CONTOH RPM UNTUK LISTENING BAHASA INGGRIS DEEP LEARNING KELAS 9

 

RPP Listening

 

 

 

Identifikasi

Peserta Didik

Kelas XI

Materi/Muatan Pelajaran

Teks argumentatif (Menyimak)

Dimensi Profil Lulusan

DPL 2: Kewargaan

DPL 3: Penalaran kritis

DPL 5: Kolaborasi

DPL 6: Kemandirian

DPL 8: Komunikasi

 

Desain Pembelajaran

Capaian Pembelajaran

Menggunakan pemahaman mendalam melalui interaksi dengan teman sebaya dan keterhubungan dengan dunia nyata, di akhir pembelajaran, siswa mampu menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam konteks menyampaikan pendapat tentang topik krisis energi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari berbagai jenis teks argumentatif lisan mengenai topik krisis energi.

Lintas Disiplin Ilmu

Bahasa Inggris, IPA, IPS

Tujuan Pembelajaran

1) mengidentifikasi gagasan utama, informasi rinci, makna tersirat dan tersurat, dan karakteristik, dari ragam teks lisan yang disajikan dalam bentuk multimoda mengenai topik krisis energi.

2) mengidentifikasi karakteristik bahasa yang umum terdapat dalam percakapan lisan.

3) menganalisis dan mendiskusikan konten melalui latihan berpikir kritis tentang ciri-ciri teks argumentatif

4) menyampaikan informasi secara lisan dengan urutan yang jelas (awal, tengah, akhir).

Topik/Tema Pembelajaran

Krisis energi (teks argumentatif)

Praktik Pedagogis

Presentation-Practice-Production (PPP)

Lingkungan Pembelajaran

Guru, teman, materi pembelajaran

Pemanfaatan Teknologi Digital

Quizizz, Websites, YouTube, TikTok/Facebook/Instagram

Kemitraan Pembelajaran

Guru TIK

 

Pengalaman Belajar

Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan

Integrasi PM

Waktu

Awal

(Memahami)

 

 

 

Apersepsi

       Membuka kelas dengan salam & berdoa

       Melakukan cek kehadiran

       Melakukan aktivitas ice-breaking untuk membangkitkan motivasi belajar

       Menyampaikan topik (teks argumentatif) & skill (menyimak) yang akan dipelajari serta pentingnya mempelajari topik & skill (menyimak) tersebut

       Menanyakan beberapa pertanyaan awal sebagai asesmen awal pembelajaran:

“What do you think an argumentative text is?”

“Have you ever read or written an argumentative text before? What was it about?”

“How is an argumentative text different from other types of writing, like a story or a report?”

“Have you ever taken a listening test? What was easy or difficult about it?”

“Do you listen for specific words and details, or do you try to understand the general idea first?”

“What is the most difficult part of listening in English for you? (Speed, accents, vocabulary, background noise, etc.)

 

       Menyampaikan tujuan pembelajaran

 

Berkesa- daran

 

Bermakna

 

Meng- gembirakan

15 menit

Inti

(Memahami;

Mengaplikasi)

 

 

 

 

 

 

A. PRESENTATION

Aktivitas 1: Energy Scavenger Hunt (10 menit)

Tujuan: Brainstorming untuk mengaktifkan pengetahuan awal, menetapkan konteks, dan membuat siswa tertarik dengan topik.

       Berikan siswa daftar barang-barang yang menghabiskan energi sehari-hari (misalnya telepon, mobil, lemari es).

       Minta siswa untuk mengurutkan barang-barang tersebut berdasarkan berapa banyak energi yang menurut mereka dikonsumsi masing-masing item.

       Ungkapkan konsumsi energi sebenarnya dan diskusikan any misconception.

Instructions for students:

  1. "Work in pairs. Rank these items from the highest to the lowest energy use."
  2. "Do you think a refrigerator uses more energy than a TV? Why?"
  3. "Discuss with your partner. Put the items in order from most to least energy-consuming."
  4. "Compare your list with another group. Are they the same?"

