KISI-KISI SOAL BAHASA INGGRIS ASESMEN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023
KISI KISI SOAL ASESMEN MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Satuan Pendidikan : Madrasah
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/Genap
No
Kompetensi yang diuji
Lingkup Materi
Materi Esensial
Level Kognitif
Indikator Soal
1. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Struktur teks
Teks Deskriptive
Pengetahuan dan Pemahaman
( L1)
Disajikan sebuah teks Deskriptive tentang binatang, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang ide utama suatu paragraf.
PG
2. Mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks
Struktur teks
Teks Deskriptive
Aplikasi
Menjelaskan
(L2)
Disajikan sebuah teks Descriptive tentang binatang, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud suatu pernyataan dalam suatu paragraf
PG
3. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi Sosial
Teks Deskriptive
Pengetahuan dan Pemahaman
( L1)
Disajikan sebuah teks Deskriptive tentang Orang, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang Tujuan Penulisan Teks tersebut.
PG
4.Menjelaskan aspek-aspek Fungsisosial
Fungsi Fungsional
Teks Deskriptif
Aplikasi
(L2)
Disajikan sebuah teks Deskriptive tentang orang, peserta didik dapat menentukan jawaban atas pertanyaan tentang akibat/dampak yang akan terjadi.
PG
5. Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan singular and plural Nouns
Unsur Kebahasaan
Perubahan bentuk Singular noun menjadi Plural Noun
Pengetahuan dan Pemahaman
(L1)
Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang kata yang diacu dengan tepat.
PG
6.Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan Pola Simple Present Tense
Struktur teks
Kalimat Simple Present
Aplikasi
(L2)
Disajikan sebuah kalimat Rumpang, peserta didik dapat menentukan kata kerja yang tepat sesuai dengan pola Simple Present Tense.
PG
7.Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan Pola Simple Present Tense of B
Struktur teks
Kalimat Simple Present
Aplikasi
(L2)
Disajikan sebuah Kalimat Rumpang, peserta didik dapat menentukan To be present yang tepat sesuai dengan kalimat yang disajikan.
PG
8. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial.
Fungsi sosial
Lirik Lagu / Song
“ I have a dream “
Pengetahuan dan pemahaman
(L1)
Disajikan sebuah lirik lagu barat berjudul“ I Have a dream “ ,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang Tema lagu tersebut dengan tepat
PG
9. Menyimpulkan keterkaitan makna antar bagian – bagian dalam teks.
Struktur teks
Lirik Lagu / Song
“ I have a dream
Penalaran / Menyimpulkan ( L3)
Disajikan sebuah lirik lagu barat berjudul “ I have a dream “ ,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rincian deskripsi si penulis lagu dengan tepat.
PG
10. Menganalisa unsur kebahasaan terkait dengan waktu
Fungsi Sosial
Kalimat tentang waktu
Penalaran / menyimpulkan
Disajikan teks tentang waktu, peserta didik dapat menyimpulkan ucapan yang tepat .
PG
11. Mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks
Struktur Teks
Greeting Card
Pengetahuan dan Pemahaman (L1)
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa kartu ucapan / greeting card,peserta didik dapat menentukan jawaban
PG
12. Mengidentifikasi Unsur kabahasaan yang terkait dengan isi teks
Mengidentifikasi Unsur kabahasaan yang terkait dengan isi teks
Teks fungsional pendek berupa Kartu Ucapan
Aplikasi ( L3 )
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa kartu ucapan / greeting card,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud/ Tujuan penulisan teks tersebut,
PG
13. Mengidentifikasi Unsur kabahasaan yang terkait dengan isi teks
Fungsi Sosial
Teks fungsional pendek berupa Kartu Ucapan
Aplikasi
( L 3 )
Disajikan sebuah teks fungsional pendek berupa kartu ucapan / greeting card,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan
PG
14. Menjelaskan aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi sosial
Teks Recount
Pengetahuan dan pemahaman
( L 1 )
Disajikan sebuah teks bentuk Recount tentang pengalaman yang tidak terlupakan yang dialami seseorang, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rincian argumentasi dengan tepat.
PG
15. Menjelaskan makna antar bagian-bagian dalam teks.
Struktur teks
Teks recount
Pengetahuan dan Pemahaman
( L1 )
Disajikan sebuah teks bentuk Recount tentang pengalaman yang tidak terlupakan yang dialami seseorang, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rincian argumentasi dengan tepat.
PG
16. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Struktur teks
Teks Report
Pengetahuan dan pemahaman
(L1)
Disajikan sebuah teks Report tentang binatang,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang ide utama suatu paragraf.
PG
17. Mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks
Struktur teks
Teks Report
Aplikasi
Menjelaskan
(L2)
Disajikan sebuah teks Report tentang binatang,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang maksud suatu pernyataan dalam suatu paragraf
PG
18. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi sosial
Teks Report
Pengetahuan dan Pemahaman
(L1)
Disajikan sebuah teks bentuk Report,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang Topik teks tersebut.
PG
19. Menjelaskan keterkaitan antar bagian – bagian dalam teks
Struktur teks
Teks Report
Aplikasi
(L2)
Disajikan sebuah teks bentuk Report,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang Topik teks tersebut.
