PEMETAAN KOMPETENSI DASARNo.MATERIKOMPETENSI DASAR1Daulah AbbasiyahMembangun Peradaban Islam
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
No.
MATERI
KOMPETENSI DASAR
1
Daulah Abbasiyah
Membangun
Peradaban Islam
1.1 Menghayati semangat perjuangan Islam dari proses
berdirinya Daulah Abbasiyah
1.2 Menghayati nilai-nilai Islam dari perkembangan
peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
2.1 Menjalankan sikap gigih dan sabar dalam
mewujudkan cita-cita
2.2 Menjalankan sikap produktif dan inovatif dalam
mengembangkan ilmu pengetahuan
3.1 Menganalisis
sejarah berdirinya Daulah
Abbasiyah
3.2 Menganalisis perkembangan peradaban Islam
pada masa Daulah Abbasiyah
4.1 Menyusun peristiwa-peristiwa penting dari
proses berdirinya Daulah Abbasiyah
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang perkembangan
peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
2
Kejayaan Intelektual
Ilmuan Dan Ulama
Islam Daulah
Abbasiyah
1.3 Menghayati nilai-nilai Islam dari perjuangan tokoh
ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu
Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al
-
Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat
), Jabir bin
Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa al
-
Khawarizmi (ahli astronomi) dan perannya
dalam kemajuan peradaban Islam pada masa
Daulah Abbasiyah
1.4 Menghargai karya ulama muslim sebagai
khazanah intelektual Islam
2.3 Menjalankan sikap produktif dan inovatif dalam
mengembangkan ilmu pengetahuan
2.4 Mengamalkan perilaku semangat belajar
dibidang ilmu agama
3.3 Menganalisis tokoh ilmuwan muslim Ali bin
Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli
kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu
Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli
kimia), Muhammad bin Musa al-Khawarizmi
(ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan
peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
3.4 Menganalisis peran ulama penyusun
kutubussitah (ahli hadits), empat imam madzhab
(ahli fiqih), Imam At-Tabari, Ibnu Katsir (ahli
tafsir) dan perannya dalam kemajuan peradaban
Islam pada masa Daulah Abbasiyah
4.3 Mengolah informasi dari biografi dan karya para
ilmuwan muslim pada masa Daulah Abbasiyah
4.4 Mengidentifikasi karakter para tokoh ilmuwan
muslim dalam bidang agama pada masa Daulah
Abbasiyah dan menyajikannya dalam bentuk
tulisan atau media lain
3
Kemajuan Peradaban
Islam Masa Daulah
Ayyubiyah
1.5 Menghargai Perjuangan Islam dari proses
berdirinya Daulah Ayyubiyah
1.6 Menghayati kewajiban umat Islam untuk
mengembangkan perdaban
2.5 Menjalankan sikap sabar dalam menggapai
prestasi
2.6 Menjalankan perilaku konsisten untuk
mengembangkan ilmu pengetahuan
3.5 Menganalisis sejarah berdirinya Daulah
Ayyubiyah
3.6 Menganalisis perkembangan peradaban Islam
pada masa Daulah Ayyubiyah
4.5 Mengidentifikasi urutan peristiwa sejarah
berdirinya Daulah Ayyubiyah
4.6 Mengolah informasi tentang kemajuan
peradaban Islam pada masa Dulah Ayyubiyah
4
Penguasa Besar Dan
Kiprah
Ilmuan Islam
Daulah Ayyubiyah
1.7
Menghargai semangat juang yang dimiliki para
pemimpin Daula
h Ayyubiyah merupakan spirit
ajaran Islam
1.8
Menghargai karya Ilmuwan Muslim sebagai
khazanah intelektual Islam
2.7 Menjalankan sikap tegas dan toleran dalam
meneladano semangat juang para pemimpin
Daulah Ayyubiyah
2.8 Menjalankan sikap kritis dan ilmiah di bidang
ilmu pengetahuan sebagaimana dicontohkan
ilmuwan muslim pada masa Daulah Ayyubiyah
3.7 Menganalisis semangat juang para pemimpin
Daulah Ayyubiyah yang terkena (Salahuddin AlAyyubi, Al-Adil dan Al-Kamil)
3.8 Menganalisis peran ilmuwan muslim pada masa
Daulah Ayyubiyah dalam kemajuan peradaban
Islam
4.7 Mengidentifikasi karakter para tokoh yang
terkenal (Salahuddin Al-Ayyubi, Al-Adil dan
Al-Kamil) pada masa Daulah Ayyubiyah
4.8 Mengidentifikasi peran ilmuwan dalam
memajukan peradaban Islam pada masa Daulah
Ayyubiyah
5
Daulah Mamluk
Pelanjut Kemajuan
1.9 Menghayati nilai-nilai positif dari perjuangan
Daulah Mamluk dalam membangun peradaban
di Mesir.
Kebudayaan Islam
2.9 Mengamalkan sikap berani sebagaimana Daulah
Mamluk
3.9 Menganalisis sejarah Daulah Mamluk dalam
membangun peradaban Islam di Mesir
4.9 Mengolah informasi tentang sejarah berdiri dan
peran Daulah Mamluk dalam membangun
peradaban Islam di Mesir
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati semangat perjuangan Islam dari proses berdirinya Daulah Abbasiyah.
1.2 Menghayati nilai-nilai Islam dari perkembangan peradaban Islam pada masa
Daulah Abbasiyah
2.1 Menjalankan sikap gigih dan sabar dalam mewujudkan cita-cita.
2.2 Menjalankan sikap produktif dan inovatif dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan
3.1 Menganalisis sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
3.2 Menganalisis perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
4.1 Menyusun peristiwa-peristiwa penting dari proses berdirinya Daulah Abbasiyah
4.2 Menyajikan hasil analisis tentang perkembangan peradaban Islam pada masa
Daulah Abbasiyah
Indikator
1.1.1 Menunjukan sikap dapat mengambil keteladanan semangat perjuangan Islam dari
proses berdirinya Daulah Abbasiyah
.
1.1.2 Menunjukkan sikap menghayati nilai
-nilai Islam dari perkembangan peradaban
Islam masa Daulah Abbasiyah.
2.1.1 Menunjukan sikap gigih dan sabar dalam mewujudkan cita-cita
2.1.2 Mengamalkan sikap produktif dan inovatif dalam mengembangkan ilmu
pengetahuan.
3.1.1 Mengidentifikas sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah
3.1.2 Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbsiyah
4.2.1 Menyimpulkan perkembangan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
4.1.1 Menceritakan peristiwa penting proses berdirinya Daulah Abbasiyah
4.1.2 Menganalisis perkembangan peradaban Islam masa Daulah Abbsiyah.
A. Sejarah Berdirinya Daulah Abbasiyah
Sejarah terbentuknya Daulah Abbasiyah tidak dapat terlepas dari perjalanan sejarah
Daulah Umayyah. Pada awal terbentuknya, Daulah Umayyah mengalami masa kejayaan.
Beragam prestasi mampu dicapai pemerintah Daulah Umayyah, keadaan ini berlangsung
hingga masa pemerintahan khalifah al Walid bin Abdul Malik. Setelah itu, kemunduran
Daulah Umayyah makin tampak. Sepeninggal khalifah Hisyam bin Abdul Malik,
kemunduran itu semakin tampak. Kekacauan terjadi dimana-mana, pertikaian internal
keluarga tak terhindarkan.
Mari mengamati gambar berikut ini..!
1. Pengamatanku
Di tahun 750 M,
Muhammad bin Ali
mengajak masyarakat un
tuk
mendukung gerakannya.
Ajakan ini
mengatasnamakan keluarga
Nabi Muhammad Saw.
NO
PERTANYAAN
1
Apa pengaruh runtuhnya Daulah Umayyah bagi perkembangan peradaban dan
kebudayaan Islam pada masa itu ?
2
Faktor apa saja yang mendukung berdirinya Daulah Abbasiyah ?
3
Menurut pendapat kalian, bagaimana peran tokoh yang telah berhasil
mendirikan pemerintahan Daulah Abbasiyah ?
4
Mengapa menjadi pemimpin itu harus berakhlak mulia, tegas, cerdas, berani,
dan bijaksana?
5
Keteladanan apakah yang dapat kalian ambil dari proses berdirinya Daulah
Abbasiyah dikaitkan dengan tugas seorang pelajar pada masa kini ?
terbentuknya Daulah Abbasiyah, mari kita membaca dan memahami materi berikut
a. Faktor Pendukung Terbentuknya Daulah Abbasiyah
Tentunya kalian masih ingat tentang Daulah Umayyah yang berkuasa selama
90 tahun (660 – 750 M). Sejarawan mencatat cukup banyak kemajuan yang
dicapai Daulah Umayyah, mulai wilayah kekuasaan yang membentang dari India
hingga Afrika Utara, sistem administrasi pemerintahan yang tertata dengan rapih,
penyebaran Islam hingga ke dataran Eropa, hingga kemajuan ilmu pengetahuan.
Terbentuknya Daulah Abbasiyah disebabkan beberapa faktor pendukung.
Antara lain :
1. Perpecahan internal keluarga Daulah
Umayyah dan kekisruhan politik dalam
negeri.
2. Munculnya gerakan perlawanan terhadap
pemerintah Daulah Umayah yang
dilakukan oleh : kelompok Mawali,
kelompok Dahaq bin Qais Asy
-Syaibani,
dan kelompok Syiah yang menilai tampuk kekuasaan khalifah adalah hak
keturunan Ali bin Abi Thalib dan ingin menuntut balas atas terbunuhnya Husain
bin Ali di Karbala.
3. Perpecahan kelompok suku Arab Utara dan Arab Selatan.
4. Kekecewaan Ulama dan tokoh agama kepada Khalifah Marwan bin Muhammad
yang dinilai tidak memiliki sikap negarawan yang baik.
5. Wafatnya Khalifah Marwan bin Muhammad (khalifah terakhir Daulah
Umayyah) setelah kalah dalam pertempuran di tepi sungai Zab, Irak di tahun
132 H/750 M.
b. Proses Berdirinya Daulah Abbasiyah
Babak ketiga dalam drama besar politik Islam ditandai dengan berdirinya
Daulah Abbasiyah, mereka menyebut dirinya dengan Daulah. Menandakan sebuah
era baru, dan memang benar-benar menjadi era baru. Dinamakan Abbasiyah,
karena pendiri Daulah ini merupakan keturunan Abbas bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad Saw. Daulah Abbasiyah berkuasa dalam rentang waktu
yang panjang selama 550 tahun (750 – 1258 M). Berpusat di Baghdad, Irak
sebagai ibu kota, wilayah kekuasaan Daulah Abbasiyah membentang luas meliputi
Asia Barat, Asia Selatan, Afrika Utara hingga Eropa.
Lembar sejarah dari proses berdirinya Daulah Abbasiyah tidak terlepas dari
sosok keluarga Bani Abbas bernama Ali bin Abdullah. Sebagai sepupu Rasulullah
Saw, ia merasa yang paling berhak menjadi pemimpin setelah Khulafa’ur
Rasyidin. Ali bin Abdullah melakukan propaganda anti Daulah Umayyah, ia
mencoba meraih simpati masyarakat luas dengan menamakan gerakan
propagandanya sebagai keluarga Bani Hasyim. Tetapi sebelum usahanya itu
terwujud, Ali bin Abdullah wafat di tahun 124 H/742 M.