 

Aktivitas 2: Pengajaran Kosakata dan Pelafalan (10 menit)
Tujuan: Memperkenalkan key vocabularies. Ajarkan kosakata kunci yang terkait dengan krisis energi, seperti: renewable energy, fossil fuel, sustainability, carbon print, energy conservation   

Guided instruction for students:

  1. "Before we listen, let’s learn some important words."
  2. "Here are some words you will hear. Do you know what they mean?"
  3. "Look at these words. Can you guess their meanings?"
  4. "Let’s match these words with their pictures/definitions."
  5. "Listen and repeat after me: ‘electricity,’ ‘fossil fuels,’ ‘power outage’..."

          Kegiatan ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan vocabulary digital games (misalnya dengan Quizizz atau Kahoot)

Aktivitas 3: Guess the title (5 menit)

Tujuan: Pre-listening, mempersiapkan siswa sebelum mendengarkan teks lisan

 

Guru menampilkan sebuah gambar dan siswa diminta untuk menebak isi dari teks lisan yang akan didengarkan dari gambar tersebut.

 

Instructions for the students:

  1. "Before we listen, look at this picture."
  2. "Talk with a friend. Come up with 2-3 possible titles for the audio.”

 

Aktivitas 4: Listening for gist (10 menit)

Tujuan: membantu siswa memiliki pemahaman tematik umum, tanpa fokus pada detail spesifik atau informasi terpisah. Siswa akan

Siswa mendengarkan teks argumentasi tentang jenis-jenis energi dan pola konsumsi energi di dunia. Sambil mendengarkan, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan utama yang berkaitan dengan tema, topik, dan tujuan utama teks lisan.

 

  1. a) Berikan tiga pilihan main ideas, siswa diminta memilih jawaban yang terbaik:
    A. How technology is improving energy efficiency.
    B. Why the world is facing an energy crisis and what we can do about it.
    C. The history of different energy sources.

(Kunci jawaban: B)

b) Berikan 3 gambar (misalnya, a wind farm, a blackout, dan a factory burning coal). Tanyakan ke siswa:  "Which image best represents the main idea of the listening?"

  1. Putarkan teks lisan (audio)
  2. Setelah audio selesai, siswa disarankan berdiskusi dengan temannya untuk memilih jawaban yang terbaik dengan menyiapkan alasannya.

Aktifitas 5: Listening for details (25 menit)

Tujuan: memahami teks dengan cara mengidentifikasi gagasan utama, informasi rinci, makna tersirat dan tersurat, dan karakteristik dari teks lisan yang disajikan.

Aktifitas 5.a.

  1. Siswa akan mendengarkan audio yang sama sekali lagi.
  2. Kali ini mereka akan melengkapi tabel dengan informasi dari audio tersebut

  1. Siswa dan guru berdiskusi tentang jawaban yang dibuat siswa

Aktifitas 5.b.

 

  1. Siswa akan mendengarkan audio yang sama sekali lagi.
  2. Siswa diberi latihan soal True or False

Instruction for students:

“Listen to the recording once more. After listening, do this exercise. Read each statement carefully, then write T if the statement is True and write F if the statement is False.

1. Renewable energy sources can be used repeatedly without running out. (True)

2. The United States, China, and India are the only countries that use energy. (False)

3. Burning fossil fuels contributes to air pollution and climate change. (True)

4. The speaker suggests that switching to renewable energy will immediately solve the energy crisis. (False)

5. The phrase "If we don’t act now, the world will have an energy crisis" implies that there is still time to prevent a major problem. (True)

6. The speaker implies that individuals can help reduce the energy crisis by making small changes in their daily lives. (True)

  1. Siswa dan guru berdiskusi tentang jawaban yang dibuat siswa

Aktivitas 6: Membedah teks yang digunakan pada Aktivitas 4 dan 5. (25 menit)

 

Tujuan: menganalisis dan mendiskusikan konten melalui latihan berpikir kritis tentang ciri-ciri teks argumentatif

 

1.    Guru membimbing siswa untuk memahami teks dengan mengajak siswa berdiskusi tentang fungsi/tujuan teks serta struktur teks argumentatif dan memberi fokus pada linguistic features & isu penting dalam teks lisan tersebut.

