CONTOH RPM UNTUK LISTENING BAHASA INGGRIS DEEP LEARNING KELAS 9
RPP Listening
Identifikasi |
|
Peserta Didik |
Kelas XI |
Materi/Muatan Pelajaran |
Teks argumentatif (Menyimak) |
Dimensi Profil Lulusan |
DPL 2: Kewargaan DPL 3: Penalaran kritis DPL 5: Kolaborasi DPL 6: Kemandirian DPL 8: Komunikasi |
Desain Pembelajaran |
|
Capaian Pembelajaran |
Menggunakan pemahaman mendalam melalui
interaksi dengan teman sebaya dan keterhubungan dengan dunia nyata, di akhir
pembelajaran, siswa mampu menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi
dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam konteks menyampaikan pendapat
tentang topik krisis energi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama
dan detail relevan dari berbagai jenis teks argumentatif lisan mengenai topik
krisis energi. |
Lintas Disiplin Ilmu |
Bahasa Inggris, IPA, IPS |
Tujuan Pembelajaran |
1) mengidentifikasi gagasan utama, informasi rinci, makna tersirat dan
tersurat, dan karakteristik, dari ragam teks lisan yang disajikan dalam
bentuk multimoda mengenai topik krisis energi. 2) mengidentifikasi karakteristik bahasa yang umum terdapat dalam
percakapan lisan. 3) menganalisis
dan mendiskusikan konten melalui latihan berpikir kritis tentang ciri-ciri
teks argumentatif 4) menyampaikan informasi secara lisan dengan urutan yang jelas (awal,
tengah, akhir). |
Topik/Tema Pembelajaran |
Krisis energi (teks argumentatif) |
Praktik Pedagogis |
Presentation-Practice-Production (PPP) |
Lingkungan Pembelajaran |
Guru, teman, materi pembelajaran |
Pemanfaatan Teknologi Digital |
Quizizz, Websites, YouTube,
TikTok/Facebook/Instagram |
Kemitraan Pembelajaran |
Guru TIK |
Pengalaman Belajar |
|||
Langkah-langkah pembelajaran |
Kegiatan |
Integrasi PM |
Waktu |
Awal (Memahami) |
Apersepsi ● Membuka kelas dengan salam & berdoa ● Melakukan cek kehadiran ● Melakukan aktivitas ice-breaking untuk membangkitkan motivasi belajar ● Menyampaikan topik (teks argumentatif)
& skill (menyimak) yang akan dipelajari serta pentingnya
mempelajari topik & skill
(menyimak) tersebut ● Menanyakan beberapa pertanyaan awal
sebagai asesmen awal pembelajaran: “What do you think an argumentative text
is?” “Have you ever read or written an
argumentative text before? What was it about?” “How is an argumentative text different
from other types of writing, like a story or a report?” “Have you ever taken a listening test?
What was easy or difficult about it?” “Do you listen for specific words and
details, or do you try to understand the general idea first?” “What is the most difficult part of
listening in English for you? (Speed, accents, vocabulary, background noise,
etc.) ● Menyampaikan tujuan pembelajaran |
Berkesa- daran Bermakna Meng- gembirakan |
15 menit |
Inti (Memahami; Mengaplikasi) |
A. PRESENTATION Aktivitas 1: Energy Scavenger Hunt (10 menit) Tujuan: Brainstorming untuk mengaktifkan
pengetahuan awal, menetapkan konteks, dan membuat siswa tertarik dengan
topik. ● Berikan siswa daftar barang-barang yang
menghabiskan energi sehari-hari (misalnya telepon, mobil, lemari es). ● Minta siswa untuk mengurutkan
barang-barang tersebut berdasarkan berapa banyak energi yang menurut mereka
dikonsumsi masing-masing item. ● Ungkapkan konsumsi energi sebenarnya dan
diskusikan any misconception. Instructions for students:
Aktivitas 2: Pengajaran
Kosakata dan Pelafalan (10 menit) Guided instruction for students:
●
Kegiatan
ini bisa juga dilakukan dengan menggunakan vocabulary digital games (misalnya
dengan Quizizz atau Kahoot) Aktivitas 3: Guess the title (5 menit) Tujuan: Pre-listening, mempersiapkan
siswa sebelum mendengarkan teks lisan Guru menampilkan sebuah gambar dan siswa
diminta untuk menebak isi dari teks lisan yang akan didengarkan dari gambar
tersebut. Instructions for the students:
Aktivitas 4: Listening for gist (10 menit) Tujuan: membantu siswa memiliki pemahaman tematik umum, tanpa fokus
pada detail spesifik atau informasi terpisah. Siswa akan Siswa mendengarkan teks argumentasi tentang
jenis-jenis energi dan pola konsumsi energi di dunia. Sambil mendengarkan,
siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan utama yang berkaitan dengan tema, topik,
dan tujuan utama teks lisan.
