KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS SMP/MTs
KOMPETENSI INTI
DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INGGRIS SMP/MTs
KELAS: VII
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1)
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.
Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong
royong), santun,
percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua
kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan
sepanjang
proses pembelajaran berlangsung, dan
dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. memahami
pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu
pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata |
4. mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan
meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks penggunaannya |
4.1 menyusun teks
interaksi interpersonal
lisan
dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terimakasih, dan
meminta maaf, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.2 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi
terkait
jati
diri,
pendek dan sederhana, sesuai
dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan
unsur kebahasaan
dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive) |
4.2 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
jati
diri,
pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.3
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
nama hari, bulan, nama waktu dalam
hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan
kosa kata terkait
angka kardinal dan ordinal) |
4.3 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait
nama hari, bulan, nama waktu dalam
hari, waktu dalam bentuk
angka, tanggal, dan tahun, dengan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
yang benar dan
sesuai
konteks |
3.4 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
nama dan jumlah binatang, benda, dan
bangunan publik yang dekat dengan kehidupan
siswa sehari-
hari, sesuai dengan
konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait
article a dan the,
plural dan singular) |
4.4 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan
kehidupan siswa sehari-hari, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
yang benar dan
sesuai
konteks |
3.5 mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
dengan
sifat
orang, binatang, benda sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be,
adjective) |
4.5 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
sifat
orang, binatang,
dan benda, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan
sesuai konteks |
-
2 -
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.6
mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
dengan
tingkah laku/tindakan/fungsi orang,
binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
kalimat declarative, interogative,
simple present tense) |
4.6 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
tingkah laku/tindakan/fungsi orang,
binatang, dan benda, dengan
fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.7
membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
deskriptif lisan
dan tulis dengan
memberi
dan meminta informasi terkait
dengan
deskripsi orang, binatang, dan
benda, sangat pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.7 teks deskriptif 4.7.1 menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks deskriptif lisan
dan tulis, sangat
pendek
dan sederhana, terkait orang,
binatang, dan benda 4.7.2 menyusun
teks deskriptif lisan dan
tulis, sangat
pendek dan sederhana,
terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks |
3.8
menafsirkan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan
dalam lirik
lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs |
4.8 menangkap
makna secara kontekstual
terkait dengan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik
lagu
terkait kehidupan
remaja
SMP/MTs |
-
3 -
dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata |
4. mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang
melibatkan
tindakan meminta perhatian, mengecek
pemahaman, menghargai
kinerja,
meminta dan
mengungkapkan pendapat, serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks
penggunaannya |
4.1 menyusun teks
interaksi interpersonal
lisan
dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan meminta perhatian, mengecek
pemahaman,
menghargai
kinerja, serta meminta
dan mengungkapkan pendapat, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
-
4 -
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.2 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait kemampuan
dan kemauan, melakukan
suatu tindakan, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan can,
will) |
4.2 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait
kemampuan dan
kemauan,
melakukan
suatu tindakan, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.3 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keharusan, larangan, dan
himbauan, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan must, should) |
4.3 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
keharusan, larangan, dan himbauan, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai
konteks |
3.4
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang
melibatkan
tindakan menyuruh, mengajak, meminta ijin,
serta
menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya |
4.4 menyusun teks
interaksi interpersonal
lisan
dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan menyuruh,
mengajak, meminta ijin, dan menanggapinya dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.5 membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
khusus
dalam bentuk
greeting card, dengan memberi dan
meminta informasi
terkait dengan hari-hari spesial, sesuai
dengan konteks
penggunaannya |
4.5
menyusun teks
khusus
dalam bentuk greeting card,
sangat pendek dan
sederhana, terkait hari-hari spesial
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks |
3.6
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keberadaan orang, benda, binatang, sesuai
dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan there is/are) |
4.6 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
keberadaan orang, benda, binatang,
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks |
-
5 -
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.7
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi
secara rutin atau merupakan kebenaran umum, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan
unsur kebahasaan
simple present tense) |
4.7 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/
kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi secara rutin
atau merupakan
kebenaran umum,
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan
yang benar dan
sesuai
konteks |
3.8
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian
yang sedang dilakukan/berlangsung saat
diucapkan,
sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
present continuous tense) |
4.8 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan/tindakan/kegiatan/kejadi an
yang sedang dilakukan/ berlangsung saat
diucapkan,
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.9
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait perbandingan jumlah
dan sifat orang, binatang, benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan
unsur kebahasaan
degree of comparison) |
4.9 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
perbandingan jumlah dan sifat orang,
binatang, benda, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.10 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi, rutin
maupun tidak rutin, atau menjadi kebenaran
umum di waktu lampau, sesuai
dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan simple past tense) |
4.10 menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan /tindakan/ kegiatan/kejadian
yang dilakukan/terjadi, rutin maupun
tidak rutin, atau
menjadi
kebenaran umum di waktu
lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
-
6 -
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.11 membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks personal
recount lisan
dan tulis dengan
memberi
dan meminta informasi
terkait pengalaman pribadi
di waktu lampau, pendek dan
sederhana, sesuai
dengan konteks
penggunaannya |
4.11
teks recount 4.11.1 menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks recount
lisan dan
tulis, sangat
pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi
di waktu lampau
(personal recount) 4.11.2 menyusun
teks recount lisan dan
tulis, sangat
pendek dan sederhana, terkait pengalaman pribadi
di waktu lampau
(personal recount), dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai konteks |
3.12 membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks
khusus
dalam bentuk
pesan singkat dan
pengumuman/
pemberitahuan
(notice), dengan memberi dan
meminta informasi terkait
kegiatan
sekolah, sesuai
dengan
konteks penggunaannya |
4.12 teks pesan
singkat dan pengumuman/pemberitahuan (notice) 4.12.1 menangkap makna secara kontekstual
terkait dengan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
pesan singkat dan
pengumuman/pemberitahuan
(notice) lisan dan
tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait
kegiatan sekolah 4.12.2 menyusun
teks khusus
dalam bentuk pesan
singkat dan pengumuman/pemberitahuan
(notice), sangat pendek
dan sederhana, terkait
kegiatan
sekolah, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar
dan sesuai konteks |
3.13 menafsirkan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan
lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs |
4.13 menangkap
makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial
dan unsur kebahasaan
lirik lagu
terkait kehidupan
remaja SMP/MTs |
-
7 -
dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan
dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN) |
3. memahami
dan menerapkan
pengetahuan
(faktual, konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata |
4. mengolah, menyaji, dan
menalar
dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah dan
sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1
menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis yang
melibatkan
tindakan menyatakan harapan, doa, dan ucapan selamat
atas suatu
kebahagiaan
dan prestasi, serta menanggapinya, sesuai
dengan konteks penggunaannya |
4.1 menyusun teks
interaksi interpersonal
lisan
dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan menyatakan
harapan, doa, dan
ucapan selamat atas suatu kebahagiaan dan
prestasi, dan menanggapinya,
dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
-
8 -
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.2 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait maksud, tujuan,
persetujuan
melakukan suatu
tindakan/kegiatan, sesuai dengan
konteks penggunaannya.
(Perhatikan
unsur kebahasaan to,
in order to,
so that (dis)agreement) |
4.2 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
maksud, tujuan, persetujuan melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.3
membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
khusus
dalam bentuk
label, dengan meminta dan memberi informasi
terkait obat/makanan/minuman, sesuai
dengan konteks
penggunaannya |
4.3 menangkap
makna secara kontekstual
terkait dengan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan
teks khusus
dalam bentuk label
pendek
dan sederhana,
terkait obat/makanan/minuman |
3.4
membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
prosedur
lisan dan tulis dengan memberi
dan meminta informasi terkait
resep makanan/minuman
dan
manual, pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.4 menangkap
makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks prosedur lisan dan
tulis, sangat
pendek dan sederhana,
dalam bentuk
resep dan
manual |
3.5 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian
yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu
lampau, dan waktu yang akan datang,
sesuai dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan present continuous, past continuous, will+continuous) |
4.5 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan
memberi
dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/
kegiatan/kejadian yang sedang dilakukan/terjadi pada saat ini, waktu
lampau, dan waktu yang akan datang,
dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan
sesuai
konteks |
-
9 -
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.6 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian
yang sudah/telah dilakukan/terjadi
di waktu lampau dikaitkan
dengan keadaan sekarang, tanpa
menyebutkan waktu
terjadinya secara spesifik, sesuai
dengan konteks penggunaannya (perhatikan unsur kebahasaan
present perfect tense) |
4.6 menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
dengan
keadaan/ tindakan/kegiatan/
kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi di
waktu
lampau dikaitkan dengan keadaan
sekarang,
tanpa menyebutkan
waktu terjadinya secara spesifik, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
3.7 membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
naratif lisan dan
tulis dengan memberi dan
meminta informasi terkait fairy tales, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.7
menangkap
makna secara kontekstual terkait
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks naratif,
lisan dan tulis, sangat
pendek dan sederhana,
terkait fairy tales |
3.8 menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan
dan tulis yang
melibatkan
tindakan memberi
dan meminta informasi
terkait keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya sesuai dengan konteks
penggunaannya. (perhatikan unsur
kebahasaan passive voice) |
4.8
menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait
keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian
tanpa perlu
menyebutkan
pelakunya dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai
konteks. (perhatikan
unsur kebahasaan passive voice) |
3.9 membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
information report lisan
dan tulis dengan
memberi
dan meminta informasi
terkait mata pelajaran lain
di Kelas
IX, pendek dan
sederhana, sesuai
dengan
konteks penggunaannya |
4.9 teks
information report 4.9.1
menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks information report lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait
topik
yang tercakup dalam mata
pelajaran lain
di Kelas IX 4.9.2
menyusun
teks information report
lisan dan tulis, sangat pendek dan
sederhana, terkait
topik
yang tercakup dalam mata
pelajaran lain
di Kelas IX, dengan
memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan
sesuai konteks |
-
10 -
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.10 membandingkan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan beberapa teks
khusus
dalam bentuk iklan
dengan memberi dan
meminta informasi
terkait produk dan
jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.10 menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks khusus
dalam bentuk iklan, pendek dan sederhana, terkait produk dan
jasa |
3.11 menafsirkan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan
lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs |
4.11 menangkap
makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial dan
unsur kebahasaan
lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMP/MTs |
-
11 -