban Islam 4.8.1 Menyusun peran ilmuan Islam
memajukan pradaban dan kebudayaan Islam masa Daulah Ayyubiyah |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
6.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 7.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 8.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
9.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 10. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Sumbangsih Besar
Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Sumbangsih Besar
Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Sumbangsih Besar
Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Sumbangsih
Besar Ilmuan Muslim Daulah Ayyubiyah |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
..................,
…... ....... 2024 Guru Mata
Pelajaran |
H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Websiteedukasi.com Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Genap Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (1 x
Pertemuan) |
P1 |
||
Materi Pokok |
: |
DAULAH MAMLUK |
||
Sub-Materi |
: |
PROSES BERDIRINYA DAULAH MAMLUK |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.9 ; 4.9 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.9.1 Menelaah
Daulah Mamluk membangun peradaban Islam di Mesir. 4.9.1 Menyajikan
informasi sejarah berdirinya Daulah Mamluk dan perannya membangun peradab
Islam di Mesir. |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
21.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 22.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 23.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
24.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 25. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Proses Berdirinya Daulah Mamluk |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi
sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap
berkaitan dengan materi Proses
Berdirinya Daulah Mamluk |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Proses Berdirinya Daulah Mamluk |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Proses Berdirinya Daulah
Mamluk |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
..................,
…... ....... 2024 Guru Mata
Pelajaran |
H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Sesuai KMA 183
2019)
Sekolah : MTs Websiteedukasi.com Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam |
Kelas/Semester : VIII ( Delapan )/Genap Alokasi Waktu : 2 x
40 menit (1 x Pertemuan) |
P2 |
||
Materi Pokok |
: |
DAULAH MAMLUK |
||
Sub-Materi |
: |
KEMAJUAN PERADABAN DAN KEBUDYAAN ISLAM |
||
Kompetensi
Dasar |
: |
3.9 ; 4.9 |
||
Alat dan Media Pembelajaran |
|||||
Alat |
: |
Laptop , lcd/proyektor, |
Sumber belajar |
: |
Mushaf
Al-Qur’an dan terjemahannya |
Media Pembelajran |
: |
Gambar , powerpoint, |
|
Buku Guru & Siswa |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
||
3.9.1 Menelaah
Daulah Mamluk membangun peradaban Islam di Mesir. 4.9.1 Menyajikan informasi sejarah berdirinya
Daulah Mamluk dan perannya membangun peradab Islam di Mesir. |
||
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
||
11.
Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai
dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw. dalam rangka
mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 12.
Membangun kesadaran peserta didik tentang
pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau,
masa kini, dan masa depan. 13.
Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
14.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau. 15. Mengembangkan
kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwaperistiwa
bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berpres tasi, dan mengaitkannya
dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan
lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. |
||
PENDAHULUAN |
||
v Guru mengawali proses
pembelajaran dengan berdo'a bagi kemanfaatan dan keberkahan ilmu yang
dipelajari serta mendoakan kepada guru, dan guru-gurunya hingga Nabi Muhammad
Saw. sebagai sumber ajaran Islam yang dipelajari; (Religius) v Mengkondisikan suasana
belajar yang menyenangkan (mengecek kehadiran peserta didik)(Disiplin) v Menyiapkan fisik dan
psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran |
||
INTI |
||
KEGIATAN
INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi motivasi dan panduan
untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi
tayangan dan bahan bacaan terkait materi Kemajuan Peradaban Dan Kebudyaan Islam
Daulah Mamluk |
Critical
Thinking |
Guru memberikan kesempatan untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan
ini harus tetap berkaitan dengan materi Kemajuan Peradaban Dan Kebudyaan Islam Daulah Mamluk |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok
untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan
saling bertukar informasi mengenai Kemajuan Peradaban Dan Kebudyaan Islam Daulah Mamluk |
|
Communication |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi
yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan
tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Menjelaskan isi teks yang didengar yang berkaitan: Kemajuan Peradaban Dan
Kebudyaan Islam Daulah Mamluk |
|
PENUTUP |
||
F Guru dan Peserta didik
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. F Guru mengakhiri proses
pembelajaran dengan mengajak mensyukuri atas keberhasilan pross pembelajaran
dan berdo'a bersama-sama. |
||
PENILAIAN |
||
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian |
Mengetahui Kepala MTs
Yasmine |
..................,
…... ....... 2024 Guru Mata
Pelajaran |
H. Muhamad Soheh, S.Ag. ,M.Pd NIP.
19760405 200604 1 013 |
Ema Suraya, S.Pd.I, S.Pd, Gr. NPK.
0770470288021 |