Ambisi Ali bin Abdullah selanjutnya dilanjukan oleh putranya yaitu
Muhammad bin Ali. Dalam rangka mewujudkan cita-citanya itu ia menjadikan
kota Kuffah dan Khurasan sebagai basis gerakan anti Daulah Umayyah. Di kota
Khurasan Muhammad bin Ali mendapat dukungan dari pemimpin masyarakat
Khurasan yaitu Abu Muslim al Khurasani. Namun, Muhammad bin Ali lebih dulu
wafat di tahun 127 H/745 M sebelum cita-citanya meraih kekuasaan terwujud.
Ibrahim bin Muhammad bertekad melanjutkan perjuangan para
pendahulunya sepeninggal Muhammad bin Ali. Gerakan yang dilakukan Ibrahim
bin Muhammad mendapat perhatian khusus dari Khalifah Marwan bin
Muhammad (Khalifah terakhir Daulah Umayyah) dan menganggapnya sebagai
ancaman negara. Untuk meredam gerakan Ibrahim bin Muhammad, pada tahun
128 H/746 M Ibrahim bin Muhammad tertangkap oleh pasukan Daulah Umayyah
dan wafat dalam pengasingan.
Wafatnya Ibrahim bin Muhammad membuat keluarga Bani Abbas semakin
gencar melakukan pemberontakan. Dibantu oleh Abu Muslim Al-Khurasani, Abu
Abbas As-Saffah dan Abu Ja’far Al-Mansyur melakukan penyerangan terhadap
kota-kota penting Daulah Umayyah dan menguasainya. Keadaan ini membuat
Khalifah Marwan bin Muhammad tidak bisa berbuat apa-apa hingga ia terkepung
di kota Damaskus, Syiria. Walaupun ia berhasil melarikan diri ke Yordania dan
Palestina, Khalifah Marwan bin Muhammad tertangkap di kota Fustat, Mesir dan
wafat di sana. Dengan wafatnya Khalifah Marwan bin Muhammad, maka
berakhirlah era pemerintahan Daulah Umayyah.
Dalam masa konflik itu, ada salah seorang keturunan Daulah
Umayyah yaitu Abdurrahman bin Mu’awiyah bin Hisyam bin
Abdul Malik, atau yang lebih dikenal dengan Abdurrahman AdDakhil. Ia berhasil pergi ke Andalusia dan membangun imperium
kekuasaan Daulah Umayyah ke 2.
Gambar ilustrasi 3 : Sumber ganaislamika.com Abdurrahman Ad-Dakhil
(Pendiri Daulah Umayyah 2 di Andalusia/Spanyol).
c. Para Penguasa
Daulah Abbasiyah
Daulah Abbasiyah berkuasa
selama lima setengah abad (132
– 656
H / 750 – 1258 M). Dalam masa
kekuasaannya tersebut ada 37 khalifah
yang pernah memimpin, mereka telah
banyak mengukir prestasi dalam
berbagai bidang seperti, kemajuan di
bidang administrasi pemerintahan,
kemajuan bidang ilmu pengetahuan,
kemajuan bidang politik, kemajuan
bidang militer, kemajuan bidang ekonomi, arsitektur, dan sebagianya.
1. Abul Abbas As-Saffah (Abdullah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin AlAbbas), (750 – 754 M).
2. Abu Ja’far Al-Mansyur (Abdullah bin Muhammad bin Ali bin Abdullah bin
Al-Abbas), (754 – 775 M).
3. Al-Mahdi (Muhammad bin Abu Ja’far Al-Mansyur), (775 – 785 M).
4. Musa Al-Hadi (Musa bin Al-Mahdi bin Al-Mansyur), (785 – 786 M).
5. Harun Ar-Rasyid (Harun bin Al-Mahdi bin Al-Mansyur), (786 – 809 M).
6. Al-Amin (Muhammad bin Harun Ar-Rasyid), (809 – 813 M).
7. Al-Ma’mun (Abdullah bin Harun Ar-Rasyid), (813 – 833 M).
8. Al-Mu’tashim (Muhammad bib Harun Ar-Rasyid), (833 – 842 M).
9. Al Watsiq Billah (Harun bin Al-Mu’tashim bin Ar-Rasyid), (842 – 847 M).
10. Al Mutawakkil ‘Alallah (Ja’far bin Al-Mu’tashim bin Ar-Rasyid), (847 – 861
M).
11. Al-Muntashir Billah (Muhammad bin Al-Mutawakkil bin Al-Mu’tashim), (861
– 862 M).
12. Al-Musta’in (Al-Abbas bin Al-Mutawakkil), (862-866 M).
13. Al-Mu’tazz Billah (Muhammad bin Al-Mutawakkil bin Al-Mu’tashim), (866 –
869 M).
14. Al-Muhtadi Billah (Muhammad Al-Watsiq bin Al-Mu’tashim), (869 – 870 M).
15. Al-Mu’tamad ‘Alallah (Ahmad bin Al-Mutawakkil bin Al-Mu’tashim), (870 –
892 M).
16. Al Mu’tadhid Billah
(Ahmad bin Al
-mUwaffaq Thalhah
bin Al-Mutawakkil
bin Al
-Mu’tashim), (892
– 902 M).
17. Al-Muktafi Billah
(Ali bin Al
-Mu’tadhid), (902
– 908 M).
18. Al Muqtadir Billah (Ja’far bin Al-Mu’tadhid), (908 – 932 M).
19. Al-Qahir Billah (Muhammad bin Al-Mu’tadhid), (932 – 934 M).
20. Ar-Radhi Billah (Muhammad bin Al-Muqtadir bin Al-Mu’tadhid), (934 – 940
M).
21. Al-Muttaqi Lillah (Ibrahim bin Al-Muqtadir bin Al-Mu’tadhid), (940 – 944 M).
22. Al-Mustakfi Billah (Ali bin Al-Mu’tadhid), (944 – 946 M).
23. Al-Muthi’ Lillah (Al-Fadhl bin Al-Muqtadir bin Al-Mu’tadhid), (946 – 974 M).
24. At-Thai’ Lillah (Abdul Karim bin Al-Muthi’ bin Al-Muqtadhid), (974 – 991 M)
25. Al-Qadir Billah (Ahmad bin Ishaq bin Al-Muqtadir), (991 – 1031 M).
26. Al-Qaim Biamirillah (Abdullah bin Al-Qadir Billah), (1031 – 1075 M).
27. Al-Muqtadi Biamirillah (Abdullah bin Muhammad bin Al-Qaim Biamirillah),
(1075 – 1094 M).
28. Al-Mustazhhir Billah (Ahmad bin Al-Muqtadi Biamirillah), (1094 – 1118 M).
29. Al-Mustarsyid Billah (Al-Fadhl bin Al-Mustazhhir Billah), (1118 – 1135 M).
30. Al-Rasyid Billah (Mansyur bin Al-Mustazhhir Billah), (1135 – 1136 M).
e. Keruntuhan Daulah Abbasiyah
Kekhilafahan daulah Abbasiyah tidak dapat lagi mengendalikan dan
mengawasi jalannya roda pemrintahan daerah di wilayah kekuasaan daulah
Abbasiyah sepanjang kawasan Mediterania dengan Asia Tengah.
Akibatnya, muncul disintegrasi antara kekuatan-kekuatan sosial dan
kelompok-kelompok moral. Seiring dengan itu, terjadi kehancuran semangat juang
bangsa Arab, perbudakkan, kehidupan mewah, minum-minuman keras, nyanyinyaian yang rutin dipertunjukan dilingkungan istnana, merupakan faktor lain yang melemahkan semangat juang dan menghasilkan generasi pewaris takhta yang
lemah.
Ada dua faktor penyebab keruntuhan Daulah Abbasiyah, faktor internal dan
faktor eksternal.
1. Faktor internal lebih banyak berperan sebagai penyebab kehancuran Daulah
Abbasiyah diantaranya ;
a. Hubbud Dunya (kecintaan yang berlebihan terhadap kemewahan dunia).
Periode awal Daulah Abbasiyah berkuasa menghasilkan kemakmuran dan
kemewahan hidup di kalangan penguasa. Kondisi ini mendorong generasi
khalifah berikutnya untuk hidup lebih mewah dari khalifah sebelumnya, hal
ini menyebabkan pemborosan uang kas negara.
b. Konflik keluarga Daulah Abbasiyah yang berujung pada perebutan
kekuasaan. Pada periode kedua kekhalifahan Daulah Abbasiyah, perebutan
kekuasaan nampak jelas. Pada periode ini, hanya empat khalifah yang
meninggal secara wajar. Selebihnya para khalifah ada yang meninggal
diracun, dibunuh, dan diturunkan paksa.
c.
Meningkatnya konflik keagamaan.
Konflik antara kelompok Sunni
-Syiah
sejak masa khalifah Ali bin Abi Thalib dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan tidak
pernah selesai hin
gga masa Daulah Abbasiyah.
d. Melemahnya jiwa patriotisme dan Nasionalisme. Daulah Abbasiyah banyak
memperoleh kemakmuran, sehingga mampu membayar tentara asing dari
Turki untuk menjaga keamanan dan pertahanan negara. Persoalan ini
memicu merosotnya jiwa patriotisme dan nasionalisme rakyat Daulah
Abbasiyah.
2. Faktor eksternal ;
Penyerangan tentara Mongol atas Baghdad (ibu kota Daulah Abbasiyah)
yang dipimpin oleh Hulagu Khan pada 1258 M, saat itu Daulah Abbasiyah
dipimpin oleh Al-Mu’tashim Billah. Setelah kota Baghdad hancur dan khalifah
Daulah Abbasiyah terbunuh, berakhirlah kekuasaan Daulah Abbasiyah. Untuk
pertama kalinya dalam sejarah, dunia muslim tanpa khalifah yang namanya
biasa disebut-sebut dalam sholat Jum’at. a. Banyak muncul pemberontakan
Setelah periode kedua, kekhalifahan Daulah Abbasiyah tidak sekuat
para pendahulunya. Kebijakan pemerintahan yang tidak berpihak kepada
rakyat, tingginya pajak yang dibebankan kepada rakyat, mengakibatkan
banyak daerah-daerah yang memberontak dan memisahkan diri dari
pemerintah pusat Daulah Abbasiyah.
b. Dominasi bangsa Turki dan bangsa Persia
Bangsa Turki dan bangsa Persia (Bani Buwaihi) banyak menguasai
pemerintahan dan mempengaruhi kebijakan khalifah. Segala persoalan
terkait jalannya roda pemerintahan dikendalikan oleh bangsa Turki dan
bangsa Persia. Kedudukan khalifah Daulah Abbasiyah benar-benar hanya
sebatas pemerintahan boneka saja.
4. Aktivitasku
Ruang Diskusi
Membentuk
kelompok yang terdiri dari 4
-5 orang di setiap kelompoknya.
Materi eksperimen/percobaa
n yang akan diberikan kepada peserta didik adalah :
No.
MATERI DISKUSI
HASIL DISKUSI
1
Buatlah resume tentang
beberapa faktor pendukung
berdirinya Daulah Abbasiyah.
2
Siapakah the Founding Fathers
(pendiri) Daulah Abbasiyah ?
3
Tuliskan faktor internal dan
eksternal yang menjadi
penyebab keruntuhan Daulah
Abbasiyah !
4
Seandainya kalian gambarkan
proses berdirinya Daulah
Umayyah Abbasiyah dengan
pemahaman kalian, nilai positif
apa yang dapat kalian ambil
dalam kehidupan sehari-hari di
Diskusikan dengan kelompok kalian dengan tertib dan saling menghargai pendapat
temanmu.
Sampaikan hasil diskusi kelompok kalian, sementara kelompok lainnya
mendengarkan dengan seksama.
Setiap kelompok memberikan komentar tentang kelompoknya dengan kelompok
lain.