 

Instruction for students:

  1. “We are going to listen to the audio one more time; but before listening, please pay attention to these questions.”
  2. “I would like you to answer these questions after you listen to the audio.”
  3. “Discuss your answers in your group.”

 

Function

a)      What is the main purpose of this talk? How does it try to make people care?

b)      How does the speaker tell people to take action and help?

Structure

a)      How is the talk organized? What does each part do?

b)      Why does the speaker use headings? How do they help?

Linguistic Features

a)      What kinds of sentences does the speaker use (e.g., statements, questions, commands)? How do they make the talk stronger?

b)      How does the speaker use strong words (e.g., "big problem," "dirty air," "imagine no electricity") to make people feel something?

2. Siswa dan guru berdiskusi tentang jawaban yang dibuat siswa

 

B.  PRACTICE

Tujuan: Siswa mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapatkan di Aktivitas 3-6.

Aktivitas 7: Whilst-listening (15 menit)

Tujuan: mengidentifikasi gagasan utama, informasi rinci, makna tersirat dan tersurat, dan karakteristik, dari teks lisan yang disajikan.

  1. Siswa diberi worksheet berisi pertanyaan tipe multiple choice. Instruksikan siswa bahwa mereka akan mendengarkan audio lain dan mereka harus mendengarkan audio tersebut dengan cermat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.

“Let’s listen to another audio. The audio will be played once and you need to answer these questions.”

  1. Setelah siswa selesai menjawab pertanyaan, siswa mendengarkan audio sekali lagi untuk mencocokkan jawabannya.

“Now, listen again and check your answers”.

  1. Siswa dan guru mendiskusikan jawaban siswa

Aktivitas 8: Language in spoken form (10 menit)

Tujuan: mengidentifikasi karakteristik bahasa yang umum terdapat dalam percakapan lisan.

  1. Siswa dan guru berdiskusi tentang bentuk dan ciri-ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks lisan yang telah didengarkan.

“In the dialogue, you heard James say: “I’m happy to be here.” Why didn’t he say “I am happy to be here” ?

  1. Siswa mendengarkan audio sekali lagi sambil diminta untuk mencari contoh contraction lainnya dalam dialog tersebut.

“The audio will be played once again, please find other forms of constructions in the dialogue.”

  1. Siswa dan guru berdiskusi membahas jawaban siswa.

Aktivitas 9: Pronunciation practice (15 menit)

Tujuan: meningkatkan pengucapan dengan melatih bunyi individu, tekanan kata, dan intonasi kalimat dari naskah.

Step 1: Focus on Sounds (Phonemes)

  1. Teacher models difficult sounds – Identify tricky sounds for students (e.g., /θ/ in think, /ʃ/ in special).
  2. Choral drilling – Students repeat after the teacher, focusing on correct pronunciation.
  3. Minimal pairs – Write words with similar sounds (e.g., ship vs. sheep) and have students practice distinguishing them.

Step 2: Practice Word Stress

  1. Highlight stressed syllables – Students underline or highlight stressed syllables in key words (e.g., en-vi-ron-men-tal-ist).
  2. Clap or tap the stress – Students say words while clapping on the stressed syllable.
  3. Compare stress patterns – Teacher demonstrates the difference between correct and incorrect stress (e.g., en-VI-ron-men-TAL-ist vs. EN-vi-ron-men-ta-LIST).

Step 3: Work on Sentence Intonation

  1. Mark intonation patterns – Students use arrows (↗ for rising, ↘ for falling) to mark intonation on sentences (e.g., “What can we do to help?↗”).
  2. Listen and repeat – Play a recording of a native speaker reading the script. Students mimic the rising and falling intonation.
  3. Role-play the podcast – In pairs, students take turns reading the script as the host and the environmentalist, focusing on pronunciation, stress, and intonation.

 

C.   PRODUCTION
Tujuan: mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari dengan cara menyampaikan informasi secara lisan dengan urutan yang jelas (awal, tengah, akhir).