(Kunci jawaban: B) b) Berikan 3 gambar (misalnya, a
wind farm, a blackout, dan a
factory burning coal). Tanyakan
ke siswa: "Which image best represents the main idea of the
listening?"
Aktifitas 5: Listening for
details (25 menit) Tujuan: memahami teks dengan
cara mengidentifikasi gagasan utama, informasi rinci, makna tersirat dan
tersurat, dan karakteristik dari teks lisan yang disajikan. Aktifitas 5.a.
Aktifitas 5.b.
Instruction for students: “Listen to the recording once more. After listening, do this exercise.
Read each statement carefully, then write T if the statement is True and write F if the statement is False. 1. Renewable energy sources can be used repeatedly
without running out. (True) 2. The United States,
China, and India are the only countries that use energy. (False) 3. Burning fossil fuels
contributes to air pollution and climate change. (True) 4. The speaker suggests
that switching to renewable energy will immediately solve the energy crisis.
(False) 5. The phrase "If
we don’t act now, the world will have an energy crisis" implies that
there is still time to prevent a major problem. (True) 6. The speaker implies
that individuals can help reduce the energy crisis by making small changes in
their daily lives. (True)
Aktivitas 6: Membedah teks yang digunakan pada Aktivitas 4 dan 5. (25 menit) Tujuan: menganalisis dan mendiskusikan
konten melalui latihan berpikir kritis tentang ciri-ciri teks argumentatif 1. Guru membimbing siswa untuk memahami teks dengan mengajak siswa
berdiskusi tentang fungsi/tujuan teks serta struktur teks argumentatif dan
memberi fokus pada linguistic features
& isu penting dalam teks lisan tersebut. Instruction for students:
Function
a) What is the main purpose of this talk?
How does it try to make people care? b) How does the speaker tell people to take
action and help? Structure
a) How is the talk organized? What does
each part do? b) Why does the speaker use headings? How
do they help? Linguistic Features
a) What kinds of sentences does the speaker
use (e.g., statements, questions, commands)? How do they make the talk
stronger? b) How does the speaker use strong words
(e.g., "big problem," "dirty air," "imagine no
electricity") to make people feel something? 2. Siswa dan guru berdiskusi tentang
jawaban yang dibuat siswa B.
PRACTICE Tujuan: Siswa mengaplikasikan
pengetahuan yang telah didapatkan di Aktivitas 3-6. Aktivitas 7:
Whilst-listening (15
menit) Tujuan: mengidentifikasi gagasan utama, informasi rinci, makna tersirat
dan tersurat, dan karakteristik, dari teks lisan yang disajikan.
“Let’s listen to another audio. The audio will be played once and you
need to answer these questions.”
“Now, listen again and check your answers”.
Aktivitas 8: Language in
spoken form (10 menit) Tujuan: mengidentifikasi karakteristik bahasa yang umum terdapat dalam
percakapan lisan.
“In the dialogue, you heard James say: “I’m happy to be here.” Why didn’t he say “I
am happy to be here” ?
“The audio will be played
once again, please find other forms of constructions in the dialogue.”