Beri penilaian kepada kelompok yang paling baik pemaparan dan menjawab
pertanyaan.
B. KEMAJUAN PERADABAN DAN KEBUDAYAAN ISLAM MASA DAULAH
ABBASIYAH
Daulah Abbasiyah yang berkuasa selama lima setengah abad, adalah salah satu
pemerintahan dalam sejarah Islam yang sangat mementingkan usaha perkembangan
peradaban Islam. Telah banyak prestasi yang ditorehkan oleh Daulah Abbasiyah, dari
perluasan wilayah, pengembangan ilmu pengetahuan hingga seni bangunan arsitektur.
a. Pengembangan Ilmu Pengetahuan
Periode awal pemerintahan, Daulah Abbasiyah
memiliki khalifah-khalifah yang memiliki perhatian
besar terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, seperti
; Khalifah Abu Ja’far Al-Mansyur. Dikenal sebagai
seorang khalifah yang cinta ilmu pengetahuan, sehingga
harta dan kekuasaaanya dimanfaatkan untuk
pengembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan. Pada periode inilah landasan bagi perkembangan ilmu pengetahuan disiapkan.
Khalifah Abu Ja’far Al-Mansyur secara langsung meminta kepada para ilmuan untuk
secara serius mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya untuk kemaslahatan
ummat manusia. Kerjasama yang apik antara ilmuan dan pemerintah melahirkan para
ilmuan muslim dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan. Kedokteran, Filsafat, Kimia,
Botani, Astronomi, Matematika, dan lain-lain.
Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ilmu pengetahuan berkembang
dengan pesat, yaitu ;
1. Terjadinya asimilasi budaya, bahasa, pengetahuan antara bangsa Arab dengan
bangsa lainnya.
2. Gerakan penerjemahan berbagai ilmu pengetahuan dari bahasa asalnya ke bahasa
Arab. Gerakan penerjemahan ini berlangsung sejak Khalifah Abu Ja’far AlMansyur hingga Khalifah Harun Ar-Rasyid. Buku-buku klasik Romawi dan
Yunani yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu filsafat, astronomi, farmasi, dan
seni budaya dialihbahasakan dalam bahasa Arab.
3. Pendir
ian pusat studi dan kajian yang diberi nama
Baitul Hikmah. Tempat ini
bukan saja hanya menjadi pusat studi orang
-orang di wilayah Baghdad, tapi hampir
dari seluruh penjuru dunia.
Gambar ilustrasi 6. Suasana Baitul Hikmah. Sumber : mvslim
4. Pembentukan Majelis Munadzarah pada masa Khalifah Abdullah Al-Makmun
menjadi pusat kajian yang mengupas segala persoalan hukum keagamaan. b. Penertiban Administrasi Pemerintahan
Usaha membangun peradaban emas juga terjadi pada bidang administrasi
pemerintahan Daulah Abbasiyah.
Pengangkatan Wazir (Perdana Menteri) yang bertugas membantu khalifah dalam
menjalankan roda pemerintahan. Wazir dibantu oleh beberapa departemen ;
1. Diwanul Kharij ; Departemen Luar Negeri
2. Diwanul Ziman ; Departemen Pengawasan Urusan Negara
3. Diwanul Jundi ; Departemen Pertahanan dan Keamanan
4. Diwanul Akarah ; Departemen Tenaga Kerja dan Pekerjaan Umum
5. Diwanul Rasa’il ; Departemen Pos dan Telekomunikasi.
Pengangkatan Ra’isul Kitabah (Sekretaris Negara) yang memimpin Diwanul
Kitabah (Sekretariat Negara). Dalam menjalankan tugasnya Ra’isul Kitabah
dibantu oleh lima orang Katib (Sekretaris), yaitu :
1. Katib Rasa’il ; sekretaris bidang persuratan
2. Katib Kharraj ; sekretaris bidang perpajakan dan kas negara
3. Katib Jundi ;
sekretaris bidang kemiliteran, pertahanan dan kemanan
4. Katib Qada ;
sekretaris bidang hukum dan perundang
-undangan
5. Katib Syurtah ;
sekretaris bidang kepolisian dan keamanan sipil
Pengangkatan kepala daerah untuk menjaga daerah wilayah kekuasaan Daulah
Abbasiyah yang dipimpin oleh gubernur (Amir). Untuk memudahkan kordinasi
pemerintah pusat dan daerah, di bawah gubernur dibentuk pemerintah desa
(Qaryah) yang dipimpin oleh Syaikhul Qaryah (Kepala Desa).
Pembentukan Mahkamah Agung, yang menangani beberapa bidang hukum,
seperti ;
1. Al-Qadi ; mengadili perkara agama, hakimnya disebut Qadi
2. Al-Hisbah ; mengadili perkara umum, baik pidana maupun perdata, hakimnya
disebut Al-Mustahsib
3. An-Nazar fil Mazalim ; pengadilan tingkat banding setelah dari pengadilan AlQadi atau Al-Hisbah, hakimnya disebut Sahibul Mazalim.
c. Politik dan Militer
Bidang Politik
Dalam bidang politik Daulah Abbasiyah menjalan hubungan persahabatan yang
baik dengan negara-negara lain, diantaranya:1. Menjalin kerjasama politik dengan Raja Frank di sebagian wilayah Andalusia
(Spanyol). Tujuannya adalah, untuk mengantisipasi meluasnya pengaruh Daulah
Umayyah.
Gambar ilustrasi 7 ; luas wilayah kekuasaan Daulah Abbasiyah
Sumber : banjirembun.com
2. Menjalin hubungan dengan Afrikan Barat. Tujuannya adalah, menambah
kekuatan dan keuasaan Abbasiyah di Baghdad, Irak.
Bidang Militer
Daulah Abbasiyah pernah mencapai profesionalisme militer yang terjadi pada
periode pertama dan periode kedua pemerintahannya. Sekitar 100 tahun lamanya
kebijakan politik d
an militer sepenuhnya mandiri ditangan para khalifah Daulah
Abbasiyah, tanpa dipengaruhi oleh bangsa manapun. .
Setidaknya ada empat periode kepemimpinan Daulah Abbasiyah dalam
mewujudkan kemandirian politik dan militer :
1. Periode pertama (750-847 M), kebijakan militer yang diambil pada periode ini
merupakan usaha para khalifah dalam memberikan landasan pemerintahan yang
tangguh dan militer yang kuat.
2. Periode kedua (847-946 M), periode ini kebijakan politik dan militer Daulah
Abbasiyah banyak dipengaruhi oleh orang-orang Turki. Hal ini mengakibatkan
banyak orang Turki yang menduduki posisi penting dalam jabatan militer
Daulah Abbasiyah. Orang-orang Turki yang banyak menduduki posisi penting
itu tidak dapat dikendalikan, mereka mampu mengontrol kekuasaan bahkan
banyak gubernur dan panglima tentara yang menyatakan diri sebagai khalifah.
Dari sini tanda-tanda perpecahan dalam pemerintahan Daulah Abbasiyah mulai
tampak.
3. Periode ketiga (946-1094 M), munculnya kekuatan politik dari Bani Buwaihi
yang beraliran Syiah. Mereka dapat mengontrol pemerintahan Daulah Abbasiyah, bahkan mampu menekan khalifah Abbasiyah saat itu khalifah AlMustakfi. Agar menjadikan Ahmad Buwaihi sebagai Amirul ‘Umara (Panglima
Tentara). Sejak saat itu khalifah Daulah Abbasiyah tidak lagi memiliki
kekuasaan penuh, karena roda pemerintahan dipengaruhi oleh dominasi Bani
Buwaihi.
4. Periode keempat (1094-1258 M), pemerintahan Daulah Abbasiyah di bawah
kendali orang-orang Seljuk dari Turki. Mereka mampu menghilangkan dominasi
Bani Buawaihi yang berkuasa lama dalam pemerintahan Daulah Abbasiyah.
Selama periode inilah, Bani Seljuk berhasil mengambil alih kekuasan dan
jalanya roda pemerintahan dari tangan khalifah. Roda pemerintahan Daulah
Abbasiyah tidak lagi berada di tangan khalifah yang sah, para khalifah Daulah
Abbasiyah hanya diperkenankan mengurusi persoalan-persoalan agama.
Kekhalifahan Daulah Abbasiyah hilang di tahun 1258 M saat tentara Mongol
yang dipimpin Hulagu Khan memorak-porandakan kota Baghdad sebagai pusat
pemerintahan Daulah Abbasiyah.
d. Ekonomi (Perdagangan, Perindustrian dan Pertanian)
Peningkatan taraf hidup masyarakat dalam bidang
ekonomi masa Daulah Abbasiyah sebenarnya telah
dimulai saat Khalifah Abu Ja’far Al-Mansyur berkuasa.
Ia merupakan tokoh utama dari peletak dasar ekonomi
Daulah Abbasiyah, sikap tegas, adil dan bijaksana
membawa Daulah Abbasiyah maju dalam berbagai
bidang.
Gambar ilustrasi 8 : koin emas Abbasiyah
Sumber ; Wikipedia.org
Kemajuan sektor ekonomi Daulah Abbasiyah pada masa ini disebabkan
oleh usaha-usaha para khalifah yang mendorong kemajuan dalam sektor
perdagangan.
Sektor Perdagangan
Perekonomian masyarakat pada masa Daulah Abbasiyah meningkat saat
khalifah Al- Mahdi (775-785 M) memerintah. Hubungan luar negeri Daulah 2. Menjalin hubungan dengan Afrikan Barat. Tujuannya adalah, menambah
kekuatan dan keuasaan Abbasiyah di Baghdad, Irak.
Bidang Militer
Daulah Abbasiyah pernah mencapai profesionalisme militer yang terjadi pada
periode pertama dan periode kedua pemerintahannya. Sekitar 100 tahun lamanya
kebijakan politik d
an militer sepenuhnya mandiri ditangan para khalifah Daulah
Abbasiyah, tanpa dipengaruhi oleh bangsa manapun. .
Setidaknya ada empat periode kepemimpinan Daulah Abbasiyah dalam
mewujudkan kemandirian politik dan militer :
1. Periode pertama (750-847 M), kebijakan militer yang diambil pada periode ini
merupakan usaha para khalifah dalam memberikan landasan pemerintahan yang
tangguh dan militer yang kuat.
2. Periode kedua (847-946 M), periode ini kebijakan politik dan militer Daulah
Abbasiyah banyak dipengaruhi oleh orang-orang Turki. Hal ini mengakibatkan
banyak orang Turki yang menduduki posisi penting dalam jabatan militer
Daulah Abbasiyah. Orang-orang Turki yang banyak menduduki posisi penting
itu tidak dapat dikendalikan, mereka mampu mengontrol kekuasaan bahkan
banyak gubernur dan panglima tentara yang menyatakan diri sebagai khalifah.
Dari sini tanda-tanda perpecahan dalam pemerintahan Daulah Abbasiyah mulai
tampak.
3. Periode ketiga (946-1094 M), munculnya kekuatan politik dari Bani Buwaihi
yang beraliran Syiah. Mereka dapat mengontrol pemerintahan Daulah Abbasiyah, bahkan mampu menekan khalifah Abbasiyah saat itu khalifah AlMustakfi. Agar menjadikan Ahmad Buwaihi sebagai Amirul ‘Umara (Panglima
Tentara). Sejak saat itu khalifah Daulah Abbasiyah tidak lagi memiliki
kekuasaan penuh, karena roda pemerintahan dipengaruhi oleh dominasi Bani
Buwaihi.