Aktivitas 10: Komunikasi (25 menit)

  1. Siswa diminta untuk mendengarkan sebuah audio clip lain tentang krisis energi dan mencatat poin-poin penting yang ada di dalam video klip. 
  2. Setelah itu, siswa menceritakan kembali poin-poin penting tersebut dalam bentuk karya digital (misalnya voice notes, digital kartun/komik).
  3. Dorong mereka untuk menggunakan kosakata dan ide yang telah dibahas di kelas.

 

Berkesa- daran

 

Bermakna

 

Menggem-birakan

 

 

 

 

 

150 menit

 

 

Penutup

Merefleksi

 

Kegiatan Penutup

Tujuan: Melakukan refleksi dengan cara menyimpulkan pelajaran, memperkuat pembelajaran, dan memperluas topik.

Aktivitas 11: Menyimpulkan/Mereview & Merefleksi/metakognisi (15 menit)

1.      Siswa diajak meninjau kembali poin-poin utama dari pelajaran:

      Teks argumentatif lisan tentang krisis energi.

      Menentukan gagasan utama dan informasi detail dari teks argumentatif lisan

      Kosa kata terkait topik

      berlatih pronunciation

"Before we go, let’s quickly review what we learned today."

"To sum up, today we talked about [topic]. Keep this in mind for next time!"

2.      Tanyakan kepada siswa untuk berbagi sesuatu yang baru yang mereka pelajari selama kelas/reflection.

"Can anyone share something interesting they discovered in today’s lesson?"

"What was the most important idea you learned today?"

"Tell me one thing you understand better now than before this class."

“Any new words you learn today?”

“What strategies do you use to understand the audio better (e.g., note-taking, focus on keywords)?

3.      Siswa diberikan Pekerjaan Rumah (PR):

a. Siswa secara berkelompok membuat karya digital (sesuai minat siswa), misalnya berupa poster digital atau IG/TikTok reels yang mengajak masyarakat melakukan aksi hemat energi (environmental campaign).

b. Karya siswa diunggah di WhatsApp Group kelas; siswa ditugaskan untuk menonton minimal 3 karya/reels siswa lain dan memberi komentar atau feedback.

c. Guru memberikan feedback. Siswa diminta merevisi sesuai feedback dari guru & teman-temannya.

d. Siswa diarahkan untuk membagikan karya/reels (final version) tersebut ke teman-teman dan masyarakat.  

Berkesa- daran

 

Bermakna

 

Menggem-birakan

 

15

 

Asesmen Pembelajaran

Asesmen pada Awal Pembelajaran

Asesmen formatif

Metode observasi (berdasarkan jawaban dari siswa atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan di tahap apersepsi).

Instrumen: Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan di tahap apersepsi

       “What do you think an argumentative text is?”

       “Have you ever read or written an argumentative text before? What was it about?”

       “How is an argumentative text different from other types of writing, like a story or a report?”

       “Have you ever taken a listening test? What was easy or difficult about it?”

       “Do you listen for specific words and details, or do you try to understand the general idea first?”

       “What is the most difficult part of listening in English for you? (Speed, accents, vocabulary, background noise, etc.)

Panduan penilaian:

a)      Argumentative text

Circle the appropriate section.

 

 

b)      Listening skills

Circle the appropriate section.

 

Asesmen pada Proses Pembelajaran

Asesmen formatif

Metode test (dilakukan pada Aktivitas 7)

Instrumen: soal-soal test

Panduan penilaian:

Jawaban benar nilai 1

Jawaban salah nilai 0

Scoring guide:

       0-3 points → Needs improvement

       4-5 points → Satisfactory

       6-7 points  → Good

       8-10 points → Excellent

 

Asesmen pada Akhir Pembelajaran

Asesmen formatif

Metode unjuk kerja (dilakukan pada Aktivitas 10)

Instrumen: Rubrik

Scoring Guide:

       5 – 9 points → Needs improvement

       10 – 14 points → Satisfactory

       15 – 17 points → Good

       18 – 20 points → Excellent

 

 

 

 

 

Postingan Populer