Menghubungkan Penilaian dan Hasil Belajar

Topik 1: Menghubungkan Penilaian dengan Hasil Belajar

 

 Mengikutsertakan Siswa dalam Proses Penilaian

 Bagian penting dari perencanaan penilaian termasuk memastikan siswa Anda tahu apa yang seharusnya mereka lakukan dan bagaimana mereka akan dinilai atau dinilai sebelum penilaian berlangsung.  Rubrik yang digunakan guru untuk menilai pekerjaan siswa (sebagaimana dibahas di layar 1) juga merupakan alat yang dapat digunakan guru sebelum pelajaran dimulai.  Sebaiknya berikan rubrik atau informasi serupa kepada siswa sebelum mereka memulai kegiatan.

 Siswa mendapat manfaat dari mengetahui bagaimana Anda akan menilai pekerjaan mereka.  Memberi siswa kriteria yang jelas tentang rubrik memberi tahu mereka tentang kualitas pekerjaan yang Anda harapkan.  Kriteria ini menunjukkan kepada mereka bagaimana kinerja mereka akan dinilai.  Misalnya, jika hasil belajar dapat menceritakan kisah lucu tentang masa lalu, kriteria penilaian mungkin menggunakan bentuk lampau yang benar untuk peristiwa masa lalu, cerita memiliki awal, tengah, dan akhir.  Kriteria tersebut dapat berupa checklist atau rubrik.

 Siswa juga dapat menilai pekerjaan mereka sendiri serta pekerjaan siswa lain.  Dalam pelajaran menulis di layar 1, misalnya, siswa mengulas dan mengomentari tulisan pasangannya.  Ketika siswa menjadi bagian dari proses penilaian, mereka mengembangkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang diharapkan untuk dipelajari dan dilakukan.  Mereka juga dapat mengembangkan rasa tanggung jawab yang lebih kuat untuk pembelajaran mereka sendiri.

 Keterlibatan ini dapat memotivasi siswa untuk berkembang, bahkan di luar kelas.  Hasil pembelajaran dan kriteria yang jelas membantu siswa merasa bertanggung jawab dan terlibat, sehingga membangun otonomi siswa.

 Ke layar sebelumnyaKirim

Komentar