4. Periode keempat (1094-1258 M), pemerintahan Daulah Abbasiyah di bawah
kendali orang-orang Seljuk dari Turki. Mereka mampu menghilangkan dominasi
Bani Buawaihi yang berkuasa lama dalam pemerintahan Daulah Abbasiyah.
Selama periode inilah, Bani Seljuk berhasil mengambil alih kekuasan dan
jalanya roda pemerintahan dari tangan khalifah. Roda pemerintahan Daulah
Abbasiyah tidak lagi berada di tangan khalifah yang sah, para khalifah Daulah
Abbasiyah hanya diperkenankan mengurusi persoalan-persoalan agama.
Kekhalifahan Daulah Abbasiyah hilang di tahun 1258 M saat tentara Mongol
yang dipimpin Hulagu Khan memorak-porandakan kota Baghdad sebagai pusat
pemerintahan Daulah Abbasiyah.
d. Ekonomi (Perdagangan, Perindustrian dan Pertanian)
Peningkatan taraf hidup masyarakat dalam bidang
ekonomi masa Daulah Abbasiyah sebenarnya telah
dimulai saat Khalifah Abu Ja’far Al-Mansyur berkuasa.
Ia merupakan tokoh utama dari peletak dasar ekonomi
Daulah Abbasiyah, sikap tegas, adil dan bijaksana
membawa Daulah Abbasiyah maju dalam berbagai
bidang.
Gambar ilustrasi 8 : koin emas Abbasiyah
Sumber ; Wikipedia.org
Kemajuan sektor ekonomi Daulah Abbasiyah pada masa ini disebabkan
oleh usaha-usaha para khalifah yang mendorong kemajuan dalam sektor
perdagangan.
Sektor Perdagangan
Perekonomian masyarakat pada masa Daulah Abbasiyah meningkat saat
khalifah Al- Mahdi (775-785 M) memerintah. Hubungan luar negeri Daulah Abbasiyah dengan kerajaan-kerajaan lain telah membawa peningkatan
kesejahteraan masyarakat dan menambah kas negara.
Kota Basrah menjadi pelabuhan penting, sebagai tempat transit antara
Timur dan Barat,
banyak mendatangkan kekayaan bagi Abbasiyah. Selain itu, ada juga
pelabuhan Damaskus dan dermaga Kuffah. Seiring itu, terjadi peningkatan
pada sektor tambang, pertanian dan industri.
Sektor Perindustrian
Khalifah Daulah Abbasiyah memiliki perhatian yang sangat serius dalam
memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Untuk itu, mereka aktif mendorong
kemajuan sektor perindustrian. Para khalifah menganjurkan masyarakatnya
untuk berlomba-lomba dalam industri dan pengolahan.
Banyak kota dibangun untuk pusat perindustrian. kota Basrah menjadi
pusat industri gelas dan sabun, kota Kuffah merupakan pusat industri tekstil,
industri pakaian dari sutra bersulam ditempatkan di kota Damaskus yang
pusat kerajinan sutranya berada di Khazakstan, dan kota Syam menjadi pusat
industri keramik dan gelas berukir.
Sektor Pertanian
Pembangunan kanal, bendungan,
irigasi dan
terusan diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan
petani yang hasilnya mampu meningkatkan
produktifitas para petani dan kualitas hasil
panennya. Sebagai contoh, pada masa khalifah
Harun Ar-Rasyid, istri khalifah, Ratu Zubaidah
menyaksikan penderitaan rakyat akibat kemarau
panjang dalam kunjungannya ke Makkah dan
Madinah. Atas usulan permaisuri, khalifah
membangun sebuah bendungan dan terusan yang
Gambar Ilustrasi 9 : Khalifah Harun Al-Rasyid.
Sumber : Wikipedia.org
dapat mengalirkan air ke ladang-ladang dan untuk kebutuhan hidup para
petani. Sehingga kehidupan masyarakat di dua kota suci itu sejahtera. Untuk
mengenang jasa Ratu Zubaidah, bendungan itu diberi nama “Bendungan Zubaidah".e. Seni Budaya
Peradaban Islam dalalm bidang seni budaya, sastra mancapai puncak
kejayaannya pada masa Daulah Abbasiyah. Kota Baghdad menjadi kota pusat
studi ilmu, seni dan sastra. Kemajuan ini disebabkan karena proses asimilasi
(pertemuan budaya) antara bangsa Arab dengan bangsa lainnya. Apalagi setelah
kegiatan penerjemahan berbagai macam buku dari Yunani, India, Byzantium, dan
Persia ke dalam bahasa Arab.
Perkembangan peradaban yang dapat diidentifikasi dalam bidang seni budaya
dan sastra seperti :
Seni Arsitektur
Seni arsitektur ini sangat digemari oleh para khalifah. Seni arsitektur ini
sangat berguna untuk keperluan membangun gedung, masjid, istana,
madrasah, dan kantor pemerintahan. khalifah Abbsiyah tidak segan-segan
mendatangkan arsitek-arsitek dari Byzantium, Yunani, Persia, dan India untuk
mendisain bangunan dan mengajarkan seni arsitektur bangunan kepada orang
Abbasiyah.
Bukti dari kemajuan pradaban seni arsitektur pada masa Daulah
Abbasiyah masih dapat ditemukan sampai saat ini dari keindahan gedunggedung istana, masjid, madrasah sebagai
peninggalan Daulah Abbasiyah.
Seni Tata Kota
Seni tata kota dan arsitektur pada masa Daulah Abbasiyah bernilai
sangat tinggi, banyak bangunan dan kota dibangun dengan teknik tata kota
yang berseni tinggi. Diantara kota-kota itu adalah :
Kota Baghdad
Gambar Ilustrasi 10. Sumber : www.amusingplanet.com
Baghdad dibangun tahun 763 M pada masa pemerintahan khalifah Abu
Ja’far Al-Mansyur. Pembangunan kota ini melibatkan 100.000 orang ahli
bangunan, terdiri dari arsitek, tukang batu, tukang kayu, pemahat, pelukis, dan
lain-lain yang didatangkan dari Suriah, Iran, Basrah, Mosul, Kuffah, dan
daerah –daerah yang lainnya. Biaya pembangunan kota ini mencapai
4.833.000 dirham.
Kota Baghdad dibangun berbentuk bundar sehingga disebut kota bundar
(Al-Mudawwarah). Dikelilingi dua lapis tembok besar dan tinggi. Bagian
bawah selebar 50 hasta dan bagian atas 20 hasta, tingginya 90 kaki (27.5 m).
Di luar tembok dibangun parit yang dalam, yang berfungsi ganda sebagai
saluran air dan benteng pertahanan.
Di tengah kota dibangun istana khalifah diberi nama Qashrul Dzahab
(istana emas) yang melambangkan kemegahan dan kejayaan. Di samping
istana, dibangun pula Masjid Jami’ Al-Mansyur.
Kota Samarra
Lima tahun setelah kota Baghdad
mengalami kemajuan Khalifah Al
-
Mu’tash
im Billah (833-842 M) membangun
kota Samarra. Di dalam kota ini terdapat
istana yang indah dan megah, masjid raya,
taman kota dengan bunga-bunga yang indah,
dan alun-alun. Untuk memudahkan
masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya,
dibangun pula pusat-pusat perbelanjaan dan
pusat-pusat pelayanan publik.
Gambar ilustrasi 11. Khalifah Al-Mu’tashim Billah
Sumber : Gana Islamika
Selain pembangunan di kota-kota tersebut, dua kota suci umat Islam
Makkah dan Madinah juga tidak terlepas dari sentuhan seni arsitektur para
penguasaa Daulah Abbasiyah. Terlebih Masjid Al-Haram di Makkah dan
Masjid Nabawi di Madinah. Menurut tradisi, setiap penguasa muslim pada
masanya masing-masing turut ambil bagian dalm renovasi dan
pembangunan dua Masjid suci kebanggaan umat Islam tersebut.
f. Seni Sastra
Dunia sastra mencapai puncak kejayaannya pada
masa Daulah Abbasiyah. Kota Baghdad merupakan
pusatnya para penyair dan sastrawan. Bahkan hampir
seluruh khalifah Abbasiyah menyukai sastra. Berikut
beberapa penyair dan sastrawan yang terkenal saat itu
Abu Athiyah (760 – 841 M)
Abu Nawas (741 – 794 M)
Abu Tamam (w 847 M)
Gambar ilustrasi 12: al Mutanabbi
Sumber ; wikiwand.com
Al-Buhtury (821 – 900 M)
Al-Muntanabbi (961 – 967 M)
Kota Baghdad terkenal dengan kisah yang melegenda di kalangan umat Islam
yaitu cerita tentang 1001 malam (Alfu Lailah Wa Lailah) yang ditulis oleh
Mubasyir ibnu Fathik.
5. Analisaku
Tugas Mandiri
Carilah contoh dari
kemajuan peradaban Islam yang masa ada disekitarmu.
Tulis dan jelaskan cara mengaplikasikan semangat para pemimpin Daulah
Abbasiyah dalam kegiatamu di Madrasah.
Tunjukan bukti pelaksanaan nilai-nilai positif dari sikap para pemimpin Daulah
Abbasiyah di lingkungan rumahmu
No.
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
1
Menunjukan secara tepat contoh kemajuan peradaban
Islam saat ini
0 – 2
2
Menjelaskan secara tepat cara mengaplikasikan semangat
para pemimpin Daulah Abbasiyah di Madrasah
0 – 3
3
Menunjukkan bukti pelaksanaan nilai-nilai positif dari
pemimpin Daulah Abbasiyah di lingkungan rumahmu
0 – 3
4
Keruntutan Bahasa
0 – 2
Skor Maksimum
1
Tugas Portopolio
- Buatlah pohon silsilah khalifah-khalifah Bani Abbasiyah di karton dan tempel di
mading kelas !
- Buatlah peta konsep kemajuan peradaban dan kebudayaan Islam pada masa
Daulah Abbasiyah
6. Refleksiku
a. Refleksi Pemahamanku
Untuk memperdalam pemahamanmu, ayo jawab pertanyaan di bawah ini !
1. Dapatkah kalian memahami tujuan dan manfaat mengetahui sejarah berdiirnya
Daulah Abbasiyah ?
2. Dapatkah kalian menentukan penyebab mundurnya pradaban Islam saat ini ?
3. Menurut pendapat kalian, peran apa saja yang dapat dilakukan oleh seorang
pelajar untuk kemajuan bangsa dan negara saat ini ?
4. Dalam menyikapi semangat perjuangan para khalifah Daulah Abbasiyah, sikap
yang seharusnya diambil oleh seorang pelajar dalam mencari teman adalah ?
Renunganku
Membaca ayat Al-Qur’an dan hadits, cobalah diamalkan dalam kehidupanmu !
هفَبَيْنَقُلُوبِكُمْفَأَصْبَحْتُم وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلَِّللاهِجَمِيعًا وََلَتَفَره قُواۚوَاذْكُرُوا نِعْمَتََّللاهِعَلَيْكُمْإِذْكُنتُمْأَعْدَاءًفَAl-Qur’an Surat Al-Imran (3) : 103
كُمْتَهْتَدُونَ. بِنِعْمَتِهِإِخْوَانًا وَكُنتُمْعَلَىٰشَفَا حُفْرَةٍم ِنَالنهارِفَأَنقَذَكُم م ِنْهَاۗكَذَٰلِكَيُبَي ِنَُّللاهُلَأَل
ه
كُمْآيَاتِهِلَعَل
“Dan berpegangteguhlah kalian pada tali (agama) Allah seraya berjama’ah, dan janganlah kamu bercerai
berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliah) bermusuhan, lalu Allah
mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu)
kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah
menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.”