PG
20. Menjelaskan keterkaitan antar bagian – bagian dalam teks
Struktur teks
Teks Report
Aplikasi
(L2)
PG
21.Menjelaskan keterkaitan antar bagian – bagian dalam teks
Struktur teks
Teks Report
Aplikasi
(L2)
Disajikan sebuah teks Report, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang persamaan kata
PG
22. Menjelaskan keterkaitan antar bagian – bagian dalam teks
Unsur Kebahasaan
Teks
Report
Pengetahuan dan Pemahaman
(L1)
Disajikan sebuah teks Report, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang Kata yang diacu.
PG
23. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi sosial
Teks Report
Pengetahuan dan Pemahaman
(L1)
Disajikan sebuah teks bentuk report tentang Komodo,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang Tujuan penulisan teks tersebut dengan tepat.
PG
24. Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks
Unsur
Teks Report
Aplikasi
(L2)
Disajikan sebuah teks bentuk report tentang Komodo,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang persamaan kata dengan tepat.
PG
25. Mengklasifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks.
Struktur text
Teks report
Aplikasi
(L2)
Disajikan sebuah teks bentuk report tentang Komodo,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang klasifikasi hewan tersebut dengan tepat.
PG
26. Mengidentifikasikan unsur kebahasaan yang terkait dalam teks
Unsur kebahasaan
Teks Narrative
Pengetahuan dan pemahaman (L1)
Disajikan sebuah teks bentuk narrative tentang fairy tales, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rincian unsur unsur teks.
PG
27. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi social
Fungsi sosial
Teks Narrative
Pengetahuan dan pemahaman (L 1)
Disajikan sebuah teks bentuk narrative tentang fairy tales, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang persamaan kata dengan tepat.
PG
28. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi social
Fungsi sosial
Teks Narrative
Aplikasi (L 2)
Disajikan sebuah teks narrative tentang fairy tales, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang thema cerita dengan tepat.
PG
29. Menjelaskan keterkaitan makna pokok pikiran dalam teks
Struktur teks
Teks Narrative
Penalaran (L3)
Disajikan sebuah teks narrative tentang fairy tales, peserta didik dapat menentukan pokok pikiran yang ada di paragraph ke-3
PG
30. Menjelaskan makna yang tersirat dalam teks
Struktur teks
Teks Narrative
Penalaran (L3)
Disajikan sebuah teks bentuk narrative tentang fairy tales, peserta didik dapet menentukan makna yang terdapat didalam teks.
PG
40
31. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi sosial
Teks Prosedur
Pengetahuan dan Pemahaman (L1)
Disajikan sebuah teks bentuk Prosedur tentang cara mengoperasikan komputer, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang Tujuan Penulisan teks tersebut.
PG
32. Mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks
Struktur teks
Teks Prosedur
Pengetahuan dan
pemahaman (L1)
Disajikan sebuah teks bentuk Prosedur tentang cara mengoperasikan, peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rincian langkah-langkah dengan tepat
PG
33. Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks
Unsur Kebahasaan
Teks Prosedur
Penalaran (L2)
Disajikan sebuah teks bentuk Prosedur tentang cara membuat roti bakar, peserta didik dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang sesuai konteks
PG
34. Menjelaskan keterkaitan makna antar bagian-bagian dalam teks.
Unsur Kebahasaan
Teks Prosedur
Penalaran (L2)
Disajikan sebuah kalimatberbentuk Prosedur tentang cara membuat roti bakar, peserta didik dapat menentukan kata yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang sesuai konteks.
PG
35. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi sosial
Teks Prosedur
Pengetahuan dan
pemahaman (L1)
Disajikan sebuah teks bentuk Prosedur tentang cara membuat roti bakar,peserta didik dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rincian deskripsi dengan tepat.
PG
36. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi Sosial
Teks fungsional pendek“ Pengumuman “
Penalaran (L3)
Disajikan sebuah pengumuman tentang sebuah kegiatan, peserta didik dapat menentukan ide pokok dari pengumuman tersebut
PG
37. Mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks.
Unsur kebahasaan
Teks fungsional pendek“ Pengumuman
Aplikasi (L2)
Disajikan sebuah pengumuman tentang sebuah kegiatan, peserta didik menentukan persamaan kata dari kata yang dimaksud
PG
38. Menjelaskan keterkaitan makna antar bagian –bagian dalamteks
Struktuk teks
Teks fungsional pendek“ Pengumuman
Penalaran (L3)
Disajikan sebuah pengumuman, peserta dapat mengidentifikasi kalimat yang tersirat dalam pengumuman tersebut
PG
39. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Struktur teks
Teks fungsional pendek“ Pengumuman
Pengetahuan dan pemahaman
(L1)
Disajikan sebuah pengumuman, peserta didik dapat menentukan jawaban sesuai teks tersebut
PG
40. Mengidentifikasi aspek-aspek fungsi sosial
Fungsi Sosial
Teks fungsional pendek“ Pengumuman
Aplikasi (L2)
Disajikan sebuah pengumuman, peserta didik dapat menetukan tujuan dari teks tersebut
PG
KISI-KISI ESSAY:
1. Menjelaskan aspek aspek fungsi sosial, unsur kebahasaan dari Procedure text
2.Menyusun kalimat rumpang bentuk passive voice