Aktivitas 9: Pronunciation
practice (15 menit) Tujuan: meningkatkan pengucapan dengan melatih bunyi individu, tekanan
kata, dan intonasi kalimat dari naskah. Step 1: Focus on Sounds (Phonemes)
Step 2: Practice Word Stress
Step 3: Work on Sentence Intonation
C.
PRODUCTION Aktivitas 10: Komunikasi (25 menit)
|
Berkesa- daran Bermakna Menggem-birakan |
150 menit |
Merefleksi |
Kegiatan Penutup Tujuan: Melakukan refleksi dengan
cara menyimpulkan pelajaran, memperkuat pembelajaran, dan memperluas topik. Aktivitas 11:
Menyimpulkan/Mereview & Merefleksi/metakognisi (15 menit) 1. Siswa diajak meninjau kembali poin-poin
utama dari pelajaran: ○ Teks argumentatif lisan tentang krisis
energi. ○ Menentukan gagasan utama dan informasi
detail dari teks argumentatif lisan ○ Kosa kata terkait topik ○ berlatih pronunciation "Before we go, let’s
quickly review what we learned today." "To sum up, today we
talked about [topic]. Keep this in mind for next time!" 2.
Tanyakan
kepada siswa untuk berbagi sesuatu yang baru yang mereka pelajari selama
kelas/reflection. "Can anyone share
something interesting they discovered in today’s lesson?" "What was the most
important idea you learned today?" "Tell me one thing
you understand better now than before this class." “Any new words you learn
today?” “What strategies do you
use to understand the audio better (e.g., note-taking, focus on keywords)? 3.
Siswa
diberikan Pekerjaan Rumah (PR): a. Siswa secara berkelompok membuat
karya digital (sesuai minat siswa), misalnya berupa poster digital atau
IG/TikTok reels yang mengajak masyarakat melakukan aksi hemat energi
(environmental campaign). b. Karya siswa diunggah di WhatsApp
Group kelas; siswa ditugaskan untuk menonton minimal 3 karya/reels siswa lain
dan memberi komentar atau feedback.
c. Guru memberikan feedback. Siswa diminta merevisi sesuai feedback dari guru & teman-temannya. d. Siswa diarahkan untuk membagikan
karya/reels (final version) tersebut ke teman-teman dan masyarakat. |
Berkesa- daran Bermakna Menggem-birakan |
15 |
Asesmen Pembelajaran |
|
Asesmen pada Awal Pembelajaran |
Asesmen formatif Metode observasi (berdasarkan jawaban
dari siswa atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan di tahap apersepsi). Instrumen: Pertanyaan-pertanyaan yang
diberikan di tahap apersepsi ● “What do you think an argumentative text is?” ● “Have you ever read or written an argumentative text before? What was it
about?” ● “How is an argumentative text different from other types of writing, like
a story or a report?” ● “Have you ever taken a listening test? What was easy or difficult about
it?” ● “Do you listen for specific words and details, or do you try to
understand the general idea first?” ● “What is the most difficult part of listening in English for you? (Speed,
accents, vocabulary, background noise, etc.) Panduan penilaian: a) Argumentative text Circle the appropriate section. b) Listening skills Circle the appropriate section. |
Asesmen pada Proses Pembelajaran |
Asesmen formatif Metode test (dilakukan pada Aktivitas 7) Instrumen: soal-soal test Panduan penilaian: Jawaban benar nilai 1 Jawaban salah nilai 0 Scoring guide: ● 0-3 points → Needs
improvement ● 4-5 points →
Satisfactory ● 6-7 points → Good ● 8-10 points →
Excellent |
Asesmen pada Akhir Pembelajaran |
Asesmen formatif Metode unjuk kerja (dilakukan pada
Aktivitas 10) Instrumen: Rubrik Scoring Guide:
● 5 – 9 points →
Needs improvement ● 10 – 14 points →
Satisfactory ● 15 – 17 points →
Good ● 18 – 20 points →
Excellent |