Imam Ahmad meriwayatkan di dalam Musnadnya dari Abu Sa’id Al-Khudri bahwa
Rasulullah Saw bersabda :
عطاؤه املال حثيا
هل السفاح فيكون ا
خيرج عند انقطاع من الزمان وظهور من الفنت رجل يقال
“Akan muncul penguasa dari kalangan keluargaku pada suatu zaman yang carut marut
dan penuh dengan fitnah. Dia disebut As-Saffah. Dia suka memberi harta dengan jumlah
yang banyak.”
Daulah Abbasiyah berkuasa selama lima setengah abad. Sejak 750 – 1258 M yang
wilayahnya kekuasaannya membentang luas dari Asia Barat, Asia Selatan, Afrika
Utara hingga Eropa. Pada masa inilah peradaban Islam berada pada puncak
kejayaannya, sejarwan menyebutnya sebagai Golden Age (Tahun Keemasan).
Daulah ini disebut Abbasiyah karena pendirinya merupakan keturunan Abbas bin
Abdul Muthalib (paman Nabi Muhammad Saw).
Tokoh utama pendiri Daulah Abbasiyah adalah Ali bin Abdullah, Muhammad bin Ali,
Ibrahim bin Ali, Abu Abbas As-Saffah, Abu Ja’far Al-Mansyur, Abu Muslim AlKhurasani.
Walau pendiri sekaligus khalifah pertama Dauah Abbasiyah adalah Abul Abbas AsSaffah, tetapi pemerintahannya sangat singkat. Usaha pembangunan, pengembangan
dan peletak dasar pemerintahan Daulah Abbasiyah justru dilakukan oleh pelanjutnya,
yaitu khalifah ke dua Abu Ja’far Al-Mansyur.
Keberadaan Daulah Abbasiyah berlangsung selama 550 tahun/lima setengah abad
(132-656 H/750-1258 M). Selama periode itu pola pemerintahan Daulah Abbasiyah
berubah-ubah sesuai dengan perubahan politik, sosial, budaya, dan penguasa.
Dari 37 khalifah Dinasti Bani Abbasiyah, terdapat beberapa orang khalifah yang
terkenal, di antaranya Abu Ja’far Al-Mansur, Harun Ar-Rasyid dan Abdullah AlMakmun.
Al-Mansur merupakan khalifah kedua, merupakan khalifah yang menetapkan dasardasar pemerintahan Daulat Bani Abbas.Masa pemerintahan Abu Ja’far Al-Mansur
merupakan masa awal perkembangan ilmu pengetahuan yang merupakan cikal bakal
perkembangan kejayaan Abbasyiah di masa pemerintahan setelahnya. Kota
Baghdad yang dibangunya menjadi ibu kota Dinasti Abbasiyah dan selain merupakan
pusat perdagangan juga kebudayaan dan ilmu pengtahuan. Baghdad dianggap
sebagai kota terpenting di dunia dan menja
di salah satu pusat peradaban dunia.
Pada masa Khalifah Harun Ar
-Rasyid dan Khalifah Al
-Makmun, peradaban Islam
mencapai masa keemasan. Kebudayaan India dan Yunani juga telah memberi
sumbangan yang berarti bagi perkembangan kebudayaan Islam. Kota-kota
Jundisapur, Harran, dan Iskandariyah adalah pusat-pusat peradaban Yunani sebelum
Islam. Setelah Islam datang tradisi keilmuwan Yunani terjaga bahkan mengalami
perkembangan yang semakin pesat. Beberapa sastrawan dan budayawan yang muncul
pada masa itu adalah Ibnu Maskawaih dan Al-Kindi.
Al-Mansur, Harun Ar-Rasid dan Al-Makmun merupakan masa-masa keemasan
peradaban Islam. Para khalifah agung tersebut dikenal sebagai penguasa adil dan
bijaksana serta memiliki perhatian dan kecintaan yang kuat terhadap ilmu
pengetahuan. Dukungan dan kegigihan mereka dalam pengembangan ilmu
pengetahuan dan pengembangan perdaban Islam tercermin dalam berbagai kebijakanUji Kompetensi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !
1. Apa yang dimaksud dengan Daulah Abbasiyah !
2. Tuliskan khalifah besar daulah Abbasiyah dan jasa-jasanya !
3. Bandingkan keberhasilan para khalifah besar daulah Abbasiyah dalam membawa Islam
pada puncak kejayaan !
4. Sebagai pelajar, keteladanan apa yang dapat diambil dari kemajuan peradaban dan
kebudayaan Islam masa Daulah Abbasiyah ?
5. Di era digital saat ini, bagaimana sikap seorang muslim/muslimah yang bertaqwa
menyikapi kemajuan teknologi informasi ?
Kompetensi Dasar
1.3 Menghayati nilai-nilai Islam dari perjuangan tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban
at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi (ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu
Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa alKhawarizmi (ahli astronomi) dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada
masa Daulah Abbasiyah
1.4 Menghargai karya ulama muslim sebagai khazanah intelektual Islam
2.3 Menjalankan sikap produktif dan inovatif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
2.4 Mengamalkan perilaku semangat belajar dibidang ilmu agama
3.3 Menganalisis tokoh ilmuwan muslim Ali bin Rabban at-Tabari, Ibnu Sina, ar-Razi
(ahli kedokteran), Al-Kindi, Al-Gazali, Ibnu Maskawaih (ahli filsafat), Jabir bin
Hayyan ahli kimia), Muhammad bin Musa al-Khawarizmi (ahli astronomi) dan
perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa Daulah Abbasiyah
3.4 Menganalisis peran ulama penyusun kutubussitah (ahli hadits), empat imam
madzhab (ahli fiqih), Imam At
-Tabari, Ibnu Katsir (ahli tafsir) dan perannya dalam
kemajuan peradab
an Islam pada masa Daulah Abbasiyah
4.3 Mengolah informasi dari biografi dan karya para ilmuwan muslim pada masa Daulah
Abbasiyah
4.4 Mengidentifikasi karakter para tokoh ilmuwan muslim dalam bidang agama pada
masa Daulah Abbasiyah dan menyajikannya dalam bentuk tulisan atau media lain
Indikator
1.3.1 Menunjukan nilai-nilai Islam dari peradaban Islam masa Daulah Abbasiyah.
1.4.1 Mempercayai karya ulama muslim sebagai khazanah intelektual Islam
2.3.1 Menunjukkan prilaku semangat belajar menjalankan sikap produktif dan inovatif
dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
2.4.1 Menjalankan perilaku giat menuntut ilmu dan semangat belajar di bidang ilmu
agama
3.3.1 Menelaah tokoh ilmuan muslim dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam
pada masa Daulah Abbasiyah
3.4.1 Menelaah para ulama dan perannya dalam kemajuan peradaban Islam pada masa
Daulah Abbasiyah
4.3.1 Menampilkan informasi biografi dan karya ilmuan muslim pada masa Daulah
Abbasiyah
4.3.2 Menyusun informasi tokoh ulama dan perannya pada masa Daulah Abbasiyah
PETA KONSEP
NILAI KARAKTER YANG DIKEMBANGKAN
RELIGIUS
SEMANGAT BELAJAR
INOVATIF
LEADERSHIP
CERDAS
MANDIRI
KEJAYAAN
INTELEKTUAL
ILMUAN DAN ULAMA
ISLAM DAULAH
ABBASIYAH
ILMUAN ISLAM
ULAMA
ILMU
KEDOKTERAN
ILMU FILSAFAT
ILMU KIMIA
ILMU
ASTRONOMI
ULAMA HADITS
ULAMA TAFSIR
A. Ilmuan Muslim Masa Daulah Abbasiyah
Semangat para ilmuan muslim untuk mewujudkan ide-ide cemerlang melalui
penemuan, karya-karya ilmiah tergambar dari berkembangnya ilmu pengetahuan pada
masa itu. Kondisi, situasi, dan dukungan penguasa membuat iklim, tradisi dan budaya
ilmiah melaju begitu cepat.
Kegiatan penerjemahan manuskrip-manuskrip kuno, buku-buku, literatur tentang
ilmu pengetahuan yang pada awalnya berbahasa Yunani dan Romawi diterjemahkan
kedalam bahasa Arab.
1. Pengamatanku
Suasana di dalam Baytul Hikmah, tempat
ilmuan berkumpul mengkaji dan meneliti.
Gambar ilustrasi 13.
Sumber : 1001intention
Perhatian serius khalifah Daulah
Abbasiyah terhadap perkembangan
ilmu pengetahuan, memberi
kesempatan luas para ilmuan untuk
berkarya
Gambar ilustrasi 14. Sumber : ganaislamika
Semangat para ulama megkaji dan
melakukan penelitian demi kejayaan
intelektual Islam.
Gambar ilustrasi 15 : para ulama Daulah
Abbasiyah Sumber : ganaislamika.com
Berdasarkan pengamatan pada gambar di atas, tentunya muncul dalam imajinasi
kalian tentang semangat tokoh ilmuan muslim pada masa Daulah Abbasiyah dalam
memajukan ilmu pengetahuan. Mari bertanya tentang ragam kejayaan intelektual yang
dimiliki oleh ilmuan Islam pada masa Daulah Abbasiyah.
No
Pertanyaan
1
Apakah ada ilmuwan Muslim yang ahli di bidang kedokteran?
2
Apakah ada ahli astronomi di antara ilmuwan Muslim?
3
Apakah ilmuwan Muslim mengenal dunia filsafat?
4
Adakah ilmuwan Muslim yang karyanya mempengaruhi kedokteran
di dunia Barat?
5
Bagaimana caranya agar kita bisa menjadi ilmuwan Muslim?
Daulah Abbasiyah yang berkuasa selama lima setengah abad, adalah salah satu
pemerintahan dalam sejarah Islam yang sangat mementingkan usaha pengembangan
intelektual ilmu pengetahuan dan peradaban Islam. Usaha ini mendapat sambutan
yang sangat baik dari para ilmuan. Bentuk usaha pengembangan ilmu pengetahuan itu
di antaranya mencari naskah-naskah yang berisi ilmu pengetahuan dan peradaban
untuk dimiliki kemudian diterjemahkan kedalam bahasa Arab.
Untuk mengetahui peran ilmuan muslim dan peran besar mereka dalam rangka
menciptakan kejayaan intelektual Islam, mari membaca teks-teks wawasanku berikut
a. Ilmuan Bidang Kedokteran
Minat orang Arab terhadap ilmu kedokteran diilhami oleh hadits Nabi
Muhammad Saw yang membagi pengetahuan ke dalam dua kelompok : teologi dan
kedokteran. Para penulis utama bidang kedokteran itu adalah orang Persia yang
menulis dalam bahasa Arab: Ali At-Thabari, Al-Razi, dan Ibnu Sina. Gambar dua
orang di antara mereka, Ar-Razi dan Ibnu Sina, menghiasi ruang besar Fakultas
Kedokteran di Universitas Prancis.
Ali Ibnu Rabban At-Thabari (Dokter Masyhur Abad Klasik)
Ali bin Sahl Rabban At-Thabar lahir tahun 838 M. Pada awalnya seorang
yang beragama Kristen dari Tabaristan, ia masuk Islam dan menjadi dokter
pribadi khalifah Al-Mutawakkil. Ayahnya adalah seorang dokter dan penulis
kaligrafi yang hebat, dan dari ayahnya Ali At-Thabari pertama kali belajar ilmu
kedokteran. Ali At-Thabari wafat tahun 870 M.
Ali At-Thabari tidak hanya ahli dalam bidang ilmu kedokteran, ia juga ahli
astronomi, filsafat, matematika, dan sastra. Ali At-Thabari mahir berbahasa
Arab dan Yunani, beliau juga terkenal sebagai tokoh ilmuan pertama yang
menulis ensiklopedia kesehatan
(Firdaus Al
-Hikmah).
Salah seorang muridnya
yang terkenal adalah Zakaria Ar
-Razi.
Karya
-karya Ali At-Thabari di antaranya :
- Firdaus Al-Hikmah : merupakan ensiklopedia
kesehatan yang memuat di dalamnya tentang
obat-obatan dan cabang ilmu kesehatan. Buku
ini ditulis pada tahun 850 M dan terdiri dari
tujuh jilid.
- Din Ad-Daulah : sebuah kitab membahas
tentang agama dan negara.
- Hifzussihhah : sebuah buku yang menjelaskan cara menjaga kesehatan, dan
masih banyak yang lainnya.
Ar-Razi (Penemu Penyakit Cacar Air dan Darah Tinggi)
Nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad bin Zakariyya Ar-Razi.
Dilahirkan di kota Rayy, Thehran, ibukota Iran. Di Baghdad, dikenal sebagai
kepala dokter di rumah sakit besar yang ia dirikan sendiri.
Ar-Razi juga merupakan penulis paling produktif, semasa hidupnya ia
menulis tidak kurang dari 200 karya ilmiah. Diantaranya adalah : o Al-Hawi (buku yang komprehensif) : buku ini dianggap sebagai karya utama
Ar-Razi dalam bidang kedokteran, yang pertama kali diterjemahkan ke
bahasa Latin oleh seorang dokter Yahudi Sisilia, Faraj bin Salim pada 1279
M.
o Al-Judari wal Hasbah : buku ini membahasa tentang penyakit cacar air,
campa, dan bisul serta dipandang sebagai mahkota dalam literatur ilmu
kedokteran. Buku ini pertama kali diterjemahkan ke dalam bahasa Latin di
Vanesia pada tahun 1565 M.
Karya-karya besar Ar-Razi menjadi rujukan utama bagi pengembangan
ilmu kedokteran di masa-masa mendatang. Buku-buku karya Ar-Razi banyak
dijumpai di perpustakaan universitas di Eropa, dan digunakan sebagai buku
rujukan untuk dunia kedokteran di Barat.
Masih banyak lagi karya-karya besar Ar-Razi yang sangat berarti bagi
perkembangan ilmu kedokteran, di antaranya adalah :
- Small-pox (penyakit cacar). Ia merupakan sarjana Islam pertama yang
meneliti penyakit
ini. Ia lah yang membagi penyakit ini menjadi dua bagian;
cacar air (
variola
) dan cacar merah (
vougella
). Penemuan ini melambungkan
namanya dalam dunia kedokteran.
- Air Raksa (Hg).
Salah satu penemuan Ar
-Razi yang sangat berguna dalam
dunia medis.
- Diagnosa Hypertensi. Ar-Razi adalah seorang dokter yang pertama kali
melakukan diagnosis terhadap hypertensi (darah tinggi). Metode
pengobatannya tergolong khas, yaitu dengan pemanasan syaraf. Ia juga
melakukan pengobatan mirip cara akupuntur yang sudah amat populer saat
ini.
Ibnu Sina (di Barat dikenal dengan nama Aveciena).
Nama lengkapnya Abu Ali Al-Husayn bin Abdullah bin Ali bin Sina.
Orang Arab memberinya gelar Syaikhurrais (pemimpin orang terpelajar). Lahir
pada tahun 980 M, dan wafat tahun 1037 M. dianugrahi dengan kemampuan
luar biasa untuk menyerap dan memelihara pengetahuan, sarjana Islam dari
Persia ini membaca buku-buku di perpustakaan besar milik raja dan pada usia 21 tahun menulis buku.
Sebagai dokter, Ibnu Sina lebih suka tindakan preventif daripada kuratif
dan selalu menguatkan aspek rohani dan jasmani pasien dalam pengobatannya.
Dalam pandangannya,
makanan, minuman,
temperatur, polusi udara,
limbah, keseimbangan
pikiran dan gerak tubuh
mempunyai pengaruh
terhadap kesehatan
manusia. Semua yang dikatakan Ibnu Sina terbukti dan menjadi masalah utama
atas kesehatan manusia saat ini.
Karya-karya Ibnu Sina dalam bidang ilmu kedokteran antara lain :
- Al-Qanun Fi Thibb : yang artinya “dasar-dasar ilmu kedokteran”. Buku ini
berabad-abad telah menjadi buku yang menguasai dunia pengobatan di Eropa
dan menjadi buku sumber kedokteran di Prancis. Di dalam buku ini
Gambar ilustrasi 15 ; Ibnu Sina (Aveciena). Sumber : Gana Islamika
menjelaskan tentang pembengkakan pada paru
-paru dan mengenali potensi
penularan wabah penyakit saluran pernafasan, asma dan TBC melalui
pernafasan dan penyebaran berbagai penyakit melalui udara dan air. Obat
-
obatan yang disebut dalam buku ini tidak kurang dari 760 macam obat untuk
beragam penyakit.
- As-Syifa : berisi tentang cara pengobatan, termasuk tentang pengobatan
penyakit syaraf.
b. Ilmuan Filsafat Islam
Filsafat (falsafah) merupakan pengetahuan tentang kebenaran yang dipahami
oleh akal manusia. Mari kita mengenal tokoh-tokoh ilmuan filsafat Islam berikut Al-Kindi (Filusuf muslim pertama)
Al-Kindi atau yang bernama lengkap Abu Yusuf Ya’qub bin Ishaq bin
Sabah Al-Kindi, seorang putra Gubernur yang lahir di Kuffah sekitar tahun
801 M lalu menetap dan meninggal di Baghdad, Irak pada tahun 873 M. Di
barat ia dikenal dengan nama Al-Kindus. Ia hidup pada masa pemerintahan
khalifah Al-Amin, Al-Ma’mun, Al-Mu’tashim, Al-Watsiq, dan AlMutawakkil. Karena merupakan keturunan asli Arab, maka ia memperoleh
gelar “Filusuf Arab”, dan ia memang merupakan representasi pertama dan
terakhir dari seorang murid Aristoteles (Filusuf Yunani) di dunia timur yang
murni keturunan Arab.
Al-Kindi lebih dari seorang filusuf, ia ahli perbintangan, kimia, ahli mata,
dan musik. Tidak kurang dari 361 buah karya ilmiah ditulisnya. Namun
sayangnya kebanyakan dari karya-karnya itu tidak bisa ditemukan. Diantara
karya filsafatnya adalah “Risalah fi Madkhal al-Mantiq bil Istifa al-Qaul Fih”
sebuah pengantar lengkap logika.
Lewat karyanya Al-Kindi berusaha menjelaskan hubungan agama denga
n
filsafat, ia mengatakan antara filsafat dengan agama tidak ada pertentangan
dan tidak perlu dipertentangkan, karena keduanya sama
-sama mencari
kebenaran. Titik temu pada kebenaran inilah yang kemudian menyebabkan
banyak ilmuan muslim dan lainnya mengkaji pemikiran filsafat YunaniRomawi sehingga filsafat menjadi salah satu hasi dan bentuk pemikiran
ilmuan muslim yang cemerlang.
Al-Ghazali (Hujjatul Islam)
Imam Ghazali memiliki nama
lengkap Abu Hamid bin
Muhammad bin Muhammad AlGhazali At-Tusi, bergelar Hujjatul
Islam yang artinya orang yang
memiliki kewenangan/otoritas
atas Islam. Di lahirkan di Thusi,
Khurasan pada tahun 1059 M dan wafat tahun 1111 M. Guru Imam Ghazali
adalah Al-Imam Haramain Al-Juwaini, seorang ulama besar dan mengajar di
Madrasah An-Nidzamiyah, Baghdad, Iraq.
Imam Ghazali memiliki karakter tekun, rajin, teliti, dan cerdas sehingga
banyak disiplin ilmu yang dikuasainya. Di antaranya seperti, ilmu kalam,
fiqih, teologi, filsafat, kimia, matematika dan lain sebagainya.
Imam Ghazali berhasil menulis sekitar dua ratus kitab. Di antara karyanya
yang masyhur adalah :
- Tahafutut Falasifah (kerancuan filsafat) : sebuah kitab yang membahas
tentang filsafat Islam
- Ihya ‘Ulumiddin : kitab tasawuf yang membahas tentang kaidah dan prinsip
dalam menyucikan jiwa yang membahas tentang penyakit hati, pengobatannya
dan mendidik hati. Kitab ini merupakan karya yang paling terkenal dari Imam
Ghazali.
Ibnu Maskawaih
Memiliki nama lengkap Abu Ali Ahmad ibnu Muhammad ibnu
Maskawaih. Lahir di Iran pada tahun 932 M dan wafat tahun 1030 M. Ibnu
Maskawaih merupakan sosok ilmuan muslim bidang ilmu filsafat akhlaq.
Menurutnya, akhlaq adalah keadaan jiwa seseorang yang mendorongnya
melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan pemikiran
terlebih dahulu.
Selama hidupnya Ibnu Maskawaih banyak
menghasilkan karya tulis yang sangat luar biasa dan
mempengaruhi perkembangan ilmu filsafat di
kemudian hari. Di antara karya-karnya adalah :
Tahzibul Akhlaq Wa Tathirul ‘A’raq : menjelaskan
tantang cara untuk meraih akhlaq yang stabil dan perilaku yang lurus.Tartib as Sa’adah : menjelaskan tentang politik dan akhlaq
Jawidan Khirad : kumpulan syair-syair mutiara dan bijak.
c. Ilmuan Kimia
Setelah ilmu kedokteran, filsafat, astronomi, dan matematika, ilmuan muslim
dalam bidang kimia memberikan peran besarnya terhadap pradaban Islam masa
Daulah Abbasiyah. Adalah Jabir bin Hayyan, dikenal sebagai Bapak kimia muslim
pertama. Dunia barat menyebutnya dengan Geber.
Jabir bin Hayyan bin Abdullah Kufi,
dilahirkan di desa Thus-Khurasan kemudian
menetap di Kuffah sekitar tahun 776 M. Ia
merupakan tokoh besar dalam bidang ilmu
kimia pada abad pertengahan. Dalam
beberapa riwayat Jabir bin Hayyan pernah
Gambar ilustrasi 18. Jabir bin Hayyan.
Sumber : moslemobsession.com
menimba ilmu kepada putera mahkota Daulah Umayyah Khalid bin Yazid bin
Muawwiyah dan Imam Ja’far As-Shadiq.
Penguasaannya terhadap ilmu kimia membawanya menjadi seorang ahli kimia
yang termasyhur di zamannya. Pendapatnya yang terkenal dalam presfektif
keilmiahannya adalah bahwa logam biasa seperti seng, besi, dan tembaga dapat
diubah menjadi emas, atau perak dengan formula misterius, yang untuk
mengetahuinya ia telah banyak menghabiskan waktu. Jabir bin Hayyan juga
menggambarkan secara ilmiah dua operasi utama kimia: kalnikasi dan reduksi
kimiawi. Ia memperbaiki beberapa motode penguapan, sublimasi, peleburan, dan
kristalisasi.
Buku-buku yang menggambarkan kecerdasan dan penguasaanya terhadap
ilmu kimia seperti :
- Ar-Rahmah : buku cinta
- Al-Tajmi : buku tentang konsentrasi
- Al-Zibaq Al-Sayrqi : Air Raksa Timur
d. Ilmuan Astronomi
Di lahirkan di Khawarizm, Uzbekistan pada tahun
780 M dengan nama lengkap Muhammad bin Musa AKhawarizmi yang kemudian lebih dikenal dengan Al-Khawarizmi. Ia hidup masa
pemerintahan khalifah Abdullah Al-Ma’mun, sosok khalifah Daulah Abbasiyah
yang mencintai dan mencurahkan perhatiannya terhadap pengembangan ilmu
pengetahuan.
Al-Khawarizmi adalah tokoh utama dalam kajian matematika Arab dan
observer bidang astronomi. Sebagai seorang pemikir Islam terbesar, ia telah
mempengaruhi pemikiran dalam bidang matematika melampaui pemikiran ilmuan
Abad Pertengahan lainnya.
Peran Al-Khawarizmi terhadap pengembangan ilmu astronomi dan matematika
sangatlah besar. Ia telah menyusun tabel astronomi tertua, ia juga menulis karya tertua
tentang aritmatika dan tentang aljabar. Karya aljabarnya itu disebut Al-Mukhtasar Fil
Hisab Al-Jabar wal Muqabalah.
Kitab ini memuat tentang :
- Cara menghitung melalui penjajagan dan jawaban palsu (rules of false
position/regular-fast).
- Pengetahuan matematika yang kemudian disebut barisan Fibonacci, yaitu : 1, 2,
3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144...dan seterusnya. Dengan pola bilangan ini
nantinya akan diperoleh suatu segitiga pascal, dengan penjumlahan bilangan
menurut garis lurus.
2. Aktivitasku
a. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk mengerjakan uji kompetensi
dengan menjawab pertanyaan berikut ini.
1. Apa pengaruh ilmuan dalam mensejahterakan kehidupan bangsa !
2. Tuliskan peran besar ilmuan muslim bidang kedokteran lewat karya-karyanya
yang mendunia !
3. Tuliskan karya Jabir bin Hayyan dalam dua metode operasi kimiawi yang
diciptakannya !
4. Tuliskan kiprah Al-Khawarizmi dalam bidang ilmu astronomi !
5. Terangkan tiga perilaku seorang pelajar yang meneladani kegigihan ilmuanilmuan muslim pada masa Daulah Abbasiyah !
B. Para Ulama Daulah Abbasiyah Yang Mendunia
Ilmu pengetahuan paling penting yang muncul dari aktivitas-aktivitas intelektual
bangsa Arab dan umat Islam yang lahir karena motif keagamaan adalah teologi, hadits,
fiqih, filologi, dan linguistik. Pengembangan ilmu agama pada masa Daulah Abbasiyah
juga dikuti munculnya para ulama yang mumpuni dan produktif banyak menghasilkan
karya ilmiah.
1. Ulama Hadits (Muhadditsin)
Para ulama yang mengembangkan ilmu hadits pada zaman Daulah Abbasiyah
sangat banyak, yang paling menonjol diantara mereka ada enam. Mereka merupakan
pakar hadits yang telah melakukan seleksi ketat terhadap hadits-hadits Nabi
Muhammad Saw. tujuan dari penyelesian tersebut adalah untuk mengetahui sumber
hukum yang benar.
Karya-karya dari enam ulama hadits itu disebut dengan Kutubussittah. Para ulama
hadits tersebut adalah :
a. Imam Bukhori (194-256 H/810-870 M)
Nama lengkapnya Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin
Muqirah Al-Ja’fi bin Bardizbah Al-Bukhari, lahir bulan Syawal 194 H di Bukhara,
Uzbekistan, Asia tengah sehingga dikenal dengan panggilan ‘Al-Bukhari’.
Imam Bukhari dididik dalam keluarga ulama yang taat beragama. Dalam kitab atsTsiqat, Ibnu Hiban menulis bahwa ayah
Bukhari dikenal sebagai seorang yang wara’,
seorang ulama bermazhab Maliki dan murid
dari Imam Malik, ulama besar dan ahli fiqih.
Ia wafat ketika Bukhari masih kecil.
Imam Bukhari sudah melakukan
pengembaraan menuntut ilmu sejak berusia
sepuluh tahun. Ia pergi ke Balkh, Naisabur,
Rayy, Baghdad, Bashrah, Kufah, Mekkah
Mesir, dan Syam.
Imam Bukhari berguru pada Syekh Ad
-
Dakhili. Ulama ahli Hadist yang mashur di
Bukhara. Pada usia 16 tahun
ia mengunjungi kota suci Makkah dan M
adinah untuk
mengikuti kuliah dari para guru besar Hadist. Pada usia 18 tahun dia sudah hafal
karya Mubarak dan Waki’ bin Jarrah bin Malik. Bersama gurunya Syekh Ishaq,
menghimpun Hadist-Hadist shahih dalam satu kitab. Dari satu juta Hadist yang
diriwayatkan 80.000 Rawi disaring menjadi 7.275 Hadist.
Untuk mengumpulkan dan menyeleksi Hadist Sahih, Imam Bukahri
menghabiskan waktu selama 16 tahun mengunjungi berbagai kota untuk menemui
para Rawi Hadist. Diantara kota-kota yang disinggahinya antara lain Basrah, Mesir,
Hijaz (Mekkah, Madinah), Kufah, Baqhdad sampai Asia Barat.
Di antara ulama Hadist yang yang termasuk guru Imam Bukahri adalah Alibin al-Madani, Ahmad bin Hambal, Yahya bin Ma’in, Makki bin Ibrahim al-Bakhi,
dan Muhammad bin Yusuf Al-Baikandhi. Selain itu, banyak ahli Hadist yang
berguru kepadanya, diantaranya Syekh Abu Zahrah, Abu Hatim Tirmidzi,
Muhammad Ibnu Nazr, dan Imam Muslim.
Imam Bukhari merupakan ulama Hadist yang banyak menulis kitab-kitab
Hadist. Kitab-kitabnya menjadi rujukan bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sebagian diantara karya-karya adalah: Sahih Bukhari, al-Adab alMufrad, adh-Dhuafa ash-Shqhir, at- Tarikh as- Shaghir, at- Tharikh al- Aushat. Atthrikh al- Kabir, at-Tafsir al-Kabir, al-Ilal, Raful yadain fi as-Salah, Birrul alWalidain, ad-Dhuafa, al-hibah. Diantara karya-karya tersebut yang termashur
adalah al-Jami’ al-Musnad ash-Sahih al- Mukhtasar min Umur Rasul Allah was
Sunanih wa Ayyamih.
Imam al-Bukhari wafat pada malam Idul Fitri tahun 256 H dalam usia 62
tahun. Jenazahnya dikuburkan di Khartank, sebuah desa di Samarkand.
b. Imam Muslim (204-261 H/810-870 M)
Nama lengkapnya Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim bin
Kausyaz Al-Qusyairi An- Naisaburi, dilahirkan di Naisabur pada tahun 204 H/810
M. Naisabur, saat itu termasuk wilayah Rusia, yang dalam sejarah Islam dikenal
dengan sebutan Maa Wara’a an Nahr, daerah-daerah yang terletak di belakang
Sungai Jihun di Uzbekistan, Asia Tengah.
Naisabur pernah menjadi pusat pemerinta
han dan
perdagangan kurang lebih 150 tahun pada masa
Dinasti Samanid. Bahkan, kota Naisabur dikenal juga
saat itu sebagai salah satu kota ilmu, tempat
berkumpulnya ulama besar dan pusat peradaban di
kawasan Asia Tengah.
Imam Muslim sangat menyukai ilmu Hadist.
Kecerdasan dan ketajaman hafalannya sudah
ditunjukkan sejak kecil. Pada usia 10 tahun, sering
datang berguru kepada Imam Ad Dakhili, seorang ahli
hadits di kotanya. Setahun kemudian, Muslim mulai
menghafal Hadist dan berani mengoreksi kekeliruan gurunya ketika salah dalam
periwayatan Hadist. Kecintaannya kepada ilmu Hadist menjadikannya pngembara
ke berbagai tempat dan untuk mendapatkan silsilah yang benar sebuah Hadist.
Imam Muslim banyak menulis kitab-kitab Hadist, diantaranya yang termashur
adalah, al-Jami’ ash-Sahih atau dikenal sebagai Shahih Muslim, al-Musnad alKabir , al-Asmah Wal-kun,al-Ilal, al-Qaran, Sualat Ahmad bin Hambal, al-intifa’
bi Uhubis-Siba’, Al-Muhadramain, Man laisa lahu Illa Rawin Wahid, kitab
Auladish-shaba , dan kitab Auham al-Muhaddisin. Selain itu, yang paling mashuradalah ash-Sahih, yang judul lengkapanya adalah al-Musnad as-Shahih alMukhtashar Min as-Sunan bin Naql al-Adl’an Rasul Allah, berisi 3,033 Hadist.
Beliau wafat pada hari Ahad sore, dimakamkan di Nasr Abad, salah satu
daerah di luar Nisabur, pada hari Senin, 25 Rajab 261 H/5 Mei 875 M, dalam usia
55 tahun.
c. Imam Abu Daud (202-275 H/817-889 M)
Nama lengkapnya, Sulaiman bin Al-Asy’as bin Ishaq bin Basyir bin Syidad
bin ‘Amr Al-Azdi As-Sijistani, dilahirkan pada tahun 202 H/817 M di Sijistan.
Sejak kecil, Abu Dawud sudah mencintai ilmu dan para ulama. Belum cukup
dewasa, sudah mengunjungi dan mengelilingi berbagai negeri seperti Hijaz, Syam,
Mesir, Irak, Jazirah, Sagar, Khurasan dan negeri-negeri lain, untuk belajar Hadist
dari para ulama. Hadist-Hadist yang diperolehnya disaring dan hasil
penyaringannya dibukukan dalam kitab As-Sunan.
Abu Dawud mengunjungi Baghdad berkali-kali untuk
mengajarkan Hadist dan fiqh kepada penduduk dengan
menggunakan k
itab Sunan sebagai pegangannya. Kitab
Sunan karyanya itu dipuji oleh Ahmad bin Hanbal, ulama
fiqh termasyhur dalam empat Imam Madzhab.
Kemudian Abu Dawud menetap di Basrah atas
permintaan gubernur setempat yang menghendaki supaya
Basrah menjadi pusat bagi para ilmuwan dan peminat Hadist.
Para ulama yang menjadi guru Imam Abu Dawud sangat banyak jumlahnya,
diantaranya Ahmad bin Hanbal, Al-Qa’nabi, Abu ‘Amr Ad-Darir, Muslim bin
Ibrahim, Abdullah bin Raja’, Abu’l Walid At-Tayalisi dan lain-lain. Sebahagian
dari gurunya ada yang menjadi guru Imam Bukhari dan Imam Muslim, seperti
Ahmad bin Hanbal, Usman bin Abi Syaibah dan Qutaibah bin Sa’id. Adapun para
ulama yang menjadi muridnya atau mengambil ilmunya, antara lain Abu ‘Isa AtTirmidzi, Abu Abdur Rahman An-Nasa’i, putranya sendiri Abu Bakar bin Abu
Dawud, Abu Awanah, Abu Sa’id al-A’rabi, Abu Ali al-Lu’lu’i, Abu Bakar bin
Dassah, Abu Salim Muhammad bin Sa’id al-Jaldawi dan lain-lain.
Abu Dawud adalah salah seorang ulama besar yang prilakunya wara’, saleh
dan bijksana. Sifat-sifat mulianya diungkapkan oleh sebahagian ulama dengan menyatakan
Abu Dawud menyerupai Ahmad bin Hanbal dalam perilakunya, ketenangan jiwa
dan kebagusan pandangannya serta keperibadiannya. Ahmad dalam sifat-sifat ini
menyerupai Waki’, Waki menyerupai Sufyan as-Sauri, Sufyan menyerupai Mansur,
Mansur menyerupai Ibrahim An-Nakha’i, Ibrahim menyerupai ‘Alqamah dan ia
menyerupai Ibnu Mas’ud. Sedangkan Ibnu Mas’ud sendiri menyerupai Nabi SAW
dalam sifat-sifat tersebut.”
Imam Abu Dawud menulis
banyak kitab Hadist, antara lain:
Kitab As-Sunnan (Sunan Abu
Dawud), Kitab Al-Marasil. Kitab AlQadar, An-Nasikh wal-Mansukh,
Fada’il al-A’mal, Kitab Az-Zuhd.
Dala’il an-Nubuwah, Ibtida’ al-Wahyu, Ahbar al-Khawarij. Kitabnya yang banyak
dikenal di kalangan umat muslim Indonesia adalah Kitab As-Sunan Abu Dawud.
Abu Dawud meninggal di Basrah pada tanggal 16 Syawwal 275 H/889 M.
d. Imam At
-Tirmidzi (209
-
279 H/824
-
892 M)
Imam Tirmidzi banyak mengarang kitab diantaranya,
Kitab Alilal, Kitab Asma
Ash-Shahabah, Kitab Al
-
Asma’ Al
-Kuna
, dan yang terkenal adalah
Kitab As
-Sunan.
Dalam bab Hadist Hasan disebutkan
bahwa Sunan At
-Tirmidzi adalah induk Hadist
Hasan. Dalam kitab tersebut ada empat bagian: pertama bagian yang dipastikan
kesahihannya, kedua bagian yang mencapai syarat, Abu Daud dan An-Nasai’, ketiga
bagian yang jelas illatnya, keempat dalam hal yang ia terangkan dalam katanya
sendiri. ‘’Yang kutakhrijkan dalam kitabku ini adalah Hadist yang telah diamalkan
oleh sebagian ulama’’.
Diantara keistimewaan kitab As-Sunan adalah yang diisyaratkan oleh Abdullah
bin Muhammd Al-Anshari dengan ucapan beliau: ‘kitab At-Tirmidzi bagiku lebih
terang dari pada kitab Al-Bukhari dan Muslim’. Kitab At-Tirmidzi menurutnya
bisa dicapai oleh setiap orang, baik ahli fiqih ahli Hadist atau ahli yang lainnya.
Setelah menjalani perjalanan panjang untuk belajar, mencatat, berdiskusi,
bertukar pikiran dan mengarang pada ahir hidupnya dia menderita penyakit buta,
beberapa tahun lamanya. Dalam keadaan seperti inilah Imam At-Tirmidzi kemudian
meninggal. Ia wafat di Tirmidzi pada malam Senin, 13 Rajab tahun 279 H/8 okt 872 usia 70 tahun.e. Imam An-Nasa’i (215-303 H/839-915)
Nama lengkapnya Abu Abdurrahman bin Syu’aib bin Ali Ibnu Abi Bakar Ibnu
Sinan an-Nasai, lahir pada tahun 215 H. Dikenal dengan nama Nasa’i dinisbatkan
dengan kota Nasa’i , salah satu kota di Khurasan. Imam Nasi’i menerima Hadist
dari Sa’id, Ishaq bin Rahawahih dan ulama-ulama lain dari tokoh Hadist di
Khurasan, Hijaz, Irak, Mesir, Syam dan Jazirah Arab.
Imam Nasa’i terkenal karena ketinggian sanad Hadistnya. Kitab Sunan AnNasa’i mengandung lebih sedikit Hadist Dhaifnya, setelah Hadist Sahih Bukhari
dan Shahih Muslim. Diantara para gurunya adalah Qutaibah bin Sa’id, Ishaq bin
Ibrahim, Ishaq bin Rahawaih Al-Harist bin Miskin, Ali bin Kasyram, Imam Abu
Daud, dan Imam Abu Isa At-Tirmidzi. Adapun ulama-ulama yang pernah berguru
kepadanya diantaranya: Abu Al-Qasim At-Tabarani (pengarang kitab Mu’jam),
Abu Ja’far At-Thahawi, Al-Hasan bin Al-Khadir As-Suyuti, Muhammad bin
Muawiyah bin Al-Ahamr An-Dalusi, Abu Naashr Al-Dalaby, dan Abu Bakar bin
Ahmad As-Sunni.
Kitab
-kitab Hadist karya Iman An
-
Nasa’i diantaranya:
As
-Sunan
alKubra
yang
dikenal dengan
Sunan An-Nasa’i, As
-
Sunan al-Mujtab
a, Kitab at
-
Tamyiz,
Kitab
Adh-Dhu’afa, Khasa’is Ali, Musnad Ali, Musnad Malik
dan
Manasik al
-
Hajji .
Imam An-Nasa’i wafat pada tahun 303 H/915 M dan dimakamkan di Bait AlMaqdis, Palestina.
f. Imam Ibnu Majah (209-273 H/824-887 M)
Nama lengkapnya Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Majah Ar-Rabi’i
Al-Qazwini. Lebih akrab dipanggil Ibnu Majah. Ibnu Majah terkenal kejujuran dan
akhlak mulianya. Dilahirkan di Qazwin, Irak pada 209 H/824 M. Sebutan Majah
dinisbahkan kepada ayahnya, Yazid, yang juga dikenal dengan nama Majah Maula
Rab’at. Ibnu Majah mulai belajar sejak usia remaja dan menekuni bidang ilmu
Hadis pada usia 15 tahun kepada seorang guru ternama Ali bin Muhammad AtTanafasi.
Bakat dan minatnya di bidang Hadis makin besar. Hal inilah yang membuat
Ibnu Majah berkelana ke beberapa daerah dan negara guna mencari,
mengumpulkan, dan menulis Hadist. Puluhan negeri telah ia kunjungi, antara lain
Rayy (Teheran), Basra, Kufah, Baghdad, Khurasan, Suriah, Mesir dan Hijaz. Ia
menerima Hadist dari para ulama Hadist di tempat-tempat yang dikunjunginya diantaranya dari Abu Bakar bin Abi Syaibah, Muhammad bin Abdullah bin
Numayr, Hisyam bin Ammar, Ahmad bin Al-Azhar, Basyar bin Adam, dan para
pengikut perawi dan ahli Hadis, Imam Malik serta Al-Lays.Juga dari Ishaq bin
Muhammad, Ali bin Ibrahim bin Salamah Al-Qattan, Ahmad bin Ibrahim, dan
sebagainya.
Melalui pertemuannya dengan berbagai ulama Hadist di berbagai tempat inilah,
Ibnu Majah dapat menghimpun dan menulis puluhan bahkan ratusan Hadis dari
sumber-sumber yang dipercaya kesahihannya.
Sepanjang hayatnya, Imam Ibnu Majah telah menulis puluhan buku, baik dalam
bidang Hadist, sejarah, fikih, maupun tafsir. Di bidang tafsir, antara lain menulis
Tafsir Al-Qur’anul Karim. Di bidang sejarah, At-Tariikh, yang memuat biografi
para perawi Hadist sejak awal hingga ke masanya. Adapun karyanya yang paling
monumental dan populer di kalangan Muslim dan literatur klasik adalah kitab di
bidang Hadist berjudul Kitab Sunan Ibnu Majah. Menurut Muhammad Fuad Abdul
Baqi, penulis buku Mu’jam Al-Mufahras li Alfaz Alquran (Indeks Alquran), jumlah
Hadist dalam kitab Sunan Ibnu Majah berjumlah 4.241 buah Hadis.
Kontribusinya di bidang ilmu
-ilmu Islam itu, khususnya bidang ilmu Hadis,
banyak mendapat pujian dari para ulama besar lainny
a. Abu Ya’la Al
-Khalili AlQazwini mengatakan, “
Ibnu Majah adalah seorang yang terpercaya, yang
disepakati tentang kejujurannya, dapat dijadikan pdoman pendapat-pendapatnya.
Ia mempunyai pengetahuan luas dan banyak menghafal Hadist’. Begitu juga Ibnu
Katsir, ulama Tafsir termasyhur mengatakan dalam kitabnya, Al-Bidayah:
“Muhammad bin Yazid (Ibnu Majah) adalah pengarang kitab sunan yang masyhur.
Kitabnya itu merupakan bukti atas amal dan ilmunya, keluasan pengetahuan dan
pandangannya, serta kredibilitas dan loyalitasnya kepada Hadis dan usul serta
furu’.”
Ibnu Majah meninggal pada tanggal 22 Ramadhan 273 H/887 M, di tanah
kelahirannya, Qazwin, Irak.
2. Ulama Fiqih (Fuqaha)
Pada masa Daulah Abbasiyah perkembangan ilmu fiqih cukup baik, seiring
dengan munculnya ulama-ulama mujtahid yang berperan besar dalam menetapkan
hukum-hukum Islam. Hasil ijtihad itu kemudian dijadikan sebagai pedoman umat
Islam dalam menentukan hukum terhadap sebuah persoalan agama.
sesudahnya seperti Malik bin Anas, Imam Syafi’i, Abu Dawud, Bukhari,
Muslim dan lainnya.
Madzab Hanafi dan fatwa-fatwanya disebarluaskan oleh murid-muridnya
sehingga tersebar luas dan dikenal sebagai salah satu madzab yang empat. Di
antara muridnya yang terkenal adalah Muhammad bin Al-Hassan Al-Shaibani,
guru dari Imam Syafi’i.
Karya-karya yang ditinggalkan oleh Imam Hanafi diantaranya Fiqh
Akhbar, Al ‘Alim Walmutam dan Musnad Fiqh Akhbar. Dalam menetapkan
hukum, Imam Hanafi menggunakan metode berdasarkan Al Quran, Sunnah
Rasul, Fatwa sahabat, Istihsan, Ijma’ dan ‘Urf.
b. Imam Malik bin Anas (Mufti Madinah, Pendiri Madzhab Maliki)
Nama lengkapnya Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr bin AlHaris bin Ghaiman bin Jutsail bin Amr bin Al
-Haris D
zi Ashbah, dilahirkan di
Madinah al Munawwaroh pada tahun 93 H (
93-179 H/712
-
795 M).
Imam Malik menerima Hadist dari 900 orang (guru), 300 dari golongan
Tabi’in dan 600 dari Tabi’ut tabi’in. Imam Malik belajar di Madinah dan menulis
kitab Al-Muwatta, yang disusun selama 40 tahun, dan telah ditunjukan kepada 70
ahli Fiqh di kota Madinah. Kitab Al Muwaththa’ berisi 100.000 hadits, yang
diriwayatkan oleh lebih dari seribu orang dan yang paling masyhur adalah riwayat
dari Yahya bin Yahyah Al-Laitsi Al-Andalusi Al-Mashmudi.
Karya-karyanya antara lain :
- Al-Muwattha berisi Hadist-hadist serta pendapat para sahabat dan ulama-ulama
Tabi’in yang membahas tentang ilmu dan hukum-hukum agama Islam. Kitab ini
ditulis atas anjuran Khalifah Al-Mansur.
- Al-Ushul As-Saghir
- Risalah fil ‘Aqdiyah
- Risalah fil Qadar
Imam Malik menyusun mazhabnya atas empat dasar rujukan: Kitab Suci,
Sunnah Rasul, Ijma’, dan Qias. Pada masanya Imam Malik paling berpengaruh di